Air Terjun Kembang Soka Di Kulonprogo

 Satu lagi wisata alam di wilayah DIY yang patut dikunjungi Air Terjun Kembang Soka di Kulonprogo
Sejuknya Air Terjun Kembang Soka di Kulonprogo
Air Terjun Kembang Soka di Kulonprogo - Satu lagi wisata alam di wilayah DIY yang patut dikunjungi, yakni penderasan Kembang Soka di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Kembang Soka ialah penderasan yang berada di sebuah lembah yang diapit dua bukit.

Lokasi penderasan ini berada di daerah perbukitan Menoreh, sekitar 35 kilometer arah barat dari sentra kota Yogyakarta. Berada di perbukitan yang masih sangat asri dan berada jauh dari perkotaan mengakibatkan suasana penderasan sangat sejuk dan segar.
Keistimewaan dari penderasan ini ialah mempunyai air yang jernih dan ketersediaan air sepanjang tahun.

Dijelaskan Pak Ngatiman (45) selaku pengelola air terjun Kembang Soka mengatakan, air yang berada di penderasan tersebut tidak kering meski ditengah animo kemarau.
"Air yang ada di Kembang Soka ini berasal dari tiga mata air, yakni mata air Tukjaran, Kembang Soka, dan Kali Miri. Sehingga air nya terus ada," ujar Pak Ngatiman

Selain airnya yang jernih dan selalu ada sepanjang tahun, hal lain yang menciptakan penderasan Kembang Soka menarik ialah keberadaan beberapa bak alami.
Kolam tersebut sanggup dipakai para pengunjung untuk berenang menikmati segarnya air di pegunungan Menoreh tersebut
Di penderasan tersebut terdapat sekitar dua bak (kedung) yang mempunyai kedalaman sekitar satu setengah meter.
Untuk mencapai lokasi penderasan Kembang Soka, pengunjung harus berjalan sejauh 300 meter dengan medan yang cukup terjal.
Tapi para pengunjung tidak usah khawatir, di sepanjang jalur yang menurun tersebut, pengelola telah menyiapkan beberapa gazebo dan dingklik untuk beristirahat, jikalau pengunjung merasa kelelahan


Selain itu pihak pengelola juga menyiapkan sebuah bagunan gardu pandang untuk mnyaksikan keindahan Kembang Soka dari atas bukit.
Harap hati-hati ketika menuruni lembah apalagi sehabis hujan, kondisi jalan agak licin. Sepanjang jalur menuju penderasan tidak usah khawatir kehausan, ada beberapa shelter untuk istirahat dan penjual makanan-minuman didekatnya.

Pak Ngatiman menjelaskan, penderasan Kembang Soka pertama kali dibuka selesai Januari 2015.
Meskipun gres di buka untuk umum, jikalau hari libur penderasan tersebut cukup ramai dikunjungi.
Hal tersebut tak lepas dari keberadaan media umum yang dengan cepat menciptakan tempat ini menjadi terkenal.

Untuk memasuki daerah wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, alasannya ialah hanya dengan membayar uang parkir dan tiket masuk sebesar Rp. 3 rb anda sudah sanggup menikmati keindahan air terjun Kembang Soka.
Di area penderasan masyarakat setempat juga menyediakan ruang ganti dan toilet.
Anda juga tidak usah khawatir lapar dan kehausan, alasannya ialah di lokasi tersebut terdapat beberapa warung yang menyediakan bergam jenis masakan dan minuman.


Jika anda dari sentra Kota Yogyakarta dan ingin mengunjungi obyek wisata ini anda sanggup menempuh rute sebagai berikut .

Dari Tugu Jogja ambil arah ke Barat – Perempatan Bangjo (Lampu Lalu Lintas) Ringroad Barat Demak Ijo – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Nanggulan – Pasar Kenteng – Tanjakan pegunungan menoreh – mentok pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo – Pasar Jonggrangan – Goa Kiskendo – Pertigaan setekah Goa Kiskendo ambil kiri – Pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri, dan anda akan menemukan pintu masuk area penderasan Kembang Soka (*)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Air Terjun Kembang Soka Di Kulonprogo"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel