Nuansa Kuta Tempo Dulu Di Lokasi Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Gunungkidul, apabila ingin berwisata menikmati nuansa Pantai Kuta tempo dulu, Pantai Sepanjang yakni tempat yang sempurna untuk anda kunjungi. Pantai Sepanjang mempunyai garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir putih menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, bermain air dengan keluarga, ber foto bersama keluarga atau teman-teman ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya sanggup Anda nikmati sesudah menginjakkan kaki di pantai yang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini.


Pantai ini termasuk obyek wisata yang gres di buka oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Nama “Sepanjang” diberikan alasannya yakni ciri khas pantai ini yang mempunyai garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air bahari yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah kalau pemerintah daerah maupun investor berencana menimbulkan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.



Baca juga: Pantai Kukup dengan Karang dan Pasir Putih


Suasana alami itulah yang menimbulkan Pantai Sepanjang lebih dari Pantai Kuta. Sepanjang tidak mengatakan hal-hal klise menyerupai beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam. Buktinya, anda akan tetap sanggup menggeledah karang-karang untuk menemukan banyak sekali jenis kerang-kerangan (Mollusca) dan bintang bahari (Echinodermata). Anda juga tetap sanggup menemukan limpet di batuan sekitar pantai dan mencerabut rumput bahari yang tertanam. Tentu dengan berhati-hati biar tak tertancap duri landak laut. Jelas kan, Anda tak akan menemuinya sewaktu berkunjung di Pantai Kuta


Di Pantai Sepanjang ini terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon digunakan oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini kini tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tumbuhan liar, sehingga kalau tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut.


Di pantai ini anda juga sanggup mendapat cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Beberapa penduduk yang tinggal di pesisir pantai menciptakan aneka kerajinan berbahan dasar kerang. Kerajinan tersebut sanggup berbentuk kereta kencana, barong, orang-orangan, jepitan.


Bila anda sanggup mencari cangkang kerang sendiri di tepi pantai maka anda sanggup mengoleksi hasil temuan anda sendiri dan memprosesnya lebih lanjut. Sesampainya dirumah anda sanggup memulai memproses cangkang temuan anda tersebut dengan cara merendam dalam alkohol 90% dicampur dengan tembakau atau mint. Setelah direndam sehari semalam, gosoklah cangkang dengan perlahan yang akan menghilangkan lapisan luar yang berupa kapur sehingga hanya tinggal lapisan tengahnya saja. Gosokan selanjutnya akan menciptakan cangkang tersebut menjasi berkilau.


Lokasi Pantai Sepanjang


Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah spesial Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 1 km sebelah timur pantai Kukup dan sebelah barat pantai Drini.


Akses Pantai Sepanjang


 apabila ingin berwisata menikmati nuansa Pantai Kuta tempo dulu Nuansa Kuta Tempo Dulu Di Lokasi Pantai Sepanjang


Jarak dari Yogyakarta ke lokasi pantai ini sekitar 25 kilometer dan sanggup ditempuh memakai kendaraan langsung atau sewa kendaraan beroda empat jogja di widyalokawisata. Baik roda dua maupun roda empat. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan.


Rute perjalanan dari kota Jogja – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lanud Tentara Nasional Indonesia AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Per3an masuk daerah Pantai Baron ke Timur – Pintu masuk pantai Kukup ke Timur – Pantai Sepanjang.


Harga Tiket Pantai Sepanjang


Tiket masuk ke Pantai Sepanjang sudah termasuk tiket masuk dengan paket wisata 8 pantai : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sekitar Rp. 10.000 /orang


Fasilitas Pantai Sepanjang


 apabila ingin berwisata menikmati nuansa Pantai Kuta tempo dulu Nuansa Kuta Tempo Dulu Di Lokasi Pantai Sepanjang


Di pinggir pantai ini banyak terdapat gubuk yang menyediakan banyak sekali makanan dan minuman bagi para wisatawan. Selain itu gubug ini juga berfungsi sebagai tempat berteduh sembari menikmati keindahan pantai. Beberapa penginapan dan warung kerajinan tangan sanggup Anda jumpai di sekitar daerah pantai, salah satunya yakni kerajinan tangan dengan materi dasar cangkang kerang.



Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nuansa Kuta Tempo Dulu Di Lokasi Pantai Sepanjang"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel