Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona

Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona
Naik Delman di Tepi Pantai Itu sesuatu banget...
Pantai Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang sangat terkenal diantara pantai-pantai lain yang tersebar di wilayah Yogyakarta ini

Parangtritis berdasarkan cerita legenda pada zaman Kerajaan Majapahit, ada seorang pelarian dari Kerajaan tersebut yang berjulukan Dipokusumo yang ditempat itu sedang melaksanakan semedi. Ketika sedang melaksanakan semedi, ia melihat air menetes ( tumaritis ) yang berasal dari celah-celah kerikil karang ( bendo ). Kemudian Dipokusumo memberi nama daerah itu Parangtritis yang artinya air yang menetes dari batu.

Pantai ini diyakini oleh masyarakat setempat sebagai perwujudan kesatuan dari Gunung Merapi, Keraton Jogja dan Parangtritis sendiri. Sehingga masyarakat selalu menghubungkan bilamana ada fenomena alam yang sedang terjadi di antara ketiga tempat hal tersebut.

Parangtritis mempunyai pemandangan yang unik yang tidak terdapat pada obyek wisata lain, yaitu pantai yang mempunyai ombak yang besar dan terdapatnya gunung-gunung pasir disektar kawasana pantai tersebut yang disebut dengan gumuk. Pada demam isu kemarau angin biasanya akan bertiup lebih cepat dan ombak akan sanggup mencapai ketinggian 2 – 3 meter. Karena ombaknya yang besar maka pengunjung Pantai Parangtritis tidak boleh untuk berenang di seputaran pantai, untuk itu sudah disediakan kemudahan pemandian umum yang sanggup digunakan untuk para pengunjung yang ingin berenang dengan kondusif dan nyaman.

Ada pemandian unik yang terdapat tak jauh dari tempat Pantai Parangtritis yaitu Pemandian Parang Wedang.

Lokasi
Pantai Parangtritis yaitu pantai yang paling terkenal yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta.

Akses
Berjarak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta sanggup menentukan 2 jalur yang digunakan untuk hingga ke lokasi ini. Yang pertama yaitu jalur Yogyakarta – Jl. Parangtritis – Kretek – Parangtritis. Jalur yang kedua dari Yogyakarta – Imogiri – Parangtritis. Jalur yang kedua ini lebih jauh akan tetapi dalam perjalanannya anda akan mendapat pemandangan alam yang menarik lebih cantik dari pada memakai jalur yang pertama. Sepanjang jalan anda akan melawati persawahan yang menghijau, sungai yang berkelok perbukitan dan kalau anda menyempatkan mengunjungi Makam Raja di Imogiri, maka anda akan mendapat sesuatu yang menarik di Imogiri.

Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona
Betapa serunya naik delman ini ya sahabat....

Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona
Indahnya Pantai Parangtritis Bantul

Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona
Suasana Sunset yang selalu ditunggu keindahannya...

Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona
Meriahnya pemandangan alam di Pantai Parangtritis Bantul

Obyek wisata pantai parangtritis ini sudah semenjak usang dikelola dengan baik oleh Pemkab Bantul sehingga kemudahan yang mendukung kepariwisataan sudah cukup lengkap. 

Fasilitas – kemudahan tersebut antara lain :
Banyak terdapat hotel atau penginapan dengan harga yang bervariasi, ada beberapa hotel dan penginapan yang terletak di atas bukit yang mengatakan suasana dan pemandangan pantai yang luar biasa.

Terdapat banyak toko souvenir dan buah tangan khas Jogja / Bantul, juga banyak toko-toko kelontong dan warung makan.

Lahan parkir yang luas ditambah lagi penyewaan kamar mandi yang sanggup dimanfaatkan pengunjung untuk membersihkan diri.

Anda sanggup menikmati keindahan pantai ini sekaligus melaksanakan olah raga pantai. Disepanjang pantai anda sanggup menyewa dokar ( kereta kuda ), motor ATV ( All Terrain Vechile ), menaiki kuda, maupun Paralayang bagi anda yang berjiwa pemberani.

Kawasan Gumuk Pasir bagaikan suasana di gurun pasir kalau diabadikan untuk latar belakang foto.


Menikmati panorama Sunset yang indah di Pantai Parangtritis sambil menikmati jagung bakar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Parangtritis Bantul Nan Mempesona"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel