Museum Ullen Sentalu Dan Banyak Sekali Hal Menarik Di Dalamnya

Museum Ullen Sentalu – merupakan sebuah Museum yang berada di belahan utara kota Yogyakarta. Nama Ullen Sentalu merupakan sebuah abreviasi dari “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku”. Museum ini mempunyai keunikan dari pada Museum yang pernah ada.  Karena keberadaannya museum ini semakin mempunyai banyak peminat dari aneka macam kalangan yang membuatnya menjadi destinasi wisata.


Museum ini di dirikan oleh keluarga Haryono yang mana merupakan sebuah keluarga pembatik yang masih berketurunan aristokrat di kota Yogyakarta. Isi dari Museum Ullen Sentalu yaitu hal hal yang berkaitan dengan sebuah budaya yang mana lebih khusus pada Peninggalan Kerajaan Mataram.


Para pengunjungnya akan banyak menyaksikan aneka macam macam lukisan dan foto para bangsawan, gamelan gamelan kuno, arca arca budaya Hindu – Buddha serta yang lainnya yang pernah ada pada zaman kerajaan Mataram.


Ingin mengunjungi Museum Ullen Sentalu? Pilih paket wisata Jogja di widyalokawisata.


 Hal Menarik di Museum Ullen Sentalu


merupakan sebuah Museum yang berada di belahan utara kota Yogyakarta Museum Ullen Sentalu dan Berbagai Hal Menarik di Dalamnya
Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

1. Lukisan 3D


Lukisan 3D yang ada di museum ini bukan merupakan lukisan modern melainkan sebuah lukisan yang mencerminkan kebudayaan Kerajaan Mataram pada masa lampau. Lukisan yang ada lebih cenderung kepada lukisan keluarga Kerajaan.


Menyaksikan dan berkunjung ke Museum ini Anda sanggup juga sambil berguru perihal bagaimana kebudayaan yang ada di Indonesia pada masa lampau. Dan ketika menyaksikan lukisan di Museum Ullen Sentalu ini jangan terkejut jikalau melihat lukisan itu seakan akan hidup. Sebab selain lukisan di buat dengan sebegitu aslinya ternyata lukisan lukisan itu mempunyai nilai magis yang sangat kental dengan Kerajaan Mataram.


2. Belajar Perbedaan Batik


Siapa yang tak tahu batik? Batik yaitu cerminan sebuah daerah. Di Museum ini Anda sanggup sambil berguru membedakan antara Batik Yogyakarta dan Batik Solo. Salah satu dasar pembedaannya ialah jikalau Batik Yogyakarta lebih mempunyai dasar warna putih, sedangkan Batik Solo mempunyai dasar warna kuning kecoklatan.


Tidak hanya perbedaan itu saja yang sanggup Anda ketahui, melainkan dari segi filosofisnya. Karena dikota ini merupakan kota yang menjunjung nilai filosofis yang tinggi bahkan dalam aneka macam hal apapun niscaya mempunyai nilai filososfisnya.


3. Ruang Syair Putri Tineke


Ruangan ini merupakan ruangan yang menampilkan beberapa surat dan syair-syair dari Putri Tineke. Nama Tineke ini yaitu nama belanda dari seorang anak Sunan Surakarta Pakubuwono XI.


Semua surat-surat dan syair-syair yang ada di ruangan ini bertuliskan dengan bahasa Belanda, namun tidak perlu khawatir lantaran juga terdapat arti dalam bentuk bahasa Indonesia yang mana sanggup menciptakan para pengunjung memahami isi nya.


Mengapa begitu banyak surat-surat dan syair-syair Putri Tineke? Karena pada zaman itu Putri Tineke sedang merasakan jatuh cinta yang mana kemudian Ibu dari Putri tidak menyetujuinya sehingga itu merupakan salah satu jalan bagaimana Putri melampiaskan kekesalannya.


4. Pengunjung Dapat Merasakan Ramuan Awet Muda


Rasanya hanya di Museum ini yang menyediakan minuman Khas Kerajaan yang mana pengunjung pun sanggup mencicipinya. Minuman ini dipercaya menjadi resep abadi muda. Tidak hanya itu saja meminum ramuan ini lebih umum menciptakan tubuh merasa bugar dan sehat. Percaya tidak percaya memang minuman ini mempunyai khasiat tertentu seperi yang telah di paparkan.


Warna dari minuman ini pun tidak jauh berbeda. Dengan memakai materi alami ibarat Jahe, Kayu Manis, Sereh, Pandan dan lain lain. Keberadaannya pun begitu sangat diminati oleh para pengunjung Museum. Nama dari minuman ini diambil dari nama Permaisuri Pakubuwono X yaitu Ratu Mas, yang mana memang mempunyai paras yang sangat ayu.


5. Mengenalkan Sejarah Keraton Solo dan Yogyakarta


Selain lukisan 3D yang di dominasi oleh lukisan keluaga Kerajaan dan beberapa lukisan lainnya di Museum ini juga terdapat sejarah sejarah bagaimana Kerajaan Mataram dahulu sehingga terpisah menjadi 4 Keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.


6. Ruang Guwa Sela Giri


Ruangan ini lebih mengajarkan sopan santun budaya Kerajaan perihal Kesopanan, Tata-krama, Penghormatan. Ketika memasuki verbal Gua ini pengunjung akan membungkukkan tubuh lantaran verbal Gua ini tidak terlalu tinggi dan disitulah letak pembelajaran yang diberikan kepada pengunjung secara tak langsung.


7. Memiliki Pemandu Museum yang Interaktif


Di museum ini setiap pengunjug akan dipandu untuk mengitari isi Museum. Pemandu ini tidak hanya bertugas untuk mengantar saja melainkan pengunjung akan mendapat pemanis ilmu pengetahuan perihal isi apa saja yang ada di Museum ini berikut penjelasan-penjelasannya.


8. Tidak di Perkenankan Mengambil Foto Di Area Museum


Di Museum ini Anda tidak diperbolehkan mengambil foto dikarenakan hal hal tertentu. Peraturan memang di buat ibarat itu oleh pihak Museum. Hal ini dimaksudkan supaya pengunjung mempunyai rasa ingin tau untuk mendatangi dan berguru perihal isi yang ada di Museum ini.


Namun jangan khawatir, ada beberapa spot foto yang sanggup pengunjung lakukan ibarat di area Relief Replika Candi Borobudur.


Lokasi & Akses menuju Museum Ullen Sentalu 


Lokasi Museum Ullen Sentalu cukup jauh dari Pusat Kota Yogyakarta. Berada di tempat Kaliurang yang mana merupakan tempat di lereng Gunung Merapi. Berdekatan dengan Museum Gunung Merapi, Merapi Park dan Merapi Lava Tour.


Alamat lengkap Museum Ullen Sentalu berada di Jalan Boyong Km. 25 Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta.


Untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu pengunjung baiknya sanggup memakai kendaraan pribadi, sanggup berupa kendaraan roda dua maupun roda empat lantaran susukan tersebut belum tersedia untuk kendaraan umum.


Jika Anda telah berada di Kota Yogyakarta lakukan perjalanan menuju jalan Kaliurang. Ketika Anda telah hingga Jalan Kaliurang lakukan perjalanan ke atas terus hingga menemukan penunjuk arah ke jalan Boyong sehabis Anda hingga di Jalan Boyong Anda cukup mengikuti petunjuk arah yang telah tersedia hingga hingga pada tujuan.


Selain cara diatas Anda sanggup memakai layanan GPS / Google Maps.



Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu 


merupakan sebuah Museum yang berada di belahan utara kota Yogyakarta Museum Ullen Sentalu dan Berbagai Hal Menarik di Dalamnya
Koleksi di Museum Ullen Sentalu

Harga tiket masuk Museum ini mempunyai 2 karakteristik yaitu untuk pengunjung Lokal akan dikenakan biaya sebesar Rp. 35.000 Rupiah sedangkan untuk Pengunjung Interlokal akan dikenakan biaya sebesar Rp. 55.000 Rupiah. Dari harga tiket masuk tersebut sudah meliputi biaya untuk parkir kendaraan Anda.


 Tips Berkunjung di Museum Ullen Sentalu 


Untuk mengunjungi Museum ini wisatawan dianjurkan untuk menaati peraturan yang telah disediakan oleh pihak Museum. Jangan melaksanakan hal-hal yang tidak dianjurkan alasannya yaitu Anda berada dilokasi dimana sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan. Hal ini dimaksudkan supaya pengunjung tidak mengalami hal-hal yang tidak di inginkan.


Cukup menarik bukan? Kini saatnya Anda agendakan liburan bersama dengan orang tersayang ke Museum Ullen Sentalu dengan memakai paket wisata Jogja dari widyaloka wisata.


 




Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Museum Ullen Sentalu Dan Banyak Sekali Hal Menarik Di Dalamnya"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel