Menikmati Sunset Dari Embung Nglanggeran

Sunset dari Atas Embung


Embung Nglanggerang sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang banyak dikunjungi. Hal itu tentu tidak terlepas dari pemandangan menarik yang ada di dalamnya. Terlebih ketika ini semakin banyak spot foto keren yang akan menambah tampilan feed instagram semakin menarik. Penasaran dengan ulasan lengkap mengenai keindahannya? Yuk simak isu lengkap berikut ini.



Sejarah Embung Nglanggeran


 sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang banyak dikunjungi Menikmati Sunset dari Embung Nglanggeran
Pemandangan Embung

Embung merupakan arti dari sebuah tempat yang sanggup menyimpan air dengan sekala besar, sedangkan Nglanggeran merupakan nama sebuah tempat yang ada di sebuah gunung purba yang berada di tempat Gunungkidul kota Yogyakarta. Yang lalu sanggup disebut dengan nama lain yaitu Waduk. Waduk kecil.


Keberadaan waduk kecil ini merupakan sebuah wadah untuk menyimpan air yang mana air tersebut lalu sanggup di manfaatkan oleh warga setempat untuk beberapa kebutuhan. Kebutuhan air yang di tampung oleh waduk tersebut biasanya lalu di alirkan kepada sawah sawah dan juga kepada sebuah ladang ladang kebun.


Waduk ini terbentuk bukan dengan sendirinya melainkan alasannya yakni kebutuhan air yang kurang di tempat nglanggeran untuk mengairi sawah sawah atau ladang ladang kebun ketika trend kemarau tiba. Untuk mengatasi kebutuhan air untuk masyarakat maka pada tahun 2012 waduk ini mulai dibangun yang lalu selesai dan diresmikan pada tahun 2013 tepatnya pada bulan Februari.


Dengan inisiatif warga yang ingin membangun sebuah tempat penampungan air dengan kebutuhan yang telah disepakati ternyata ini membuahkan hasil dari segi pendanaan yang diajukan. Pihak pemerintah pun juga menyetujui hal pengadaan wadah penampungan tersebut. Dengan bermodal dana hibah dari pemerintah kota akibatnya waduk ini pun berhasil di wujudkan.


Tentunya dengan adanya Embung ini kebutuhan masyarakat sanggup terpenuhi dengan sangat baik. Dengan berjalannya waktu waduk ini mengalami perkembangan yang signifikan namun perkembangan yang signifikan ini juga dialami bukan pada sawah sawah dan lahan lahan perkebunan, akan tetapi pada lokasi beradanya waduk tersebut.


Setelah selesainya pembangunan, waduk ini mendapat perhatian lebih bagi para masyarakat setempat hingga kepada masayrakat sekitar yang ada di lingkungan waduk bahkan kota kota lainnya. Wduk ini pun sering dijadikan sebuah tempat wisata.


Menurut pernyataan dari perwakilan warga setempat dan juga sebagai koordinator, memang benar bekerjsama sesudah waduk ini selesai dibangun dan meluasnya kabar bahwa di tempat Nglanggeran ini mempunyai waduk ternyata itu sanggup berefek pada masyarakat untuk mendatangi lokasi ini.


Sebetulnya, ini bukan berarti bahwa masyarakat tempat merasa tidak nyaman dengan kehadiran orang orang yang meskipun lokasi waduk ini bukan untuk menjadi tempat tempat tertentu menyerupai untuk berwisata. Dengan bertambahnya masyarakat yang berkunjung tenyata dari sisi lain mempunyai nilai yang sanggup di manfaatkan.


Kemudian warga bersepakat kalau lalu lokasi waduk Embung Nglanggeran di jadikan sebagai lokasi wisata yang cukup menarik untuk tempat Gunungkidul. Hal ini juga mendapat persetujuan dari pemerintah kota Yogyakarta dan juga telah diresmikan sebagai salah satu lokasi wisata yang ada di kota Yogyakarta, akhirnya.


Dengan lalu Kami menunjukkan sebuah biaya retribusi kepada setiap warga sekitar hingga masyarakat luas ketika berkunjung, yang mana hasil dari pemasokan itu lalu sanggup di gunakan kembali untuk merawat keadaan waduk ini kedepannya.


Didukung dengan kondisi alam tempat Kecamatan Patuk yang cukup hijau menciptakan masyarakat yang berkunjung ke lokasi waduk ini merasa senang. Bahwasanya di sekitanya pun juga terdapat sebuah Gunung Purba Nglanggeran yang mana juga menambah baik pemandangan.


Ingin mendapat foto sunset manarik? Kunjungi Embung Nglanggeran dengan paket tour Jogja dari Widyalokawisata.


Lokasi dan Akses



Lokasi Embung Nglanggeran ini berada di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa, Yogyakarta.


Akses menuju ini tidak cukup sulit hanya membutuhkan waktu yang cukup usang kalau melaksanakan perjalanan dari sentra kota Yogyakarta dan hingga ketika ini belum ada sebuah kendaraan umum untuk mengantar hingga lokasi waduk. Makara sangat disarankan memakai kendaraan pribadi untuk berkunjung.


Untuk mencapai lokasi waduk ini kalau melaksanakan perjalanan dari sentra kota Yogyakarta, pilihlah perjalanan dengan jalaur ke arah timur yaitu Wonosari. Untuk mencapainya sanggup mengikuti plang petunjuk jalan yang tersedia. Kemudian kalau telah hingga di tempat Bukit Bintang lakukan perjalanan dengan menuju ke arah desa Ngoro-oro.


Lalu di simpang tiga yang pas dengan Puskesmas Patuk 2 lakukan perjalanan ke arah Pendopo Kaliasong, sesudah itu lakukan perjalanan hingga bertemu dengan sebuah pertigaan sesudah SD Negeri Nglanggeran lakukan perjalanan mengambil ke arah kiri. Lalu sanggup lanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk arah hingga hingga tujuan.


Fasilitas


 sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang banyak dikunjungi Menikmati Sunset dari Embung NglanggeranFasilitas yang ada di lokasi waduk ini juga sangat mendukung. Terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk menampung masyarakat yang berkunjung, terdapat toilet yang sanggup dipakai oleh masyarakat atau pengunjung, terdapat sebuah pendopo hingga sebuah warung yang menyediakan banyak sekali macam makanan.


Baca Juga ” Promo paket tour Jogja Embung Nglanggeran”


Biaya Retribusi dan Waktu Operasi


 sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang banyak dikunjungi Menikmati Sunset dari Embung NglanggeranBiaya yang dibebankan kepada masyarakat yang berkunjung sebesar Rp. 10.000,- untuk domestik serta Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,- untuk pengunjung luar domestik. Serta dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,- untuk roda 2 dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda 4.


Untuk waktu beroperasinya Embung Nglanggaran ini dibuka selama 24 jam. Beroperasinya lokasi yang mencapai hingga 24 jam menciptakan semakin bertambahnya intensitas yang berkunjung.


Hal Menarik


 sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang banyak dikunjungi Menikmati Sunset dari Embung NglanggeranKarena lokasinya yang cukup berada di ketinggian maka menciptakan lokasi waduk ini juga mendapat santunan alamnya yang indah. Ketika berkunjung ke tempat ini maka masyarakat tidak hanya sanggup mengunjungi Embung Nglanggeran saja melainkan sanggup pribadi melaksanakan kunjungan ke lokasi wisata Gunung Purba. Juga sanggup mengunjungi sebuah wisata alam berupa kebun dan pertanian.


Wisata Gunung Purba pun tidak jauh dari lokasi waduk ini. Jika ditemuh dengan kendaraan memerlukan waktu sekita kurang lebih 15 menit dan menuju ke sebuah puncak Gunung Purba juga memerlukan waktu dan tenaga yang extra dikarenakan sebuah trak yang di dominasi tanjakan dengan berjalan kaki.


Selain itu juga sanggup mengunjungi wisata kebun. Berwisata pada sebuah kebun juga merupakan sebuah pengalaman yang tak sanggup diremehkan. Karena selain sebagai sarana kesegaran juga sanggup sebagai sarana berguru wacana tanaman. Di wisata kebun ini juga terdapat guide yang memandu dan masyarakat pun juga sanggup membeli hasil tumbuhan yang ada sebagai bekal oleh oleh.


Berkunjung ke lokasi waduk ini masyarakat sanggup melaksanakan hal hal menyerupai bersantai, melaksanakan foto bersama ataupun sendiri yang latar belakangnya pun sanggup di seting sedemikian rupa serta sanggup mendapat pemandangan yang baik dengan adanya latar Gunung Purba.


Terdapat juga sebuah menara yang sanggup dinaiki untuk sekedar melihat lokasi sekitar dari ketinggian yang cukup atau melaksanakan beberapa sesi foto alam sekitar. Bahkan di waduk ini pun juga sering dijadikan untuk sesi foto sebelum melaksanakan kesepakatan nikah atau Pre-weeding.


Selain wisata dan hal menarik ini tentunya masih terdapat hal hal menarik lainnya yang masih sanggup di eksplor bahkan kemungkinan untuk beberapa waktu kedepan akan terdapat sebuah lokasi wisata yang mendapat legalisasi baik dari masyarakat maupun pemerintah.


Berikut yakni beberapa pemaparan wacana sebuah wisata Embung Nglanggeran yang sanggup dijadikan destinasi berwisata. Waktu berkunjung yang baik untuk lokasi ini sanggup di lakukan pada ketika sore hari, alasannya yakni keadaan matahari berada di sisi barat menciptakan lokasi waduk ini semakin cantik.


Selain itu ketika berkunjung baiknya mematuhi peraturan yang ada dan bersikaplah baik terhadap yang berkunjung serta menjaga kebersihan tempat tersebut.




Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menikmati Sunset Dari Embung Nglanggeran"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel