Candi Ijo Dan Pemandangannya Yang Menarik

Candi dengan Sejarah yang Menarik


Selain dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga menyimpan banyak sekali sejarah yang menarik. Tidak mengherankan kalau dari waktu ke waktu semakin bermunculan tempat-tempat bersajarah menarik di Kota Jogja. Candi Ijo salah satunya. Candi yang berada di ujung timur kota Jogja ini juga menjadi salah satu spot favorit para penikmat senja. Semakin ingin tau dengan hal-hal menariknya? Simak terus ulasan berikut ini.



 Daya Tarik


 Jogja juga menyimpan banyak sekali sejarah yang menarik Candi Ijo dan Pemandangannya yang Menarik
Spot foto menarik

Sebelum membahas daya tariknya, kita mulai dari sejarahnya terlebih dahulu.  Candi yang bercorak Hindu ini mulai dibangun pada masa 10 hingga 11 ketika pemerintahan Kerajaan Medang. Selain usianya yang sudah tua, Candi satu ini juga dikenal sebagai candi tertinggi. Mengingat lokasinya yang berada di atas bukit serta mempunyai ketinggian 357,402 mdpl hingga 395,481 mdpl.


Kemudian mengenai struktur bangunannya, secara keseluruhan Candi Ijo terdiri atas 17 bangunan yang kemudian dibagi dalam 11 teras berundak. Bagian teras yang pertama dipakai sebagai pintu masuk. Kemudian pada bab pintu gerbang candinya terdapat teras berundak pada wilayah barat dan timur. Di sisi lain, pada bab teras ke 11 terdapat sebuah pagar yang menutupi candi dari bab luar. Bukan hanya itu saja, ada bangunan lain ialah 3 buah perwara, 4 candi utama serta 8 lingga patok.


Lokasi candi yang berada di atas ketinggian ternyata semakin menambah daya tarik. Saat Anda berkunjung, Anda akan menjumpai pemandangan lain yang tidak dimiliki oleh candi-candi lain. Panorama kota Jogja yang indah dan menarik tentu menjadi daya tarik tersendiri. Menariknya lagi, dari atas ketinggian tersebut Anda sanggup melihat landasan pacu bandara Adisucipto sehingga Anda akan melihat ketika pesawat sedang take off atau landing.


Selain menyodorkan bangunan yang gagah dari atas ketinggian, Candi satu ini juga menjadi salah satu daerah berburu sunset yang indah. Tidak mengherankan kalau banyak sekali para pengunjung yang tiba untuk menikmati sunset dari atas ketinggian.


Baca Juga : Menikmati Sunset di Candi Ratu Boko


Lokasi Candi



Mengenai lokasinya, candi yang berada di atas ketinggian ini terletak di sebelah barat Kota Jogja dan berbatasn pribadi dengan Kota Klaten. Meskipun terbilang cukup jauh, namun Anda tidak akan menyesal ketika datang. Terutama ketika menjelang terbenamnya matahari.


Mengenai alamat tepatnya,  berada di Dusun Groyojan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupatan Sleman, DIY.


Rute Menuju Candi


Mengingat lokasinya yang berada di atas ketinggian, tidak mengherankan kalau diharapkan perjalanan yang sedikit menantang. Sepanjang perjalanan, Anda akan mejumpai beberapa tanjakkan yang tidak mengecewakan curam. Dengan demikian, disarankan untuk selalu melaksanakan pengecekan kendaraan sebelum tiba ke Candi di Jogja satu ini. Mengenai kondisi jalannya, sudah terbilang cukup baik meskipun terdapat beberapa jalan yang masih bergelombang.


Jika Anda melaksanakan perjalanan dari Kota Jogja, silahkan Anda perjelanan dengan rute Jogja – Solo. Sesampainya di pertigaan Candi Prambanan ambil arah kanan atau sanggup juga dengan mengambil rute perjalanan kea rah timur hingga hingga di jalan Prambanan – Piyungan. Lakukan perjalanan hingga hingga di papan nama bertuliskan Candi Ijo. Ambil belokan kiri dan ikuti terus perjalanan hingga ke lokasi.


Harga Tiket Masuk


 Jogja juga menyimpan banyak sekali sejarah yang menarik Candi Ijo dan Pemandangannya yang Menarik
Halaman candi

Mengenai harga tiket masuknya masih sangat terjangkau. Dengan biaya sebesar Rp. 5.000 Anda sudah sanggup menikmati banyak sekali keindahan yang menarik. Kemudian kalau Anda memakai kendaran roda dua, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 dan kalau memakai kendaraan roda empat maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000.


Fasilitas


Demi menunjang kenyamanan para wisatawan, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa kemudahan seperti:



  • Pos penjagaan

  • Mushola

  • Toilet

  • Warung makan

  • Pos satpam

  • Spot foto

  • Gazebo

  • Papan informasi candi


Jam Operasional Candi


Candi dengan pemandangan sunset yang menarik ini sanggup Anda kunjungi setiap hari dari Senin hingga Minggu mulai jam 06.00 WIB hingga jam 18.00 WIB.


Tips Berkunjung


 Jogja juga menyimpan banyak sekali sejarah yang menarik Candi Ijo dan Pemandangannya yang Menarik



  1. Untuk menghindari terik matahari, kami sarankan berkunjung pada pagi hari dan sore hari

  2. Untuk sanggup menikmati pemandangan, silahkan Anda berkunjung pada trend hujan

  3. Hati-hati ketika menempuh perjalanan, mengingat medannya cukup berat dan ada beberapa jalan yang belum rata


Itulah beberapa infomasi mengenai Candi Ijo. Untuk Anda yang ingin tau dengan pemandangan sunsetnya, pribadi saja agendakan liburan Anda kini juga.




Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Candi Ijo Dan Pemandangannya Yang Menarik"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel