Candi Sambisari

Candi dengan Kisah Tersembunyi yang Menarik


Candi di Jogja memang banyak tempatnya. Selain Candi Borobudur yang merupakan Candi Terbesar, Kota Jogja juga mempunyai daftar candi lain yang tak kalah menarik. Candi Sambisari. Belum usang ini, Candi satu ini sempat viral di Sosial Media. Salah satunya alasannya ialah spot foto yang menarik dan instagramable. Untuk Anda yang belum pernah berkunjung, berikut ini kami hadirkan beberapa ulasan menariknya.


 Sejarah Penemuan Candi yang Menarik


Candi dengan Kisah Tersembunyi yang Menarik Candi Sambisari
Spot foto instagramable

Setelah berabad-abad terkubur di dalam tanah, Candi Sambisari akibatnya ditemukan oleh seorang petani. Meskipun demikian, pesonanya juga tak pudar. Tidak mengherankan jikalau hingga kini candi dengan permukaan yang lebih rendah dari permukaan tanah ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan.


Pada waktu itu Karyowinangun yang tengah mencangkul sawahnya tidak sengaja membentur cangkulnya pada bongkahan kerikil yang dipahat pada bab permukaannya. Hingga akhirnya, diteliti oleh Dinas Purbakala dan berhasil dikehatui jikalau kompenan kerikil tersebut merupakan bangunan candi. Pada akhirnya, dilakukan eskavasi atau penggalian lanjut.


Penggalian dan penelitian kurang lebih memakan waktu selama 3 windu. Meskipun sudah ditemukan semenjak tahun 1966, namun proses pemugaran gres selesai pada tahun 1987. Sesuai dengan nama ditemukannya, Candi ini kemudian diberi nama Candi Sambisari. Msekipun belum sanggup diketahui secara niscaya mengenai sejarahnya, namun jikalau dilihat dari arsitektur bangunannyam Candi ini mulai dibangun pada tahun 812 hingga 838 M.


Baca Juga : Daftar Candi di Jogja dengan Spot Foto Instagramable


Beberapa Aktivitas Menarik


Candi dengan Kisah Tersembunyi yang Menarik Candi Sambisari1. Mempelajari Jejak Sejarah dari Dinding Candi serta Museum


Untuk Anda yang bahagia berguru sejarah, berkeliling di sekitar Candi Sambisari merupakan acara yang sangat menarik. Anda sanggup melihat detail arsitekturnya. Pada bab kompleks candi Anda akan menjumpai banyak sekali relung yang didalamnya berii arca. Mulai dari Arca Dewi Durga, Arca Ganesha dan juga Arca Agastya.


Tidak berhenti hingga disitu saja, di dalam bangunan juga terdapat Lingga dan Yoni yang tidak lain merupakan simbol pemujaan kepada Dewa Syiwa. Di bersahabat candi terdapat sebuah museum yang sanggup Anda gunakan sebagai ruang informasi. Dari dalam museum Anda akan menjumpai banyak sekali foto bersejarah. Mulai dari foto lingkungan sawah milik Petani Karyowinangun, foto proses penyelamatan candi dan banyak sekali foto menarik lainnya terkait dengan bangunan bersejarah satu ini.


2. Hunting Foto Menarik


Banyaknya wisatawan yang berkunjung salah satunya alasannya ialah bangunan candi yang menarik dan instagramable. Bukan hanya bangunannya saja, lebih dari itu, di sekitar candi terdapat hampaean rumput yang ditat rapi sehingga semakin menarik jikalau dipakai sebagai spot foro. Sekilas, lokasi candi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melaksanakan pre wedding atau melaksanakan sesi foto lainnya.


3. Menikmati Pemandangan Terbenam


Akhir-akhir gres ramai orang berburu pemandangan senja. Jika Anda merupakan salah satunya, maka tiba ke Sambisari merupakan pilihan yang tepat. Setelah puas menikmati pemandangan sekitar, silahkan Anda bersantai sembari menunggu matahari terbenam. Keberadaan tanamana yang luas dengan rerumputan hijau tertata rapi. Sangat menyenangkan sekali merebahkan tubuh sembari menunggu matahari terbenam.


Lokasi dan Rute Menuju Candi



Meskipun lokasinya berada di desa, namun jalan masuk menuju ke lokasi sudah cukup bagus. Lokasinyapun juga bersahabat dengan wisata candi di Jogja lainnya. Mengenai alamat lengkapnya berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartsani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY.


Untuk rutenya, Anda sanggup menempuh dengan melewati jalan raya Jogja -Solo. Silahkan Anda ikuti terus rutenya hingga melihat gerbang Angkatan Akademi Udara (AAU). Ambil rut eke arah kiri dan ikuti terus jalannya hingga hingga di Candi Sambisari. Selain mengikuti rute Jogja – Solo, Anda juga sanggup menempuh rute melalui Jalan Raya Tajem.


Dibutuhkan jarak tempuh kurang lebih 12 KM dari arah kota Jogja. Jika Anda memakai kendaraan bermotor, kurang lebih sekitar 30 menit.


Harga Tiket Masuk dan Parkir


Candi dengan Kisah Tersembunyi yang Menarik Candi SambisariUntuk sanggup menikmati pemandangan yang dihadirkan, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja setiap orangnya. Sedangkan mengenai harga tiket parkirnya, untuk kendaraan bermotor roda dua  dikenakan biaya parkir Rp. 2.000 dan untuk kendaraan beroda empat dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.


Fasilitas


Demi kenyamanan wisatawan, pihak pengelola sudah menyiapkan banyak sekali akomodasi lengkap untuk para wisatawan seperti:



  • Musholla

  • Ruang informasi

  • Papan informasi

  • Gazebo

  • Toilet

  • Tempat parkir


Bagaimana, sudah siap menikmati pemandangan Candi Sambisari yang menarik? Langsung saja agendakan liburan Anda kini juga. Jangan lupa, pesan paket wisata Jogja untuk perjalanan yang lebih menyenangkan.




Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Candi Sambisari"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel