Gua Cerme - Pesona Gerojokan Dalam Tanah

 Bentang alam karst yang terletak di daerah selatan Yogyakarta mengakibatkan tempat ini meny Gua Cerme - Pesona Air Terjun Dalam Tanah
Gua Cerme - Pesona Air Terjun Dalam Tanah
- Gua Cerme - Pesona Air Terjun Dalam Tanah  - Bentang alam karst yang terletak di daerah selatan Yogyakarta mengakibatkan tempat ini menyimpan banyak gua baik gua vertikal (luweng) maupun gua horizontal. Gua-gua tersebut dihiasi dengan bermacam-macam ornamen alami yang indah ibarat stalagtit dan stalagmit dalam banyak sekali bentuk yang tidak pernah dapat anda temukan di permukaan bumi.

Salah satu gua di Yogyakarta yang menyimpan kecantikan alami dan gampang untuk ditelusuri ialah Gua Cerme. Secara geografis gua ini terletak di dua wilayah. Mulut gua terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan pintu keluar gua masuk dalam daerah Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul. Untuk menyusuri gua ini dari pintu masuk hingga pintu keluar wisatawan memerlukan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Gua Cerme mempunyai panjang sekitar 1,5 km dan dialiri sungai bawah tanah. Ornamen di dalam gua terbilang cukup lengkap dan masih terawat dengan baik. Wisatawan yang menyusuri gua ini dapat menyaksikan aneka stalagtit dan stalagmit berbentuk sodastraw, flowstone, moonmilk, pilar hingga stalagtit berwarna putih cemerlang laksana kristal.

Selain ornamen gua yang indah, mendekati ujung perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan jeram yang sangat indah. Saat animo hujan, anutan jeram ini sangat deras. Meskipun ukurannya mini, jeram di dalam gua ini merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk diabadikan dalam gambar. Biasanya wisatawan akan berhenti di jeram ini dan kembali ke verbal gua. Namun kalau Anda seorang petualang sejati, Anda wajib melanjutkan perjalanan naik ke jeram ini biar dapat hingga di pitu keluar gua.

 Bentang alam karst yang terletak di daerah selatan Yogyakarta mengakibatkan tempat ini meny Gua Cerme - Pesona Air Terjun Dalam Tanah
Indahnya pemandangan dalam Gua Cerme Imogiri Bantul

 Bentang alam karst yang terletak di daerah selatan Yogyakarta mengakibatkan tempat ini meny Gua Cerme - Pesona Air Terjun Dalam Tanah
Pesona Air Terjun Bawah Tanah Gua Cerme 

 Bentang alam karst yang terletak di daerah selatan Yogyakarta mengakibatkan tempat ini meny Gua Cerme - Pesona Air Terjun Dalam Tanah
Petualangan Menyusuri Gua Cerme, Goa Panjang Berair... Seru dan mendebarkan

Tips Berwisata ke Gua Cerme
Bagi wisatwan yang ingin bertualang menyusuri Gua Cerme, berikut ada beberapa tips yang akan menciptakan petualangan kalian semakin asyik:
   
Kenakan kostum yang nyaman dan gampang kering. Sebisa mungkin gunakan celana panjang dengan materi non jeans.

Berhubung medan yang dilalui ialah gua berair maka sebaiknya gunakan sepatu boot. Jika tidak ada sepatu boot wisatawan dapat memakai sepatu biasa asal tidak bertelanjang kaki.

Demi keamanan kenakanlah helm caving sebagai pelindung kepala.
Wisatawan yang membawa kamera disarankan untuk membawa kanebo dan drybag lantaran air yang mengalir dan menetes dari stalagtit dapat membasahi kamera Anda.


Jangan lupa membawa senter sebagai alat penerang dikala berkunjung ya, selain itu baju gantinya, biasanya pada berair tuh dikala bermain air :D

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gua Cerme - Pesona Gerojokan Dalam Tanah"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel