Kelok Sebelas Di Jalur Lintas Selatan Jogja


    Akan segera hadir Kelok Sebelas Di Jalur Lintas Selatan Jogja - Setelah sebelumnya Indonesia mempunyai kelok sembilan di Sumatera, kali ini Jogja pun tidak mau kalah akan segera membangun jalan yang sama. Sebuah jalan yang akan lebih memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengendara untuk melewati jalur bukit di lintas selatan Jogja. Pemda DIY bersama Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah Yogyakarta siap membangun Kelok Sebelas di Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) DIY. Jalan berbelok-belok sepanjang enam kilometer itu akan mulai dibangun dari Parangtritis hingga Girijati (perbatasan Bantul dan Gunungkidul) pada 2016. Kenapa dibuat kelok sebelas di Jogja? kemungkinan hal tersebut adalah karena tidak memungkinkannya di Jalur Lintas Selatan itu untuk dibangun sebuah terowongan. Dan juga tidak mungkin untuk membuat satu jalan lurus, karena pasti akan menjadi sebuah jalan yang sangat menanjak. Karena beberapa alasan ini, akhirnya Pemda DIY memilih opsi untuk membuat  Kelok Sebelas di JJLS tersebut.

Kelok Sebelas Di Jalur Lintas Selatan Jogja


   Sebenarnya Pemda DIY tidak langsung memberikan opsi untuk membuat jalan ini. Dengan melalui beberapa wacana, akhirnya di dapatkan hasil yang telah disepakati untuk membangun kelok sebelas.
" Sebelum membangun kelok sebelas ini awalnya, sempat muncul wacana pembangunan terowongan membelah pegunungan di jalur Parangtritis-Girijati. Tapi hasil feasibility study menilai tak memungkinkan. Alternatif lain, akan dibangun jalan layang di sepanjang pantai selatan. Tapi butuh anggaran bombastis.“Akhirnya dipilihlah pembangunan kelok sebelas. Jalannya berkelok-kelok dengan tanjakan yang tidak terlalu curam,” kata Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah DIY, M Fathoni Jalaluddin seusai paparan ke Gubernur DIY di Kepatihan, Kamis (30/10). "
    Kemungkinan pembangunan jalan Kelok Sebelas ini akan dimulai pada tahun 2016. Untuk sementara, Anda yang biasa melewati Jalur Lintas Selatan ini, Anda dapat melewati jalan alternatif yang biasa Anda lewati dahulu. Dan harap selalu berhati-hati dikarenakan Jalur diperbukitan ini sangatlah curam. Semoga dengan dibangunnya jalan Kelok Sebelas ini dapat membuat sebuah Jalur Lintas baru yang akan menjadi jalur alternatif, yang akan memberikan banyak dampak positif bagi para pengguna Jalan Lintas Selatan tersebut. 



tribunjogja.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel