Embung Nglanggeran: Eksotisme Embung Buatan Di Atas Bukit

IsJogja – Embung Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul merupakan salah satu objek wisata gres yang dikembangkan oleh pemerintah setempat. Awalnya, Nglanggeran hanyalah sebuah bukit, namun berkat tugas masyarakat yang didukung oleh pemerintah, bukit ini diubah menjadi sebuah embung yang berada tepat di puncaknya.


Seperti Apa Embung Nglanggeran?


 Embung Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul merupakan salah satu objek wisata gres yan Embung Nglanggeran: Eksotisme Embung Buatan di Atas Bukit

Embung Nglanggeran


 Embung Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul merupakan salah satu objek wisata gres yan Embung Nglanggeran: Eksotisme Embung Buatan di Atas Bukit

Embung Nglanggeran


Istilah embung berasal dari bahasa Jawa yang artinya telaga buatan. Kaprikornus Embung Nglanggeran sebetulnya merupakan sebuah telaga buatan yang dirancang untuk mengairi kebun buah yang berada disekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Namun alasannya yaitu letaknya yang strategis dan pemandangan sekitarnya yang menarik , Embung Nglanggeran ini juga dimanfaatkan sebagai objek wisata yang bisa menarik perhatian masyarakat Jogja maupun luar Jogja.


Embung Nglanggeran diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 19 Februari 2013. Meskipun tergolong baru, namun kombinasi dari hawa yang sejuk dan pesona gunung api purba nglanggeran yang menakjubkan membuatnya cepat mendapat respon kasatmata dari masyarakat .


 Embung Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul merupakan salah satu objek wisata gres yan Embung Nglanggeran: Eksotisme Embung Buatan di Atas Bukit

Embung Nglanggeran


Untuk mencapai Embung Nglanggeran, kau harus menaiki puluhan tangga yang berkelok-kelok, namun kelelahan itu akan terbayar ketika datang di atas. disana, Mata para pengunjung akan disuguhi dengan indahnya danau buatan yang dikelilingi dengan bukit yang hijau dan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan pikiran serta dimanjakan dengan pemandangan kerikil raksasa pada Gunung Api Purba Nglanggeran. Jika para pengunjung merasa lelah, mereka bisa bersantai di gazebo yang telah disediakan.


Lokasi dan Rute


Embung Nglanggeran terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Tempat ini berjarak 2 km dari base-camp Gunung Api Purba Nglanggeran. Jika para pengunjung ingin mengunjungi kawasan ini, lebih baik memakai kendaraan pribadi. Atau kau juga bisa menyewa kendaraan beroda empat atau motor alasannya yaitu angkutan umum tidak melayani rute sampai Embung Nglanggeran.


Bagi para pengunjung yang berdomisili di Sleman maupun kota Jogja, mungkin hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk datang di kawasan ini. Kamu harus melewati Jalan Jogja – Wonosari sampai datang di Indomaret Piyungan yang berlokasi sebelum naik ke gunung dan sebelum melewati Bukit Bintang. Dari Indomaret Piyungan, dibutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk datang di Embung Nglanggeran. Jangan khawatir tersesat ketika ingin menuju kawasan ini, alasannya yaitu di sepanjang jalan menuju Embung ini telah terpasang terperinci petunjuk arahnya.


Ada Apa Aja di Sini?


Selain dimanjakan dengan keindahan Embung yang cukup luas dengan dikelilingi pemandangan Gunung Api Purba yang bisa terlihat jelas. Embung Nglanggeran menyediakan aneka macam macam akomodasi yang tidak mengecewakan anggun bagi para pengunjung, berikut penjelasannya:



  1. Tangga sebagai saluran menuju Embung yang tertata rapi dan cukup kondusif sehingga kau tidak perlu khawatir akan keselamatanmu. Selain itu, anak tangga yang dipakai sebagai saluran satu-satunya menuju embung ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga kondusif bagi para pengunjung.

  2. Kamu bisa dengan gampang memarkirkan kendaraan alasannya yaitu tersedianya lahan parkir yang luas dan tertata rapi.

  3. Embung ini juga menyediakan mushola yang higienis dan nyaman untuk dipakai sebagai kawasan ibadah.

  4. Para pengunjung bisa memakai kamar mandi yang higienis dan gampang dijangkau

  5. Jika merasa lapar, silahkan merasakan masakan yang tersedia di warung maupun rumah makan yang terletak tidak jauh dari Embung.

  6. Jika merasa lelah, kau bisa beristirahat di pendopo yang cukup luas dan nyaman.


Jam Buka dan Harga Tiket Embung Nglanggeran


Embung Nglanggeran buka setap hari selama 24 jam. Biaya retribusi untuk memasuki Embung Nglanggeran sudah satu paket dengan asuransi dan parkir kendaraan. Para pengunjung hanya tinggal membayar Rp 7.000,00/ orang. Cukup murah bukan untuk menikmati pemandangan seindah ini?


Tips Asyik Berwisata Ke Embung Nglanggeran


Embung Nglanggeran merupakan salah satu objenk wisata yang mempunyai banyak spot indah untuk berfoto-foto. Lebih baik para pengunjung memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk berlibur di kawasan ini:



  1. Cuaca

    Hal yang pertama-tama harus kau perhatikan yaitu cuaca. Lebih baik kunjungi kawasan wisata ini ketika cuaca cerah dan mendukung alasannya yaitu liburan Anda akan terganggu ketika hujan turun di sekitar Embung.



  1. Waktu

    Jika kau yaitu penggila foto, pilihlah waktu yang tepat biar hasil bidikanmu semakin sempurna. Waktu yang tepat untuk mengambil foto di kawasan ini yaitu ketika menjelang sunset karena matahari dan warna langit akan terlihat sangat indah.



  1. Kendaraan

    Cuaca dan Waktu yang tepat tidaklah cukup untuk menjadi bekal liburanmu ke Embung Nglanggeran. Pastikan keadaaan kendaraan pribadimu cukup prima sehingga bisa menaklukkan medan yang terjal. Ingat, para pengunjung diperlukan untuk selalu berhati-hati alasannya yaitu kondisi jalan yang berkelok-kelok.


Demikian informasi singkat mengenai salah satu kawasan wisata di Jogja yang menjadi favorit masyarakat Jogja dan luar Jogja. Luangkanlah sejenak waktumu untuk menikmati pesona Embung Nglanggeran yang pastinya tidak bisa kau dapatkan di kawasan lain.



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Embung Nglanggeran: Eksotisme Embung Buatan Di Atas Bukit"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel