Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur, Sejarah Dan Daya Tarik Wisata Yang Eksotis


Megahnya artitektur candi borobudur, luas area, dan juga sejarahnya menciptakan candi ini masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia. Sudah ditetapkan eksklusif oleh UNESCO.
 Sejarah Dan Daya Tarik Wisata Yang Eksotis Wisata Candi BoroBudur
via borobudurpark.com
Wisata ke candi borobudur bisa bermanfaat banyak buat kita. Selain berlibur, sekaligus juga berguru sejarah dan mengagumi hebatnya budaya serta kemampuan leluhur kita dulu.
Kekayaan budaya dan sejarah candi ini sudah di akui dunia, ada baiknya kita mengetahuinya juga ya.
Silahkan simak info seputar borobudur dibawah ini ya. Info yang kami sajikan tidak hanya info wisata candi borobudur saja, tapi juga sejarah dan hal penting lainnya yang perlu kita ketahui.

Sejarah Berdirinya Candi Borobudur

Sejarah berdirinya candi borobudur diperkirakan di sekitar masa tahun 750 Masehi. Candi Borobudur dibangun oleh raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, salah satu dinasti besar dan berkuasa yang pernah ada di Nusantara.
Berdasarkan kajian sejarah, Candi Borobudur peninggalan kerajaan Mataram kuno. (selengkapnya lihat disini).
Candi ini menjadi sentra perkembangan agama Budha ketika itu hingga pada risikonya ditelantarkan. Kemungkinan penyebabnya yaitu lantaran serangkaian letusan gunung Merapi, yang menjadikan penduduk berpindah ke kawasan lain yang lebih aman. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa kawasan ini mulai benar-benar ditinggalkan sehabis agama islam menyebar ke tanah jawa.
Terlantar, alam pun kembali berkuasa. Candi Borobudur ditutupi tanah dan pepohonan sehingga benar-benar menjadi bukit. Meskipun demikian, mitos dan dongeng wacana candi ini tetap hidup di masyarakat.

Penemuan Kembali Candi Borobudur

Saat pulau Jawa ada di bawah kendali Inggris, gubernur jendral Thomas Stamford  Raffles pada tahun 1814 mendapatkan kabar wacana adanya bangunan kuno besar di hutan bersahabat desa Bumisegoro. Raffles lalu mengutus HC cornelius, insinyur belanda, untuk menyelidikinya. Hasilnya memastikan adanya bangunan kuno tersebut.
 Sejarah Dan Daya Tarik Wisata Yang Eksotis Wisata Candi BoroBudur
via gadingmoore.blogspot.co.id
Pejabat Hindia Belanda keresidenan Kedu, Hartmann, meneruskan hal ini ditahun 1835. Berkat pekerjaan pejabat inilah seluruh kepingan bangunan candi mulai terlihat. Hal ini memicu rasa ingin tahu para ilmuwan dunia.
Berbagai penelitian dan proses penggalian terus dilakukan, tapi tidak hingga beres. Pada kurun waktu tertentu, candi borobudur sempat menjadi korban jarahan. Banyak patung dan bagian-bagian lain dari candi ini yang dijual dan dimiliki pihak lain, bahkan dari negara lain.
Proses pemugaran candi borobudur berlangsung terhenti lantaran banyak sekali hal. Sampai pada risikonya tahun 1973, pemerintah Indonesia mengajukan seruan ke dunia internasional untuk pemugaran peninggalan bersejarah ini.
Tahun 1975 hingga dengan 1982, proses pemugaran besar-besaran berlangsung dengan pemberian UNESCO. Setelah renovasi benar-benar selesai, candi borobudur masuk ke dalam daftar situs warisan dunia di tahun 1991.

Daya Tarik Wisata Candi Borobudur

Sekarang, taman wisata candi borobudur menjadi tujuan kawasan wisata favorit di Jawa tengah. Tak hanya sebagai kawasan wisata, peninggalan bersejarah ini juga berfungsi kembali menjadi salah satu kawasan keagamaan dan ziarah agama Budha di Indonesia.
Apa saja sih daya tarik wisata candi Borobudur ini?
Hal pertama, tentu lantaran tempatnya. Kemegahan candi ini memang tiada duanya. Jika anda lihat langsung, akan terasa sekali besarnya bangunan dan keseluruhan area. Berada di ketinggian, keindahan arsitektur dan alam sekitar candi terasa banget.
 Sejarah Dan Daya Tarik Wisata Yang Eksotis Wisata Candi BoroBudur
via: borobudurpark.com
Dua hal mencolok yang eksklusif terlihat ketika wisata ke candi borobudur; banyaknya relief (ukiran dinding) dan Stupa. Selain indahnya kombinasi kedua hal ini, ternyata makna yang tergandung juga dalam banget.
Struktur bangunan Borobudur dibangun dengan memakai gaya mandala. Selain itu juga melambangkan konsep alam semesta dalam kepercayaan budha. Candi ini berbentuk kotak, mempunyai 4 pintu masuk, dan sentra candi yang berbentuk lingkaran.
  1. Kamadhatu. Berupa 160 relief dinding dengan penjelasan Karmawibhangga Sutra (hukum sebab-akibat). Melambangkan alam dunia.
  2. Rupadhatu. Terdiri dari goresan relief dan patung Buddha. Ada kurang lebih 328 patung buddha dengan hiasan relief disini. Melambnagkan alam peralihan, alam dimana insan terbebas dari urusan dunia.
  3. Arupadhatu. Zona ini yaitu zona bulat di sentra candi, berupa tiga serambii yang mengarah ke kubah di kepingan tengah. Area ini tidak ada hiasan relief, menunjukan kemurnian tertinggi.
Pengunjung sanggup naik ke atas candi. Ada baiknya sambil menikmati keindahan sekitar, kita juga mengenali kekayaan budaya peninggalan yang bernilai tinggi ini ya.

Sunrise Di Borobudur

Salah satu daya tarik yang yang banyak banget diincar wisatawan; menikmati sunrise di candi Borobudur. Panorama sunrise di di puncak candi ini sudah banyak diabadikan dan memang indah banget!
 Sejarah Dan Daya Tarik Wisata Yang Eksotis Wisata Candi BoroBudur
 Sejarah Dan Daya Tarik Wisata Yang Eksotis Wisata Candi BoroBudur
Ngga heran kalau banyak wisatawan yang rela tiba di pagi buta untuk menikmati sunrise disini. Sayangnya, paket sunrise di Candi borobudur cukup mahal. Untuk melihat sunrise eksklusif dari candi, harga paket untuk wisatawan domestik Rp 325.000 (dewasa) dan Rp 162.500 (anak-anak), sudah termasuk snack dan minuman.
Tiket bisa dibeli di Manohara hotel langsung, mulai dari pukul 4.30 pagi.

Safari Gajah Borobudur

Safari gajah yaitu salah satu aktifitas unik yang bisa anda lakukan. Tentu sensasinya bakal beda banget bukan? Hanya saja, harga yang dibayar untuk paket safari gajah borobudur cukup terbilang mahal.
Ada banyak sekali paket yang ditawarkan, dengan banyak sekali pilihan durasi waktu dan area yang dikunjungi. Harga mulai dari Rp 250.000/orang.
Jika hanya menunggang gajah, berfoto, atau memberi makan gajah, harganya masih terjangkau. Untuk menunggangi gajah tiketnya mulai dari Rp 50.000/10 menit.
Selain hal diatas, kita juga bisa bersepeda mengitari area, menikmati kuliner dan belanja oleh-oleh, dan bagi keluarga bisa mengitari candi dengan kereta kelinci.

Harga Tiket Masuk Borobudur

Harga tiket masuk candi borobudur untuk wisatawan domestik yaitu sebagai berikut;
Tiket Perorangan
  • TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur ; usia diatas 10 tahun Rp 40.000. Usia 3-10 tahun Rp 20.000
  • Paket TWC Borobudur, Pawon, dan Mendut ; usia diatas 10 tahun Rp 60.000. Usia 3-10 tahun Rp 30.000
Sudah termasuk asuransi Rp 500.
Tiket Rombongan
  • TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur  Rp 20.000
  • Paket TWC Borobudur, Pawon, dan Mendut Rp 30.000
Sudah termasuk asuransi. Harga berlaku untuk rombongan pelajar dan mahasiswa dengan surat pengantar dari sekolah/universitas).
Tiket Paket Terusan
  • Candi Borobudur – Candi Ratu Boko ; diatas 10 tahun Rp 75.000. 3-10 tahun Rp 35.000
  • Candi borobudur – Prambanan ; diatas 10 tahun Rp 75.000. 3-10 tahun Rp 35.000
  • Candi borobudur – sendratari ramayana (kelas II) . Diatas 10 tahun Rp 150.000. 3-10 tahun Rp 135.000

Jalan Menuju Candi Borobudur

Untuk menuju ke Candi Borobudur dari Yogyakarta, anda harus menuju ke terminal bis Jombor. Dari sana bisa naik eksklusif bis jurusan borobudur.
Jika dari bandara Adisucipto, bisa eksklusif memakai bis DAMRI eksklusif tanpa harus ke terminal Jombor terlebih dulu.
Menggunakan kendaraan pribadi dari Yogyakarta, gunakan rute jalan yogya – terminal Jombor – Magelang – pertigaan palbapang – belok kiri ke arah Borobudur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Candi Borobudur"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel