Goa Rancang Kencono

merupakan salah satu goa yang terdapat di  Goa Rancang Kencono
Berfoto di dalam Goa Rancang Kencono
Info Wisata Jogjaku - Goa rancang Kencono merupakan salah satu goa yang terdapat di Gunungkidul . Daerah ini banyak  Goa-Goa yang tersembunyi didalam perut bumi yang banyak memperlihatkan panorama yang luar biasa.  Goa Rancang Kencono memiliki keistimewaan  berupa  ruangan lapang seluas 20m x 20m yang berketinggian 12 meter yang sering dipakai untuk program – program sarasehan, camping dan lain-lain. Ruangan tersebut tidak terlalu gelap alasannya ialah sinar matahari masih sanggup memasuki daerah ini. Goa Rancang Kencono ini tidak banyak memiliki ornamen, hanya beberapa stalagtit yang menggantung di langit goa ini yang mengakibatkan Goa ini justru memudahakan para pengunjung untuk melaksanakan acara di daerah ini.

Menurut buku “ legenda dan budaya desa Bleberan “ yang diterbitkan oleh pemerintah desa Bleberan yang menceritakan Goa tersebut ditemukan tahun 1720, yang waktu itu beberapa prajurit Mataram yang melarikan diri dan dua dari prajurit tersebut berjulukan kyai Putut Linggo Bowo dan Kyai Soreng Pati menemukan goa ini untuk dijadikan daerah beristirahat.

Para prajurit Mataram sering mengadakan pertemuan di daerah ini untuk menyusun penyerangan. Oleh alasannya ialah itu daerah ini di sebut Goa Rancang Kencono yang berarti merancang perbuatan yang bersifat mulia.

Di Goa tersebut juga terdapat ruangan yang berukuran sekitar 3×3 yang konon di dijadikan daerah untuk bertapa pagi para pejuang untuk mendapat petunjuk mengenai apa yang harus dilakukan untuk melawan para pejajah.

Setelah masa perang berakhir, Goa tersebut tidak dipakai lagi dan dibiarkan begitu saja. Seiring dengan waktu muncul kesadaran dari mayarakat setempat untuk membenahi dan menata Goa ini dan menjadikankan daerah tersebut menjadi wisata sejarah yang menjadi pujian kabupaten Gunungkidul.

merupakan salah satu goa yang terdapat di  Goa Rancang Kencono
Belajar Sejarah di Goa Rancang Kencono

merupakan salah satu goa yang terdapat di  Goa Rancang Kencono
Nuansa Makan Bersama dalam Goa Rancang Kencono

merupakan salah satu goa yang terdapat di  Goa Rancang Kencono
Penampakan Goa Rancang Kencono

Lokasi
Goa Rancang Kencono berlokasi di pedukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Akses
Setidaknya ada du jalur yang sanggup dilalui wisatawan yaitu :
Jalur pertama : Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan
Jalur kedua : Yogyakarta – Imogiri – Panggang – Playen – Bleberan
Harga Tiket

Harga Tiket sebesar Rp.3.000,- per orang sudah termasuk tiket untuk memasuki riam Sri Getuk yang berjarak sekitar 1 km.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di daerah ini adannya bumi perkemahan yang sanggup diperguinakan untuk banyak sekali macam kegiatan. Selain itu bagi anda yang menyukai camping, anda biasa menghubungi pemerintah desa Bleberan untuk menggunakan daerah tersebut

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Goa Rancang Kencono"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel