Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Wisata Gunungkidul Yogyakarta yang paling terkenal gres Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul
Serunya Berpetualang di Kalisuci
Cave Tubing Kalisuci GunungkidulWisata Gunungkidul Yogyakarta yang paling terkenal baru-baru ini ialah wisata alam goa kalisuci dengan Cave tubingnya. International Union Of Speleology pada tahun 1993 sehabis dilakukan penelitian mengusulkan semoga tempat karst Gunungsewu termasuk didalamnya ialah Gua Kalisuci masuk dalam salah satu warisan alam dunia. Selanjutnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan wilayah ini merupakan tempat eko karst pada tanggal 6 Desember 2004 tahun lalu.

Karst Kalisuci yang terletak di pegunungan daearah Gunungkidul memperlihatkan wisata jelajah cave tubing kalisuci Gunungkidul kepada para wisatawan. Wisatawan sanggup menyusuri sungai yang berada dalam tanah yang mempunyai gerojokan dengan grade yang rendah sehingga tempat ini cocok bagi penjelajah pemula untuk menambah jam terbangnya. Sungai yang terletak dalam gua bawah tanah tersebut sanggup ditelusuri memakai ban dalam sebagai pengganti perahu.

Jeram yang terdapat pada Kalisuci ini ternyata tidak sebesar yang berada di Sungai Progo dan Sungai Elo sehingga cukup kondusif bagi penjelajah pemula. Bagi penjelajah yang biasanya menyusuri sungai sanggup dengan gampang sebab diterangi sinar matahari, maka dikala menyusuri Kalisuci ini anda akan melalui jalur yang berupa lorong-lorong yang gelap. Hanya senter yang digunakan untuk penerang utama. Bila anda seorang yang phobia dengan ruang yang gelap dan sempit maka sebaiknya tidak mencoba melaksanakan cave tubing. Dengan menikmati pemandangan, bermain-main dan menyusuri jalur sungai diatas pun sama menariknya dengan melaksanakan cave tubing. Kawasan Karst Kalisuci merupakan pujian bangsa Indonesia dalam bidang pariwisata sebab tempat ini merupakan tempat cave tubing terbaik di dunia sehabis Meksiko dan Selandia Baru.

Kawasan Karst Kalisuci mempunyai 5 gua yang terhubung dan sanggup ditelusuri dalan satu waktu, yaitu Gua Glatikan, Gua Suci, Gua Buri Omah, Gua Gelung dan Gua Brubug. Sungai bawah gua yang mengaliri dlam gua-gua tersebut mempunyai lebar bervariasi antyara 5 samapai 10 meter dengan air yang sangat jernih.

Ornamen alam dan ekosistem dalam gua merupakan keindahan yang akan dinikmati para penjelajah dikala menyusuri sungai tersebut. Ditambah lagi keunikan sungai ini yang indah berkelok-kelok dengan hiasan tanaman perdu dan kelelawar yang sedang bergelantungan menambah daya tarik tersendiri. Panjang ajaran sungai ini sekitar 500 meter dan sanggup ditempuh dalam waktu 2jam.

Kawasan Karst Kalisuci ini sudah menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi penggemar cavin dan rafting. Tempat ini juga sering diperguna sebagai tempat wisata pendidikan, yaitu mempelajari wacana Speologi ( ilmu wacana gua dan sekitarnya ), speleogenesis ( ilmu yang mempelajari wacana asal mula terbentuknya sebuah goa dan morfologi tempat kerikil kapur tersebut sanggup dijadikan obyek penelitian.

Wisata Gunungkidul Yogyakarta yang paling terkenal gres Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul
Indahnya Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Wisata Gunungkidul Yogyakarta yang paling terkenal gres Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul
Menantang Adrenalin di Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Wisata Gunungkidul Yogyakarta yang paling terkenal gres Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul
Pesona Alam Gunungkidul Cave Tubing Kalisuci 

Lokasi
Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul Daerah spesial Yogyakarta.

Akses
Berhubung belum ada angkutan umum yang melayani jalur menuju tempat ini maka wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan sendiri. Dari arah yogyakarta para wisatawan sanggup menyusuri jalan Jogja – Wonosari – Kecamatan Semanu – Gua Kalisuci. Jarak antara Wonosari denga Kalisuci sekitar 10 km.

Harga Tiket
Untuk sanggup menyusuri Gua Kalisuci, wisatawan dikenakan biaya untuk menyewa ban dalam yang dipergunakan sebagai pelampung, pakaian khusus cave tubing dan jasa pemandu.

Fasilitas

Fasilitas yang mendukung kepariwisataan di tempat ini menyerupai tempat parkir, warung makan, toilet dan rumah makan. Sedangkan akomodasi yang diperoleh jikalau menyewa peralatan vave tubin mencakup ban dalam, life jacket ( pelampung ), sepatu caving, pelindung lutut dan penerangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel