Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul

 merupakan salah satu wisata pantai di Gunungkidul Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul
Indahnya Panorama Alam Pantai Sepanjang di Gunungkidul
Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul -  Pantai Sepanjang, merupakan salah satu wisata pantai di Gunungkidul, sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai garis pantai terpanjang diantara pantai-pantai yang lain di wilayah kabupaten Gunungkidul. Pantai ini segaris dengan pantai Sundak, Kukup dan Baron yang menunjukkan pemandangan keindahan pantai dengan pasir yang putih higienis terhampar di sepanjang pesisir pantai yang menambah keindahan pantai ini.

Pantai ini termasuk obyek wisata yang gres di buka oleh pemkab Gunungkidul,  terlihat dari kondisi jalan yang menuju ke arah bibir pantai yang masih berupa cor block. Akan tetapi jika anda arahkan pandangan ke sekitar pantai ini, akan terlihat pohon-pohon palem rapi, berjajar di sepanjang pantai, ikut meramaikan dan memperindah keanggunan pantai ini.

Ketika air maritim sedang surut anda akan sanggup melihat karang-karang yang muncul dibibir pantai yang landai, yang menjadi habitat dan tempat tinggal dari aneka kehidupan biota laut. Para pengunjung sanggup menemukan kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, bintang laut, anggang laut, bulu babi dan rumput maritim yang terdapat dalam cekungan atau lubang pada kerikil karang tersebut.

Pada dikala air maritim surut itulah para penduduk setempat memakai waktu dan kesempatan untuk berburu rumput laut, kerang-kerangan dan lainnya untuk dikonsumsi sendiri ataupun selanjutnya diolah dan dijual kembali kepada para wisatawan. Beberapa gubuk yang beratapkan daun kering bangun di beberapa tempat di sekitar pantai, gubuk-gubuk ini menyediakan aneka masakan dan minuman hasil laut.

Dibeberapa tempat juga terdapat gubuk tempat masyarakat setempat tinggal dan bertanam. Anda akan melihat dua bukit yang pada penggalan lerengnya digunakan untuk bercocok tanam oleh masyaratkat setempat menyerupai menanam jagung, kedelai dan lain-lain.

Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah adalah Banyusepuh. Sesuai namanya, yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon digunakan oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini kini tinggal kubangan kering yang ditumbuhi flora liar, sehingga bila tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat, maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut.

Ditempat ini kita juga sanggup mendapat aneka cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Beberapa penduduk yang tinggal di pesisir pantai menciptakan aneka kerajinan berbahan dasar kulit kerang. Kerajinan tersebut sanggup berbentuk kereta kencana, barong, orang-orangan, jepitan dan lain-lain.

Bila anda sanggup mencari cangkang kerang sendiri di tepi pantai maka anda sanggup mengoleksi hasil temuan anda sendiri dan memprosesnya lebih lanjut. Sesampainya dirumah anda sanggup memulai memproses cangkang temuan anda tersebut dengan cara merendam dalam alkohol 90% dicampur dengan tembakau atau mint. Setelah direndam sehari semalam, gosoklah cangkang dengan perlahan yang akan menghilangkan lapisan luar yang berupa kapur sehingga hanya tinggal lapisan tengahnya saja. Gosokan selanjutnya akan menciptakan cangkang tersebut menjadi berkilau.

 merupakan salah satu wisata pantai di Gunungkidul Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul
Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul

 merupakan salah satu wisata pantai di Gunungkidul Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul
Menikmati panorama alam Pantai Sepanjang Gunungkidul

Lokasi
Pantai Sepanjang ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah spesial Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 1 km sebelah timur pantai Kukup dan sebelah barat pantai Drini.

Rute
Jogja – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lanud Tentara Nasional Indonesia AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pertigaan masuk daerah Pantai Baron ke Timur – Pintu masuk pantai Kukup ke Timur – Pantai Sepanjang.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di pantai Sepanjang tidak mengecewakan lengkap yang mencakup rumah makan dan beberapa tempat penginapan sanggup disewa untuk bermalam di pantai ini.

Nah itulah sedikit ulasan ihwal Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul

Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Indahnya Pantai Sepanjang Gunungkidul"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel