Tempat Wisata Alam Pasuruan Yang Paling Populer

IsJogja – Pasuruan yaitu nama salah satu kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini terkenal dengan wisata, industri dan juga pertaniannya. Jika Anda mempunyai waktu senggang dan ingin berlibur bersama keluarga tercinta Anda di kota ini, Anda dapat mengunjungi 5 destinasi wisata alam Pasuruan berikut yang tentunya mempunyai daya pikat yang mengagumkan.  Wisata-wisata tersebut tidak hanya menarik minat wisatawan domestik namun juga wisatawan asing. Berikut ulasannya:


 Pasuruan yaitu nama salah satu kabupaten di Jawa Timur Tempat Wisata Alam Pasuruan yang Paling Populer




  1. Pantai Lekok


    Kelebihan pantai ini yaitu pemandangannya yang eksotis. Disini Anda akan menyaksikan pertunjukan rakyat yang diadakan setiap lebaran ketupat. Nama pertunjukannya yaitu ski lot atau celot dimana para nelayan akan berselancar di atas lumpur. Menariknya yaitu mereka berlomba-lomba menangkap lele, kepiting serta belut di area bekas tambak yang penuh lumpur. Acara ini yaitu program yang paling dinantikan oleh masyarakat setempat alasannya yaitu gemuruhnya. Selain itu, ada pula perlombaan menghias bahtera dan juga lomba menghias payung yang diikuti oleh warga desa setempat.


    Lihat Peta Pantai Lekok di Google Map.





  1. Pemandian Alam Banyu Biru


    Pemandian Alam Banyu Biru telah dikenal luas semenjak zaman Belanda. Ini dibuktikan dengan adanya dokumentasi dari pihak Tropen Museum Belanda. Dahulu, daerah ini familiar dengan sebutan Telaga Wilis yang dihuni banyak monyet. Namun kini monyet-monyet tersebut sudah punah. Di pemandian Alam banyu biru, Anda dapat berenang sekaligus mencicipi segarnya air pemandian sambil melihat ikan keramat yang berjulukan Sengkaring. Ikan ini mempunyai panjang lebih kurang satu meter. Karena keramatnya, tidak ada satupun penduduk yang menyentuhnya.

    Pemandian alam banyu biru tepatnya terletak di desa Sumberejo, kecamatan Winongan, kabupaten Pasuruan. Selain melihat ikan Sengkaring, Anda juga dapat menyaksikan arca-arca yang dahulu diletakkan oleh Belanda di lokasi ini. Arca ini salah satunya berjulukan Betara Kala. Konon, daerah pemandian ini yaitu lokasi pemandian raja Hayam wuruk saat dia ingin melepas lelah dan penat.

    Lihat Peta Pemandian Alam Banyu Biru di Google Map.





  1. Candi Jawi


    Raja terakhir Singasari yang berjulukan Kertanegara membangun sebuah candi yang berjulukan Candi Jawi. Candi ini berlokasi di desa Candi Wates, Tretes, Pandaan, Prigen. Candi Jawi yaitu candi Hindu Budha, berkaki Siwa dan berpundak Budha. Candi Jawi merupakan daerah penyimpanan bubuk raja Kertanegara dimana dinding candi terbuat dari bata dengan parit di sekelilingnya dan bunga teratai yang tertebar mengitarinya. Untuk melestarikannya, acara kebudayaan yang dilakukan yaitu dengan mengadakan Seni Bulan Purnama yang menceritakan perihal asal muasal Candi ini. Diwakili dalam sebuah tarian, diceritakan ada seorang putri Bali yang melarikan diri ke tanah Jawa. Putri itu sangat bagus dan banyak raja yang ingin menikahinya.

    Lihat Peta Candi Jawi di Google Map.





  1. Air terjun Coban Baung


    Air terjun ini terletak di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi Pasuruan. Tingginya mencapai 100 meter dan merupakan pertemuan dua anutan sungai yaitu sungai Beji dan Sungai Welang. Aliran sungai ini tidak pernah mati sepanjang tahun. Di sekeliling Coban Baung, kita akan menemukan empat jeram lain di anutan sungai beji. Saat ini, di daerah tersebut telah dibuka ecological rafting dengan durasi permainan 2.5-3 jam yang pastinya sangat menantang.

    Lihat Peta Air Terjun Coban Baung di Google Map.



 Pasuruan yaitu nama salah satu kabupaten di Jawa Timur Tempat Wisata Alam Pasuruan yang Paling Populer




  1. Gunung Bromo


    Ini yaitu daerah wisata yang paling popular di Pasuruan. Tidak hanya turis domestic, turis mancanegara juga banyak yang mengunjungi daerah wisata ini. Di lokasi penanjakan, kita dapat menikmati pemandangan matahari terbit  dengan udara yang segar. Suhu udara disini sangat sejuk yakni 5-8 derajat celcius. Jika hingga di puncak, Anda dapat menyaksikan kawah gunung bromo yang indahnya tiada banding. Selain itu, Anda juga dapat menyewa kuda serta berinteraksi dengan masyarakat suku Tengger yang masih memegang tradisi yang kuat. Konon, masyarakat suku Tengger yaitu keturunan prajurit Majapahit yang tergeser alasannya yaitu Islam yang kian berkembang.


    Lihat Peta Gunung Bromo di Google Map



    Kelima daerah wisata alam Pasuruan tersebut akan menjadi destinasi yang menyenangkan untuk liburan Anda bersama keluarga. Selamat berkunjung!




Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tempat Wisata Alam Pasuruan Yang Paling Populer"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel