Tebing Breksi – Kekayaan Geologis Yang Jadi Daerah Wisata Nge-Hits

IsJogja – Tebing Breksi memang masih baru. Pendirian secara resminya semenjak pertengahan tahun 2015. Sebelum itu, wilayah ini merupakan area tambang yang telah usang ditinggalkan. Namun masyarakat sekitar yang terkenal kreatif, memanfaatkannya menjadi sebuah tempat wisata eksotik. Dan memang benar, lantaran kreatifitas mereka, salah satu kekayaan geologis ini disulap menjadi tempat wisata nge-hits di Yogayakarta.


Seperti Apa Tempatnya?


 Pendirian secara resminya semenjak pertengahan tahun  Tebing Breksi – Kekayaan Geologis yang Kaprikornus Tempat Wisata Nge-Hits

tebing breksi sore


Bayangkan saja sebuah tempat dengan pemandangan tebing bekas penambangan di mana-mana. Dampak penambangan memang meninggalkan banyak bekas tersendiri, namun Di daerah ini, hal itu dimanfaatkan dengan cara membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di jogja. Bekas-bekas tersebut semakin diperhalus biar menjadi menarik. Tebing-tebingnya dibentuk menjadi anak tangga yang tinggi sehingga kau kini sanggup berjalan menuju ke puncak. Pemandangan di puncak tebing sangatlah mengagumkan. Kamu Bisa melihat indahnya kota Yogyakarta, banyak sekali candi di sekitar hingga pemandangan alam lainnya.


 Pendirian secara resminya semenjak pertengahan tahun  Tebing Breksi – Kekayaan Geologis yang Kaprikornus Tempat Wisata Nge-Hits

tebing breksi malam hari


Tebing Breksi dulunya merupakan endapan dari bubuk vulkanik gunung nglanggeran yang kaya akan batuan kapur breksi. Warga kemudian mengambil manfaat ekonomi dari batuan tersebut dan menjadikanya sebagai daerah pertambangan. Namun beberapa tahun yang lalu pemerintah Yogyakarta menyebabkan daerah ini sebagai salah satu cagar alam yang harus dilindungi, Oleh alasannya ialah itu kini tempat ini menjadi kawasan wisata yang diberi nama Tebing Breksi.


Tebing Breksi semakin mempesona berkat santunan dan kepedulian masyarakat. Selain menciptakan anak tangga, mereka juga mengizinkan seniman kreatif lainya untuk menciptakan goresan di sepanjang dinding tebing. Dari goresan berbentuk orang, abstrak, hingga wayang pun ada di sana.



Lokasi dan Rute Tebing Breksi


Lokasi tempat ini ialah di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, tinggal mengikuti penunjuk jalan ke Candi Prambanan atau Candi Ijo. Bila dari kota Yogyakarta, terus saja melewati jalan utama menuju Prambanan. Tiba di pertigan Pasar Prambanan, pilihlah jalan menuju Piyungan. Terus saja hingga mendapati Candi Ijo, dan belok ke kiri sebelum SDN Sambirejo. Dari situ tinggal lurus saja sekitar satu kilometer. Bersiaplah untuk menempuh petualangan, lantaran dari sini, jalan menuju ke sana tidaklah mulus.


Ada Apa Aja di Sini?


 Pendirian secara resminya semenjak pertengahan tahun  Tebing Breksi – Kekayaan Geologis yang Kaprikornus Tempat Wisata Nge-Hits

tebing breksi


Tadi sudah dijelaskan mengenai adanya banyak sekali pahatan di tebing yang sanggup dinikmati, juga pemandangan alam yang sanggup didapatkan ketika di puncak tebing. Nah, selain itu, masih ada lagi hal menarik yang ditawarkan di lokasi ini. Tlatar Seneng. Sesuai namanya, ini ialah sebuah telatar yang berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 15 meter. Disekelilingnya terdapat juga tempat duduk untuk bersantai. Tlatar ini berada dalam satu lokasi dengan tebing.


 Pendirian secara resminya semenjak pertengahan tahun  Tebing Breksi – Kekayaan Geologis yang Kaprikornus Tempat Wisata Nge-Hits

tlatar seneng tebing breksi


Di sini sanggup menjadi spot foto yang apik. Tapi jangan salah, secara keseluruhan, di sekitaran tebing memang memiliki banyak spot foto menarik. Mulai dari di depan pahatan tebing, di anak tangga, di puncak tebing, semuanya menjadi serbuan spot foto pengunjung.


 Pendirian secara resminya semenjak pertengahan tahun  Tebing Breksi – Kekayaan Geologis yang Kaprikornus Tempat Wisata Nge-Hits

puncak tebing breksi


 Pendirian secara resminya semenjak pertengahan tahun  Tebing Breksi – Kekayaan Geologis yang Kaprikornus Tempat Wisata Nge-Hits

wayang tebing breksi


Untuk kemudahan lain, ibarat toilet, penjual makanan, dan lain-lain, untuk ketika ini belum ada. Mungkin ke depannya kemudahan ini akan dibangun seiring semakin tingginya minat masyarakat yang berkunjung ke sini. Malah, tampaknya di lokasi ini juga akan dibangun kemudahan outbond. Wah, tentu akan semakin membuatnya nge-hits.


Baca juga: The Lost World Castle , tempat wisata gres di jogja


Jam Buka dan Harga Tiket Tebing Breksi


Jam buka tempat wisata ini ialah dari pagi hingga malam. Saat pagi dan sing hari, cuaca akan panas, namun sanggup menerima hasil foto yang bagus. Juga sanggup lebih kondusif menjelajahi seluruh lokasi. Namun ketika sore menjelang malam, di sini dihiasai dengan banyak sekali lampu dan penerangan yang tak kalah kerennya. Jadi, boleh dicoba juga tiba pada waktu ibarat itu.


Dan mengenai harga tiketnya, jangan kawatir lantaran hingga ketika ini masih tidak dipungut biaya masuknya. Cukup membayar biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.


Tips Asyik


Nah, ini beliau beberapa tips yang erlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat wisata ini.



  1. Bawa pelindung kepala.

    Maksudnya, bawalah topi atau kain untuk menutup kepala sebagai pelindung dari sinar matahari. Ini kalau kami berkunjung pada siang hari. Ingat, cuaca sangat panas dan tidak ada pepohonan di sana. Jagan hingga lupa menjaga kesehatan hanya demi berburu foto di sana.



  1. Memakai pakaian dan ganjal kaki yang nyaman.

    Pakaian terperinci harus nyaman untuk menunjung perjalanan wisata. Alas kaki juga perlu yang aman, lantaran untuk menaiki tangga tebing yang licin, harus berhati-hati biar tidak terjatuh.



  1. Bawa bekal minum.

    Karena cuaca yang panas dan sehabis lelah menaiki tangga tebing, niscaya menjadi haus. Jangan lupa membawa minum yang cukup biar tidak dehidrasi. Boleh juga membawa bekal masakan kalau memang dirasa akan lapar selama di sana.


Jadi, tunggu apa lagi? Jangan hingga ketinggalan berfoto di tebing nge-hits ini. Semua kalangan sudah pernah mencobanya, dari pasangan prewedding, foto angkatan anak sekolah, hingga foto selfie untuk dipasang di akun sosial media. kunjungilah Tebing Breksi ini untuk berfoto dan mengagumi kekayaan alam geologis yang lagi nge-hts banget.



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tebing Breksi – Kekayaan Geologis Yang Jadi Daerah Wisata Nge-Hits"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel