Benteng Ferangi, Saksi Sejarah Lahirnya Kota Ambon

IsJogjaBenteng Ferangi Ambon yaitu sebuah benteng yang di berdiri pada masa Penjajahan oleh Bangsa Portugis pada tahun 1575. Sebutan lain untuk Benteng ini yaitu benteng Kota Laha atau benteng Victoria. Benteng Ferangi dibangun sebagai sentra pemerintahan oleh bangsa Portugis kala itu. Selain itu, bangunan ini juga dijadikan kawasan untuk menimbun rempah rempah yang ada ada Kawasan Indonesia Timur.


 Ambon yaitu sebuah benteng yang di berdiri pada masa Penjajahan oleh Bangsa Portugis pada Benteng Ferangi, Saksi Sejarah Lahirnya Kota Ambon

Benteng Ferangi


Wisata Benteng Ferangi Ambon


Tepat di pintu masuk Benteng terdapat sejumlah meriam dengan ukuran yang sangat besar. Benteng Ferangi Ambon ini yaitu salah satu kawasan destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Ambon. Karena selain sanggup melihat lihat keunikan bangunan nya, wisatawan juga sanggup berguru sejarah kedatangan bangsa Portugis ke Ambon.


Di dalam Benteng Ferangi Ambon ini terdapat aneka macam benda benda peninggalan Portugis dan Belanda. Setiap wisatawan yang berkunjung ke benteng ini juga berkesempatan mengetahui peta perkembangan Kota Ambon dari jaman dulu sampai sekarang. Banyak sekali perubahan yang terjadi, baik dari segi ekonomi, pergantian budaya barat yang berangsur hilang, dan lain lain.



Sejarah Benteng Ferangi Ambon


Benteng Ferangi yaitu salah satu saksi cikal bakal terbentuknya Kota Ambon. Sejak ditinggalkan oleh Belanda dan Portugis, bertahap masyarakat mulai menempati sekeliling bangunan bau tanah ini secara berkelompok. Dan kelompok kelompok masyarakat yang mendiami sekeliling benteng tersebut pun menamai kelompoknya masing masing dengan berbeda beda nama. Nama nama kelompok yang mendiami sekitar Benteng Ferangi antara lain;



  • Soa Kilang

  • Soa Ema

  • Soa Silale

  • Urimessing

  • Hative

  • Dll


Kelompok kelompok Masyarakat tersebut pada kesannya berkembang secara “Ginekologis Teritorial” dengan teratur.    Dan sampai ketika ini, tahun 1575 ini dijadikan sebagai tahun lahir nya Kota Ambon. Dan semenjak tahun 1921 masyarakat Ambon oleh pihak kolonial diberi persamaan hak. Dari sinilah masyarakat Ambon mulai berperan dalam politik. Dan masa masa ini yaitu momen dimana keolengan politik kolonial dan Masyarakat Ambon mulai mendominasi politik di pemerintahan. Dan semenjak insiden tersebut, pada tanggal 7 September di memutuskan sebagai tanggal kelahiran Kota Ambon.



Lokasi Benteng Ferangi Ambon


Jika anda tertarik dan ingin tiba ke Benteng Ferangi Ambon ini, anda tidak perlu khawatir akan lokasinya, alasannya yaitu sangat gampang untuk ditemukan. Lokasi Benteng Ferangi hanya 300 m dari sentra Kota Ambon. Berita manis untuk anda yang ingin berkunjung ke kawasan ini, yaitu tiket masuk nya gratis tis tis…!


Silahkan ajak keluarga atau kerabat anda untuk menyelidiki sejarah masa kemudian Kota Ambon dengan mengunjungi salah satu “Heritage” Kota Ambon, yaitu Benteng Ferangi Ambon.


Kalau kau suka artikel ini, berarti kau juga suka artikel yang ini..




Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Benteng Ferangi, Saksi Sejarah Lahirnya Kota Ambon"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel