Pesona Waduk Sermo Kulon Progo

 Waduk Sermo sangat layak dijadikan potongan dari perjalanan wisata Kamu Pesona Waduk Sermo Kulon Progo
Pesona Waduk Sermo Kulon Progo
Info Wisata Jogjaku – Pesona Waduk Sermo Kulon Progo – Ketika berkunjung ke Kulon Progo, Waduk Sermo sangat layak dijadikan potongan dari perjalanan wisata Kamu. Karena Sermo yaitu satu-satunya waduk yang dikala ini dimiliki Yogyakarta. Lokasi yang sangat nyaman dan indah, sayang untuk dilewatkan. Berlokasi ditengah-tengah bentangan perbukitan menoreh, menimbulkan perjalanan menuju Waduk Sermo sangat mengasyikkan dan penuh tantangan.

Bentangan Waduk Sermo sangat luas. Genangan airnya saja lebih dari 157 hektar, anutan dari Sungai Ngrancah yang membelah perbukitan Menoreh. Waduk ini bisa menampung air sampai 25 juta meter kubik. Bagian terdalam dari waduk, berdasarkan petugas setempat mencapai lebih dari 60 meter. Pengunjung, sanggup melihat secara detail setiap jengkal waduk ini alasannya ada susukan berupa jalan beraspal yang cukup lebar sepanjang 21 Km mengelilingi waduk yang dibangun dengan dana Rp 22 miliar tahun tahun 1994 silam.

Jika kurang puas menikmati dari tepian, Kamu juga sanggup menyewa bahtera yang dikelola oleh warga setempat untuk berkeliling waduk. Harga sewanya cukup murah hanya Rp 100.000,- untuk minimal 5 orang dan maksimal 10 orang. Untuk berkeliling memakai perahu, membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jadi, kalau Kamu memutuskan berkeliling waduk dengan bahtera alangkah baiknya memesan kuliner dulu di warung-warung yang banyak terdapat di dermaga sebelum berangkat. Sehingga dikala mendarat, kuliner hangat beserta minuman pelepas dahaga sudah menanti.

Meski berada di kepungan perbukitan berhutan, dikala bersama keluarga atau berombongan lebih disarankan berkunjung ke Sermo dikala sore hari, untuk menghindari sengatan terik matahari. Selain itu, sangat sayang jikalau tidak menikmati semburat keemasan sinar matahari yang membias di permukaan air biru waduk dikala petang. Dan lebih sayang kalau tidak menyempatkan diri mencicipi “selimut” jutaan bintang di langit di sebagian penggal waktu malam hari. Semua, dengan catatan tidak sedang mendung ataupun hujan.

 Waduk Sermo sangat layak dijadikan potongan dari perjalanan wisata Kamu Pesona Waduk Sermo Kulon Progo
Menikmati panorama Waduk Sermo Kulon Progo
TRANSPORTASI
Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kulon Progo DIY. Lokasi ini berjarak sekitar 5-6 kilometer arah Barat Wates.

TRANSPORTASI
Jika terpaksa memakai angkutan umum, maka dari RSUD Wates Kamu sanggup menumpang kendaraan umum berupa bus kecil atau angkudes yang jumlahnya tiak banyak. Jam operasional kendaraan umum ini juga sangat terbatas. Sehingga lebih disarankan untuk memakai kendaraan langsung baik roda dua ataupun kendaraan beroda empat semoga lebih leluasa dan tidak terikat waktu.

Bagi yang memakai kendaraan pribadi, susukan menuju lokasi sanggup ditempuh melalui dua rute. Yang pertama yaitu melintasi jalur Pengasih dan yang kedua melalui Wates. Saat isu ini tayang, sekitar 5 kilometer ruas jalan di rute Pengasih dalam kondisi rusak sehingga jalur Wates lebih direkomendasikan. Keduanya mengatakan jalur yang berkelok-kelok dan naik turun perbukitan dengan panorama hutan di kanan kirinya. Sangat anggun dan jauh dari rasa membosankan.

 Waduk Sermo sangat layak dijadikan potongan dari perjalanan wisata Kamu Pesona Waduk Sermo Kulon Progo
Indahnya Panorama Alam Waduk Sermo Kulon Progo
TIKET MASUK
Retribusi masuk ke lokasi harus di bayarkan di Pos TPR. Untuk kendaraan beroda empat sebesar Rp 3000,- untuk mobil, Rp 2000,- untuk sepeda motor dan Rp 5000,- untuk bus dan truk. Sedangkan pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 2000,- per orang (konfirmasi dengan mas Udin). Di area parkir, Kamu akan dikenai biaya lagi sebesar Rp 1500,- untuk sepeda motor, Rp 3000,- untuk kendaraan beroda empat dan Rp 5000 untuk bus atau truk. Tapi untuk petang hari, masuk ke tempat ini free alasannya sudah tidak ada petugas pemungut.
Harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kondisi perekonomian negara RI ya... :D

AKOMODASI/FASILITAS
Jika tertarik dengan isu atau data dan sejarah wacana Waduk Sermo, Kamu sanggup mendatangi kantor pengelola di sisi timur waduk. Parkir tersedia sangat luas. Juga terdapat sentra kuliner, tim SAR yang siaga, serta perahu-perahu yang boleh disewa. Perahu ini sanggup dipakai untuk berkeliling waduk dengan jarak tempuh sekitar 100 menit. Biaya sewanya cukup murah Rp 100.000,- untuk minimal 5 orang dan maksimal 10 orang.

Nah gimana, kau ingin tau ingin berkunjung ?
Kami tunggu di Yogyakarta ya mitra :D

Salam persaudaraan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pesona Waduk Sermo Kulon Progo"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel