Wisata Bukit Teletubbies Sleman Yogyakarta



BERKUNJUNG KE RUMAH TELETUBBIES DI YOGYAKARTA


Teletubbies

Teletubbies selain populer alasannya yakni tokohnya, juga alasannya yakni setting yang digunakan. Salah satu setting paling khas yakni bentuk rumah Teletubbies tersebut yang mirip “dome” atau kubah setengah setengah bundar yang mana bila ada sesuatu yang menyerupaina semisal bukit atau rumah, maka akan disebut sebagai “Bukit Teletubbies” atau “Rumah Teletubbies”.

Rumah Teletubbies
Tidak perlu hingga ke luar negeri untuk sanggup mengunjungi lokasi bertemakan Teletubbies alasannya yakni salah satu lokasi yang memakai nama Teletubbies sebagai ikon tersebut berada di Daerah spesial Yogyakarta. Adalah sebuah lokasi yang terletak di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman yang mengusung tema Telettubies dengan nama Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen. Tema Teletubbies dipakai oleh desa ini alasannya yakni arsitektur rumah dari warganya yang unik yaitu berupa “dome” setengah lingkaran; berbeda dengan arsitektur rumah mirip biasa.

Rumah Dome Teletubbies
Sejarah Kelam

Sejarah berdirinya Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen ini tidak lepas dari petaka gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya sebesar lebih dari 5 skala richter pada tahun 2006 silam. Bencana tersebut menjadikan kerusakan parah, salah satunya yakni masyarakat Desa Nglepen yang harus kehilangan tempat tinggalnya yang roboh akhir gempa tersebut sehingga harus direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Gempa Jogja 27 Mei 2006
Pembangunan rumah dome untuk masyaraklat Desa Nglepen dilakukan oleh forum non-pemerintah dan Domes for The World Foundation dengan donatur tunggal yaitu Mohammad Ali Alabar; pemilik Emaar Property Dubai sebagai tunjangan kepada masyakat yang harus direlokasi dari tempat tinggal mereka sebelumnya. Peresmian dan penyerahan rumah dome tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 April 2007 oleh Menteri Permukiman Hidup; Prof. Dr. Alwi Sihab.

Nama desa yang menjadi tempat relokasi bagi masyarakat Desa Nglepen tersebut yakni New Nglepen. Arsitektur berupa dome yang menjadi tempat tinggal masarakat New Nglepen tidak hanya mempunyai kesan unik, tetapi juga merupakan arsitektur tahan gempa dan angin topan, serta anti kebakaran.

Selamat Datang di New Nglepen

Menuju Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen
  
Mengunjungi dome teletubbies di New Nglepen bukanlah hal yang sulit. Jarak yang hanya sekitar 20,7 kilometer dari Tugu Jogja menciptakan jarak tempuh bukan lagi menjadi masalah, hanya membutuhkan sekitar 40 menit perjalanan saja. Akses jalan menuju Desa Wisata New Nglepen pun sudah baik dengan kondisi jalan yang sudah diaspal sehingga mulai dari motor hingga bus sanggup menjangkau lokasi tersebut.
Rute termudah untuk menuju Desa Wisata New Nglepen dimulai dari menyusuri jalan utama Yogyakarta menuju Solo. Sesampainya di daerah Prambanan; tepatnya di Pasar Prambanan, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke arah kanan menyusuri Jalan Raya Piyungan.

Menuju Dome Teketubbies via Ring Road Utara
Konsentrasi hendaknya ditingkatkan usai melewati jalan berkelok di sekitar Candi Ratu Boko. Akan terdapat sebuah plang penunjuk jalan di kiri jalan (timur jalan) yang akan menawarkan arah ke “Desa Wisata Domes / Permukiman Teletabis).

Plang Arah Menuju Desa Wisata Dome Teletubbies
Ikuti plang penunjuk jalan tersebut yang mana perjalanan kini berbelok kiri atau ke arah timur dari Jalan Raya Piyungan sebelumnya. Cukup ikuti jalan utama tersebut, tentunya dengan memperhatikan plang penunjuk jalan menuju “Dome Teletubbies.”

Ikuti Jalan
Setelah sekitar 10 menit perjalanan dari Jalan Raya Piyungan, maka sampailah ke tujuan yaitu Desa Wisata New Nglepen. Tentunya tidaklah sulit untuk menemukan desa ini alasannya yakni bentuk rumah warganya yang berbeda dari yang lain.

Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen
Luas dari Desa Wisata New Nglepen kurang lebih yakni 2 hektar. Tersedia kemudahan umum yang cukup lengkap di desa ini mirip masjid, MCK, aula, dan klinik kesehatan. Terdapat 80 rumah yang ada di desa ini termasuk kemudahan umumnya. Ukuran dari rumah dome yang ada yaitu mempunyai diameter seluas 7 meter dan tinggi 4,5 meter.

Masjid
Kini New Nglepen merupakan sebuah desa wisata yang ada di Daerah spesial Yogyakarta. Jelas saja bentuk rumah masyarakat yang ada merupakan hal unik yang menarik bagi para wisatawan. Perlu diketahui bahwa Desa Wisata New Nglepen ini merupakan satu-satunya desa dengan rumah dome di wilayah Asia Tenggara.

Posko Kesehatan Desa
Pihak pengelola juga telah melengkapi tempat Desa Wisata Nglepen dengan kemudahan penunjang pariwisata. Desa Wisata New Nglepen menjadi tujuan wisatawan dengan kunjungan terbanyak pada tiap simpulan pekan dan hari libur.

Dalam Dome
Tersedia penginapan bagi pengunjung yang ingin mencicipi bagaimana rasanya tinggal di dalam rumah dome. Tersedia pula sarana hiburan mirip kereta mainan, pemancingan dan mandi bola untuk anak-anak, galeri rumah dome hingga persewaan sepeda unik.

Seputar Dome
Tidak hanya di area perkampungan Dome Teletubbies saja yang sanggup dieksplor. Wisatawan juga sanggup mengunjungi banyak sekali tempat di sekitar area dome. Tempat-tempat tersebut antara lain adalah:

1. Belik Wunut
Belik Wunut yakni semacam telaga yang terletak tidak jauh dari Dome Teletubbies. Nama Belik Wunut disematkan pada telaga ini alasannya yakni sumber airnya yang berasal dari bawah pohon wunut yang sangat langka. Membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari dome.

2. Tanah Ambles
Tanah Ambles merupakan tempat yang sebelumnya merupakan lokasi Perkampungan Nglepen yang terdiri dari 17 kepala keluarga. Tanggal 27 Mei 2006 sekitar pukul 05.59 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 5,9 skala richter yang menciptakan kampung ini ambles hingga 2-3 meter, lebar sekitar 1-5 meter dan panjang sekitar 300 meter.
Sad
Akibat gempa bumi tersebut, Kampung Nglepen tidak lagi sanggup untuk ditinggali sehingga masyarakatnya harus direlokasi ke tempat yang gres yang kini merupakan Desa Wisata Dome Teletubbies.

Reruntuhan Desa

Reruntuhan Desa
Terdapat satu telaga berjulukan Belik Cangkok yang merupakan sumber air Dusun Nglepen, akan tetapi tempat ini tertutup dari paket tracking alasannya yakni konon angker. Terdapat pula Candi Kajiman, akan tetapi candi tersebut tidak tampak alias ghaib dan dipercaya masyarakat sebagai istana makhluk halus.

3. Bukit Teletubbies (Bukit Bulusari Sengir)
Berjalan menuju ke arah timur, maka akan ditemukan plang penunjuk jalan menuju “Bukit Teletubbies”. Bukit ini yakni titik tertinggi dari Desa Sumberharjo dengan waktu tempuh 10 menit dengan memakai motor, sementara bila berjalan kaki membutuhkan waktu 45 menit hingga 1 jam.


Pengunjung sanggup menikmati pemandangan bentang alam dari ketinggian bukit. Apabila cuaca cerah, dikala yang sempurna berkunjung ke Bukit Teletubbies yakni menjelang petang untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Rumah Dome Teletubbies juga tampak dari atas bukit Teletubbies ini yang mana terlihat mirip sekumpulan jamur berwarna putih.

Panorama dari Puncak Bukit

Desa Dome


Paket Wisata 

Tersedia banyak sekali paket wisata bagi pengunjung yang disediakan oleh pihak pengelola Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen bagi wisatawan yang ingin melaksanakan acara wisata. Paket-paket tersebut adalah: 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Bukit Teletubbies Sleman Yogyakarta"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel