Candi Banyunibo Dan Dongeng Sejarahnya Yang Menarik

Candi Banyunibo di Yogyakarta yakni sebuah komplek candi Buddha yang juga termasuk daerah wisata. Nama candi tersebut diambil dari bahasa Jawa, kata banyu yakni air, dan kata nibo diambil dari kata tibo yang berarti jatuh. Apabila diartikan keseluruhan, candi ini mempunyai makna yaitu air yang jatuh. Dengan segudang ceritanya yang dimilki candi ini juga menjadi salah satu candi yang wajib dikunjungi.


 Candi dengan Segudang Cerita Menariknya


 di Yogyakarta yakni sebuah komplek candi Buddha yang juga termasuk daerah wisata Candi Banyunibo dan Cerita Sejarahnya Yang Menarik


Promo : Paket Wisata Jogja 2020


Jika Anda tiba atau berkunjung ke candi yang telah didirikan dari era ke-9 ini, Anda akan mencicipi liburan yang tidak hanya seru dan menyenangkan namun juga mengedukasi. Selain sanggup mengabadikan foto di setiap spotnya yang bagus, Anda juga sanggup melihat pemandangan serta mempelajari sejarah candi dengan seksama. Maka dari itu ada beberapa hal menarik yang sanggup Anda temukan di candi ini.


Hal Menarik


Sejarah


Sejarahnya, Candi Banyunibo awalnya ditemukan dalam kondisi tidak utuh yang berupa reruntuhan kerikil saja. Penelitian dan proses penelitian mulai dilakukan pada tahun 1940-an dan dilanjutkan ke proses penyusunan yang telah dilakukan pada tahun 1943.


Candi yang diketahui telah dibangun sekitaran era ke-9 ini pada  era Kerajaan Mataram Kuno di pugar dengan sistem bertahap. Pada tahapan pertama mulai dilakukan untuk menuntaskan sisi alas, kaki, tubuh, pelataran serta serpihan pagar candi yang di utara. Tahap pemugaran kedua dilaksanakan pada tahun 1976 untuk menuntaskan atap, stupa puncak candi utama. Pemugaran simpulan pada 1978.


Asal Usul Nama Candi


 di Yogyakarta yakni sebuah komplek candi Buddha yang juga termasuk daerah wisata Candi Banyunibo dan Cerita Sejarahnya Yang Menarik
Pemandangan sekitar candi

Banyunibo terdiri dari dua suku kata yaitu “banyu” dan “tibo” diambil dari Bahasa Jawa yang mempunyai arti air dan jatuh. Bila digabungkan menjadi Banyunibo yang berarti air yang jatuh atau menetes. Konon penamaan candi tersebut disebabkan oleh banyaknya ornamen yang terlihat hampir di semua serpihan pada candi.


Dari warga sekitar, candi tersebut sering dikenal disebut dengan sebutan “Si Sebatang Kara Banyunibo” lantaran keberadaannya terpisah dari candi lainnya. Candi yang terlihat kokoh ini semakin megah apabila dilihat dari jauh. Akan tetapi, kalau Anda lihat dari bersahabat daerah candi ini sangat kecil apabila dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.


Pada serpihan utama candi sekelilingnya terdapat beberapa stupa di permukaan tanah, dan  bahkan dasar-dasar bongkahan candi yaang orisinil sanggup Anda lihat secara langsung. Stupa yang disusun sejajar dengan masing-masing terdiri dari tiga stupa pada serpihan selatan dan juga timur.


Bentuk bangunan candi ini melengkung dengan dihiasi oleh beberapa stupa soliter. Menurut kepercayaan, atapnya yang melengkung merupakan lambang dari bunga teratai, namun sebagian peneliti menyatakan bahwa bentuk ini menggambarkan atap serat ijuk yang biasa ditemukan pada desain arsitek Jawa Kuno.


” Baca Juga: Candi Prambanan dan Kisah Abadinya” 


Fasilitas


Fasilitas penunjang di daerah candi ini sudah terbilang memadai, fasilitas-fasilitas yang tersedia memang diperuntukan ke para pengunjung biar wisata tetap merasa nyaman ketika sedang berada di daerah candi. Berikut beberapa kemudahan yang tersedia :



  • Toilet umum yang higienis dan nyaman

  • Area parkir yang luas

  • Tersedia papan informasi untuk para wisatawan

  • Terdapat kursi-kursi untuk wisatawan beristirahat


Harga Tiket dan Parkir


Harga tiket masuk candi tergolong murah, untuk Anda yang akan melaksanakan wisata sejarah, candi tersebut sanggup menjadi pilihan utama, yang dimana Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000/orang dan untuk wisatawan juga diberlakukan dengan biaya yang sama tidak lebih mahal atau lebih murah.


Untuk harga parkir  kendaraan, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk motor atau kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan kendaraan beroda empat atau sejenisnya.


Lokasi Candi



Kawasan wisata sejarah Candi Banyunibo berada di Dusen Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sebuah candi yang letaknya di sebuah lembah kecil ini di kelilingi oleh sawah yang keberadaan tidak jauh dari Taman Arkeologi Ratu Boko sekitaran 2 km ke arah timur.


Rute


Rute menuju daerah wisata candi ini cukup mudah. Apabila memulai perjalan dari Kota Yogyakarta, lokasi candi sanggup ditempuh dengan waktu kurang lebih 35 menit berkendara normal. Menggunakan rute tercepat dengan melalui Jalan Laksda Adisujipto menuju ke Jalan Raya Solo – Yogyakarta kemudian ambil Jalan Opak VIII di Jirak.


Tahap berikutnya Anda hanya melanjutkan perjalan ke Jalan Prambanan kemudian belok ke Jalan Prambanan dan masih di Jalan Ratu Boko hingga Anda hingga ke lokasai candi. Jika ingin memakai transportasi umum, silahkan gunakan Transjogja dengan KOR-1A, bus tersebut akan menghantarkan Anda hingga ke lokasi dengan akan membutuhkan waktu 70-90 menit perjalanan.


Tips berwisata


Agar perjalana wisata Anda tetap seru dan menyenangkan, disini terdapat beberapa tips yang perlu Anda persiapkan dan lakukan.



  1. Membawa kendaraan pribadi biar lebih cepat hingga dan gampang untuk mengakses lokasi candi atau wisata lain yang ada di dekatnya.

  2. Datang dengan kondisi fit

  3. Membawa payung, topi, dan kacamata hitam apabila tiba pada siang hari.

  4. Menggunakan pakaian yang nyaman

  5. Menggunakan bantalan kaki yang cocok dibawa berjalan dan nyaman

  6. Membawa air mineral

  7. Menjaga kebersihan lingkungan


Penutup


Paket wisata Jogja hadir dengan banyak sekali jenis tempat wisata terbaik. Sebagai wisatawan yang gres pertama kali tiba ke Jogja, akan mendapat layanan perjalanan yang menyenangkan. Bukan hanya tempatnya yang menarik. Lebih dari itu pelayanan yang dihadirkan juga sangat lengkap.


Dengan segala kenyamanan yang dihadirkan tersebut, para wisatawan akan mendapat layanan perjalanan terbaik. Kami mempunyai beberapa rekomendasi paket wisata yang sanggup Anda jadikan sebagai sobat ketika melaksanakan perjalanan. Berikut ini beberapa pilihan paket yang mungkin sanggup Anda jadikan sebagai pilihan.



Itulah beberapa ulasan singkat mengenai Candi Banyunibo yang ada di Kota Yogyakarta, serta rekomendasi paket wisata Jogja terbaik. semoga dengan artikel ini sanggup menamabah wawasan Anda wacana destinasi wisata khususnya wisata sejarah candi.



Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Candi Banyunibo Dan Dongeng Sejarahnya Yang Menarik"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel