6 Wisata Candi Di Jogja Paling Populer

IsJogja – Jika kita berkunjung ke kota Jogja, tentu ingin sekali menikmati tempat-tempat wisata candi di Jogja. Kota Jogja memang tak hanya terkenal sebagai kota pendidikan saja, melainkan di kota ini kita sanggup menyinggahi banyak sekali macam pilihan wisata candi yang menawan dan tentunya menciptakan kita semakin penasaran. Wisata candi yang ada di Yogyakarta memang begitu lekat dengan sejarahnya yang sudah tersohor sampai ke pelosok negeri. Belum lagi keajaiban yang membentuk sebuah candi tentu menawarkan rasa keingintahuan tersendiri bagi kita semua. Ada beberapa pilihan daerah wisata candi yang menarik dan terbaik di kota Jogja yang sanggup Anda singgahi di bawah ini!


 Kota Jogja memang tak hanya terkenal sebagai kota pendidikan saja 6 Wisata Candi di Jogja Paling Populer


1. Candi Sewu

Jika kita melihat sekilas bentuk dari Candi Sewu bekerjsama hampir menyerupai mirip Candi Prambanan. Tetapi candi ini termasuk candi Buddha yang terbesar kedua di nusantara setelah candi Borobudur. Dengan hanya melihat namanya saja, kita tentu sudah sanggup menerka bahwa kompleks candi ini mempunyai seribu candi. Tetapi justru candi ini hanya mempunyai 257 candi dimana terdapat 257 candi utama, dengan 8 candi pengapit serta sisanya candi pewarta. Letak Candi Sewu berada pada lembah Prambanan membentang mulai dari lereng bab selatan Gunung Sewu pada perbatasan Yogyakarta dan Kabupaten Klaten.


Lihat Peta Candi Sewu di Google Map.


2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan pilihan daerah wisata candi di Jogja yang sudah tersohor. Candi Prambanan sendiri termasuk candi Hindu yang terbesar di Negara Indonesia, jadi tak heran jikalau candi ini menjadi primadona para wisatawan. Kompleks cadi di Desa Prambanan tersebut mempunyai 3 bab candi utama, diantaranya Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu. Dimana ketiga candi tersebut dikelilingi 4 candi kelir, 4 candi sudut dan 2 candi apit. Dengan begitu total keseluruhan candi pada kompleks tersebut berjumlah 224 buah.


Lihat Peta Candi Prambanan di Google Map.


3. Candi Kalasan

Candi Kalasan biasa dijuluki sebagai Candi Tara merupakan sebuah bangunan suci dipersembahkan untuk Dewi Tara yang juga merupakan biara untuk para pendeta. Bangunan candi ini dibangun sebagai bentuk penghargaan dari perkawinan Pancapan di Dinasti Sanjaya dan Dyah Pramudya Wardhani di Dinasti Syailendra. Adapun bangunan candi ini telah tamat didirikan semenjak 778 M dengan begitu candi ini termasuk candi Buddha paling bau tanah di Yogyakarta.


Lihat Peta Candi Kalasan di Google Map.


4. Candi Mendut

Objek Wisata candi yang satu ini berada di jarak 38 km saja dari sentra kota Yogyakarta dengan hanya berjarak 3 km saja dari letak Candi Borobudur. Dimana Candi Mendut termasuk Candi Buddha diperkirakan masih terhubung dengan bangunan candi Pawon. Sampai dikala ini masih belum sanggup dipastikan usia ataupun waktu didirikannya bangunan Candi Mendut ini.


Lihat Peta Candi Mendut di Google Map.


 Kota Jogja memang tak hanya terkenal sebagai kota pendidikan saja 6 Wisata Candi di Jogja Paling Populer


5. Candi Sambisari

Bangunan candi ini termasuk salah satu bangunan candi di masa peninggalan kejayaan agama Hindu di area tanah Jawa, tepatnya berada di Kabupaten Sleman. Candi dengan pemikiran Syiwaistis ini dibangun semenjak masa ke-10 didirikan Wangsa Syailendra dan ditemukan semenjak tahun 1966 tanpa sengaja oleh petani yang berasal di Desa Sambisari berjulukan Karyoniangun dikala tengah mencangkul di sawahnya.


Lihat Peta Candi Sambisari di Google Map.


6. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko hanya terletak 3 km saja dari Candi Prambanan di arah selatan. Dimana candi ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno. Bangunan candi tersebut didirikan di masa pemerintahan berjulukan Rakai Panangkaran, sebagai salah satu dari keturunan Syailendra. Berdasarkan para andal sendiri, candi ini sifatnya multifungsi alasannya sanggup dijadikan gua, daerah ibadah sekaligus benteng keraton. Tempat wisata candi di Jogja ini mempunyai keistimewaan, adalah mempunyai sifat profan ditunjukan dari keberadaan paseban dan keputren.


Peta Candi Ratu Boko di Google Map.




Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Wisata Candi Di Jogja Paling Populer"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel