Gunung Gede Pangrango, Mengintip Keanekaragaman Tanaman Dan Fauna

IsJogja – Gunung Gede Pangrango merupakan gunung yang terletak dalam daerah Taman Nasional. Terdapat 2 puncak yang dimiliki oleh gunung ini, yaitu puncak Gede dengan ketinggian 2.958 mdpl dan puncak Pangrango dengan ketinggian 3.019. namun letak kedua puncak ini menyambung, dimana keduanya terhubung melalui mediator Kandang Badak dengan ketinggian 2.393 mdpl.


 merupakan gunung yang terletak dalam daerah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Mengintip Keanekaragaman Flora dan Fauna


Gunung Gede Pangrango: Flora dan Fauna


Gunung ini pertama kali diresmikan pada tahun 1980. Kondisi alam gunung ini cukup unik dan mempunyai abjad tersendiri, tak heran kalau tempat ini dijadikan sebagai tempat penelitian oleh para peneliti. Selain unik, gunung ini juga menyimpan keragaman ekosistem menyerupai Savana, Sub Alpin, Montana, Sub Montana, Rawa, dan Danau. Sub Montana merupakan salah satu jenis ekosistem yang di dalam nya terdapat banyak sekali macam pepohonan besar dan tinggi. Sub Alpin merupakan salah satu jenis ekosistem yang di dalam nya terdapat hamparan rumput yang membentang luas.


Selain kaya akan flora, daerah ini juga kaya akan fauna. Fauna yang cukup beraneka ragam yang sanggup di jumpai di daerah ini yakni burung. Dimana jenis burung yang ada di Gunung ini mencapai 251 jenis. Beberapa spesies burung langka juga sanggup dijumpai di daerah ini, menyerupai Burung Hantu dan Elang Jawa.



Peraturan Mendaki Gunung Gede Pangrango


Jika anda berencana ingin mendaki ku Puncak Gunung Gede Pangrango, ada beberapa peraturan yang perlu anda ketahui. Sehingga perjalanan anda nantinya akan berjalan dengan baik tanpa mengalami hambatan yang tidak di inginkan tentunya. Berikut beberapa hukum yang harus di taati dikala mendaki ke Puncak Gunung Gede Pangrango:



  • Pendaki diwajibkan melapor ke petugas pintu masuk dan pintu keluar

  • Dilarang memberi makan kepada satwa

  • Dilarang membawa hewan atau menanam tumbuhan ke lokasi

  • Dilarang berjalan di luar jalur yang telah ditetapkan

  • Dilarang melaksanakan hal yang berpotensi menyulut api

  • Dilarang merusak / memetik tumbuhan yang ada di lokasi

  • Di larang membawa alat musik dan radio

  • Dilarang membuang sampah sembarangan

  • Di larang mencorat coret sarana dan prasarana yang terdapat di lokasi


Lokasi Gunung Gede Pangrango


Gunung ini terletak di Jawa Barat, tepatnya berada di Jl.Cibodas, Cipanas, Kecamatan Cianjur, Jawa Barat. Rute yang harus dilalui untuk hingga ke wisata ini juga tidak terlalu sulit. Jika anda berencana melaksanakan pendakian di Gunung ini, pastikan kondisi tubuh anda fit.



Lihat Peta Gunung Gede Pangrango di Google Map.



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gunung Gede Pangrango, Mengintip Keanekaragaman Tanaman Dan Fauna"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel