Pulau Gili Ketapang, Pulau Anggun Yang Ada Di Tengah Laut

IsJogjaPulau Gili Ketapang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara pulau Jawa dan Madura. Pulau ini terletak 5 Mil di tengah bahari dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Sayangnya untuk ketika ini belum ada jembatan penghubung yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Selain itu juga masih belum tersedia kapal penumpang yang beroperasi ke wilayah tersebut. Namun demikian, apabila wisatawan ingin berkunjung ke pulau tersebut, wisatawan sanggup memakai kapal motor kecil untuk hingga kesana. Jumlah dari bahtera motor tersebut pun masih sangat terbatas.


 merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara pulau Jawa dan Madura Pulau Gili Ketapang, Pulau Cantik Yang Ada di Tengah Laut


Suasana di Pulau Gili Ketapang


Karena lokasi nya yang agak sedikit sulit dijangkau menciptakan pulau anggun ini sangat sepi, alias belum banyak pengunjung yang singgah. Mayoritas penduduk yang menghuni pulau ini sebagian besar yakni keturunan Madura yang berprofesi sebagai nelayan. Ombak pantai di pulau ini cukup tenang, di lengkapi dengan hamparan pasir putih yang membentang luas, warna air bahari yang nampak biru, serta warga setempat yang ramah menciptakan suasana Wisata pulau Gili Ketapang terasa sangat hening dan menyenangkan.


Ada satu hal yang agak di sayangkan, yaitu banyaknya sampah yang berantakan sempurna di bibir pantai. Kehadiran sampah sampah ini selain mengganggu pemandangan, juga sanggup merusak kelestarian pulau ini. Di tambah dengan piaraan kambing milik warga yang berada di tepi pantai, terkadang menciptakan pengunjung merasa sedikit kurang nyaman. Menurut beberapa warga setempat, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.



Asal Usul Pulau Gili Ketapang


Asal asal pulau ini tidak terlepas dari mitos masyarakat yang menyampaikan bahwa pulau tersebut sanggup bergerak hingga ke tengah laut. Pulau ini pada mula nya berlokasi di satu daratan yang sama dengan daratan yang ada di Desa Ketapang. Kemudian, sesudah insiden meletusnya Gunung Semeru, daratan yang ada di Desa Ketapang itu pun karenanya terbelah dan terpisah satu sama lain. Salah satu daratan yang terpisah ini membentuk pulau pulau kecil dan salah satu nya yaitu Pulau Gili Ketapang ini.  Pulau tersebut bergerak ke tengah bahari hingga sejauh 5 Mil.


Lokasi Pulau Gili Ketapang


Secara administratif, pulau ini masih termasuk dalam Kabupaten Probolinggo. Untuk lokasi tepatnya wisata ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan untuk rute penyeberangan dimulai dari pelabuhan Tanjung Tembaga. Lama waktu penyeberangan ini kurang lebih memakan 1 jam.



Lihat Peta Pulau Gili Ketapang di Google Map.



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pulau Gili Ketapang, Pulau Anggun Yang Ada Di Tengah Laut"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel