Candi Prambanan Dan Cerita Abadinya

Candi Prambanan merupakan candi tercantik dan tertinggi yang ada di dunia lain halnya dengan Candi Borobudur yang merupakan candi terbesar di dunia. Prambanan sendiri berasal dari belahan kata Para dan Brahma yang berarti Agung.



Candi yang dipersembahkan untuk 3 Dewa


Candi tersebut dibangun pada masa ke 9 masehi dari Dinasti Sanjaya oleh Rakai Pikatan yang dipersembahkan untuk 3 tuhan utama agama Hindu yakni Brahma Dewa Pencipta, Siwa Dewa Pemusnah, Wishnu Dewa Pemelihara. Hingga ketika ini semakin banyak wisatawan yang berkunjung lantaran daya tarik dari sejarah candi tersebut.


Hal Menarik


 merupakan candi tercantik dan tertinggi yang ada di dunia lain halnya dengan Candi Borobu Candi Prambanan dan Kisah Abadinya
Halaman Candi

1. Sejarah Candi


Sejarah singkat dari Candi Prambanan yang dibangun pada masa ke 9 masehi. Ditujukan untuk ke tiga tuhan utama dari agama Hindu (Trimurti) yakni Dewa Brahma, Dewa Wihsnu, dan Dewa Siwa. Perlu Anda ketahui bahwa candi tersebur lebih diperuntukan ke Dewa Siwa untuk memuja sang tuhan sebagai tuhan pemusnah, lantaran pada bangunan candi utama terdapat patung tuhan Siwa yang tingginya sampai 3 meter.


Candi ini berdasarkan prasasti Siwagrha sudah mulai dibangun sekitaran tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan lalu diteruskan dan dikembangkan oleh Balitung Maha Sambu di masa kerajaan Medang Mataram.


Rakai Pikatan sendiri merupakan Raja dari Mataram Kuno. Kerajaan Mataram Kuno juga biasa dikenal dengan Medang I Bhumi Mataram, Mataram I, Mataram Hindu atau Mataram Lama, menjadi sebuah nama kerajaan yang mempunyai latarbelakang Hindu-Buddha di wilayah Jawa Tengah pada masa ke 9 sampai masa ke 10 Masehi.


2. Mitos Candi


Mitos dari candi tersebut yang sangat populer yakni mengenai dongeng rakyat wacana Roro Jonggrang. Roro Jonggrang sendiri digambarkan sebagai sosok putri yang bagus lalu ia dilamar oleh seorang pangeran yang berjulukan Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang sendiri memberi syarat untuk sanggup meminangnya dengan menyebarkan 1000 candi dalam waktu semalam.


Meski sudah ditolong dengan proteksi jin untuk membangun candi, namun Bandung Bondowoso tetap gagal lantaran Roro Jonggrang menciptakan ayam berkokok lebih cepat yang dimana juga ditandai bahwa hari sudah pagi dan waktu yang diberikan sudah habis.


Dengan dongeng rakyat itu alhasil menjadikan mitos lain yang semakin berkembang di indera pendengaran para wisatawan yakni, apabila sepasang kekasih tiba candi tersebut gotong royong konon kekerabatan mereka tidak akan kekal alias putus. Percaya tidak percaya hal tersebut sanggup kita jadikan sebuah hiburan atau perhiasan untuk menikmati keindahan candi yang penuh akan sejarah ini.


Fasilitas


 merupakan candi tercantik dan tertinggi yang ada di dunia lain halnya dengan Candi Borobu Candi Prambanan dan Kisah AbadinyaSama halnya dengan beberapa daftar candi di Jogja lainnya. Fasilitas di wisata Prambanan begitu lengkap, ibarat Bioskop 4D, atraksi memanah, dan spot foto. Disini juga dilengkapi akomodasi umum mulai dari area parkir kendaraan, toilet atau WC umum, sentra informasi, warung souvenir, restoran, masjid dll.


Terdapat juga akomodasi lain termasuk kereta wisata, penyewaan sepeda, golf cart, guide, area taman bermain anak. Tersedia juga bangunan berupa panggung terbuka serta gedung trimurti untuk menyaksikan Sendratari Ramayana di Prambanan. Untuk penginapan, begitu banyak macam penginapan di Prambanan ibarat guest house, homestay, hotel atau varian lainnya.


Harga Tiket Masuk


 merupakan candi tercantik dan tertinggi yang ada di dunia lain halnya dengan Candi Borobu Candi Prambanan dan Kisah Abadinya
Sunrise di Candi

Harta tiket masuk daerah Candi Prambanan terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya :



  1. Harga tiket masuk untuk wisatawan dalam negeri Rp 40.000/orang (dewasa) dan Rp 20.000 (anak-anak 3-10)

  2. Harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara Rp 350.000/orang (dewasa) dan RP 175.000 (anak-anak 3-10)


Untuk harga tiket rombongan minimal 20 orang pelajar atau mahasiswa harus memakai surat pengantar dari kampus atau sekolah. Tiket rombongan akan dikenakan biaya Rp 20.000/orang.


Selain dari tiket masuk, dikawasan candi juga menyediakan lahan parkir yang dimana pengunjung yang membawa kendara motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 dan Rp 10.000 untuk mobil.


Lokasi dan Rute



Rute menuju candi di Jogja satu ini tidaklah sulit. Hanya berjarak 16 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 35 menit kendaraan normal. Bila memakai transportasi umum, Anda sanggup memakai Bus Transjogja A1, sanggup memulai dari halte di Malioboro, Terminal Giwangan atau bahkan dari Bandara Adisutjipto.


Untuk Anda yang memakai kendaraan pribadi menuju lokasi candi, Anda sanggup memulai perjalanan dengan pribadi mengarah ke Jalan Raya Solo-Yogyakarta yang sanggup Anda saluran dari jalur lingkar luar atau lingkar dalam kota melewati jalan Laksda Adisujipto. Kawasan wisata candi tersebut terletak di kilometer 16 jalan Solo-Yogya di kiri jalan atau sisi utara jalan raya.


Tips Berwisata


 merupakan candi tercantik dan tertinggi yang ada di dunia lain halnya dengan Candi Borobu Candi Prambanan dan Kisah AbadinyaSebelum Anda tetapkan untuk berlibur ke Candi Prambanan, sebaiknya perlu diketahui apa saja kebutuhan atau keperluan yang harus Anda siapkan ketika berlibur.



  • Mempersiapkan uang yang cukup untuk membeli tiket masuk, parkir sampai bekal

  • Apabila Anda tiba bersama keluarga, dihimbau untuk tidak membawa masakan besar dari luar candi ibarat nasi lauk dan sayur-sayurnya lantaran ketika ini hal tersebut sudah dilarang.

  • Bekal yang diperbolehkan masuk ke daerah candi adalah air mineral, Anda sanggup membawa air minum Anda dengan tupper ware atau membeli air minum di warung.

  • Menggunakan kacamata, kalau tiba di siang hari biasanya matahari sedang terik-teriknya.

  • Membawa payung semoga melindungi kepala serta tubuh dari terik matahari atau jaga-jaga apabila terjadi hujan ketika sedang berada di daerah candi.

  • Membawa kamera bagi yang ingin mengabadikan moment.

  • Menjaga kebersihan dan jangan merusak akomodasi yang ada.

  • Jangan menciptakan kegaduhan.


Penutup


Paket tour di Jogja mempunyai banyak sekali tempat wisata yang sangat direkomendasikan. Hal itu sudah niscaya dengan biaya yang murah serta terjangkau. Anda sanggup dengan gampang menentukan daftar tempar wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada satu hal yang harus diperhatikan. Ketika memilih, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Pasalnya, setiap paket wisata Jogja hadir dengan banyak sekali rekomendasi tempat yang tentunya manarik.


Ngomong – ngomong soal paket tour di Jogja, sudah niscaya tiap orang ingin mendapat harga yang murah dan akomodasi terbaik ketika merencanakan perjalanan liburan ke Kota Jogja. Berikut ini, beberapa jenis paket wisata yaang kami rekomendasikan untuk Anda semua.



Demikianlah artikel singkat mengenai Candi Prambanan yang berada Kota Yogyakarta, Sleman. Semoga ulasan ini sanggup menjadi refrensi bagi Anda di lalu hari.




Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Candi Prambanan Dan Cerita Abadinya"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel