Kedung Pengilon Wisata Tersembunyi Dibalik Kampung

Sejarah Nama Kedung Pengilon

 ialah sebuah kedung atau bak besar yang berada di pemikiran sungai Kedung Pengilon Wisata Tersembunyi dibalik KampungKedung Pengilon, ibarat namanya, ialah sebuah kedung atau bak besar yang berada di pemikiran sungai. Dan Pengilon ialah kata dalam bahasa jawa yang berarti daerah untuk becermin/berkaca. Sehingga sanggup ditarik kesimpulan bahwa penamaan Kedung Pengilon oleh warga sekitar alasannya mereka seakan berkaca/becermin dikala berada di tepi kedung ini. Dan memang, air Kedung Pengilon ini masih jernih hingga dikala ini. Dengan kedalaman kurang lebih 2 meter, dengan pemikiran air yang jernih alasannya berasal dari sendang atau mata air di pangkah yang mengalir melalui sungai kecil ladang dan kebun milik warga serta hutan dusun sebelum akhirnya  hingga di kedung pengilon. Sesaat sebelumnya air ini melewati satu grojogan atau gerojokan dengan ketinggian 10 meter.

Kedung Pengilon memiliki bentuk oval, berdiameter 15 meter. Air yang terdapat dalam kedung masih jernih alasannya bersumber pada mata air yang masih alami dan pemikiran sungai sendiri yang jarang melewati pemukiman penduduk, sehingga belum terkontaminasi. Air di Kedung Pengilon berwarna hijau kebiru-biruan. Warna tersebut dipengaruhi oleh dasar kedung yang bermaterikan watu putih, serta kedalaman dari kedung ini. Disamping Kedung ini juga terdapat lubang mata air, yang terkumpul pada semacam bak kecil. Sudah disediakan gayung dari batok kelapa oleh warga sekitar jikalau sobat ingin mandi ataupun sekedar membasuh muka.

Jalan Menuju Ke Kedung Pengilon
 ialah sebuah kedung atau bak besar yang berada di pemikiran sungai Kedung Pengilon Wisata Tersembunyi dibalik Kampung
Sahabat sanggup eksklusif menuju kearah desa Bangunjiwo tepatnya dari Pabrik Gula Madukismo kearah barat melewati padepokan Bagong Kussudiardja terus melewati Desa Tamantirto sampai  Perempatan  Balai Desa Bangunjiwo. Kemudian dari balai desa tersebut sobat ambil arah ke barat (kanan) sejauh 2 km, hingga menemukan gentong/tempat air dari tanah liat. Ambil kiri kemudian ikuti jalan tersebut kearah selatan kurang lebih 1 km hingga menjumpai tugu lagi yang merupakan Tugu dusun Petung.  Setelah itu sobat menyusuri jalan tanah hingga hingga ke lokasi kedung pengilon. Sebaiknya sobat sering bertanya alasannya lokasinya memang agak masuk.  Dan alasannya jalan yang tidak memadai sampi kedung maka kendaraan sobat sebaiknya dititipkan dirumah rumah penduduk

Dikutip dari : desabangunjiwo.com, yogyakarta.panduanwisata.com
  
Sedikit embel-embel untuk sobat yang akan bekunjung ke Kedung Pengilon ini, semoga lebih berhati hati, terutama untuk sobat yang belum mumpuni dalam ilmu berenang, alasannya Kedung Pengilon ini cukup dalam dan berbahaya bagi yang tidak sanggup berenang.

Untuk itu bagi sobat yang tidak sanggup berenang disarankan untuk menikmati indahnya Kedung Pengilon ini dari tepian saja ya.


Selamat berkunjung. ke Bantul ya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kedung Pengilon Wisata Tersembunyi Dibalik Kampung"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel