Wisata Alam Kalibiru Jogja

Selain dikenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga semenjak usang dikenal dengan kota pariwisata. Jika dulu Yogyakarta mahsyur dengan wisata budayanya yang unik, sekarang wisata di Yogyakarta terus berkembang dan merambah model wisata lainnya. Salah satunya tentu saja wisata alam Kalibiru yang sangat sayang untuk dilewatkan oleh Anda para traveler dan pemburu foto media sosial.



Wisata Alam Asri Alami Kalibiru Jogja


Selain dikenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga semenjak usang dikenal dengan kota pariwis Wisata Alam Kalibiru Jogja
Wisata Alam Kalibiru Jogja

Kalibiru awalnya merupakan sebuah hutan di Kabupaten Kulon Progo yang berada sempurna di sebelah barat Daerah spesial Yogyakarta yang kemudian di rubah menjadi salah satu spot wisata alam unggulan di Yogyakarta. Berada di ketinggian 450 mdpl obyek wisata Kalibiru ini termasuk kedalam wilayah perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kakap.


Wisata alam Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan baik yang berasal dari Yogya maupun luar daerah. Makara tak heran jikalau wisata Kalibiru dipadati oleh wisatawan pada hari libur baik itu rombongan keluarga atau pasangan muda mudi yang menikmati indahnya pemandangan yang dipadu dengan udara yang sejuk khas kawasan perbukitan.


Dari puncak kalibiru, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan subur dan hijau dari gugusan Perbukitan Menoreh, dan jikalau cuaca sedang cerah Anda sanggup melihat gulungan ombak pantai selatan dari tempat ini. Di sisi timur Kalibiru, Anda sanggup menyaksikan hamparan dataran hijau yang asri. Di puncak tempat ini terdapat kerikil prasati, gardu pandang serta fly over yang melengkapi indahnya wisata alam Kalibiru ini.


Penasaran dengan keindahan Kalibiru Jogja? Pesan paket wisata Jogja di widyalokawisata. 


Aktifitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Kalibiru     


Selain dikenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga semenjak usang dikenal dengan kota pariwis Wisata Alam Kalibiru Jogja
Spot foto menarik di Kalibiru Jogja

Sebelum berkunjung ke Kalibiru, ada baiknya bila Anda membaca dengan seksama jalur singkat untuk menghemat waktu liburan di atas, alasannya yakni waktu tidak terbuang di jalan dan stamina juga tidak terkuras di perjalanan. Adapun aktifitas yang sanggup dilakukan untuk menjelajah wisata Kalibiru, mulai dari sekedar menghirup udara segar dan menyaksikan keindahan alam dengan view waduk Sermo dan kota kota yang berada di bab selatan menyerupai wates dan bahari kidul.


Wisatawan juga sanggup menikmati High Ropes Game, sebuah permainan outbound hingga menjelajah Jalur Trekking dengan banyak sekali pilihan. Adapun altifitas menarik yang sanggup Anda lakukan di obyek wisata kalibiru antara lain:


Berfoto Ria di Pohon Foto yang Hits


Pohon foto ini merupakan maskot dari wisata alam Kalibiru, selain gardu pandang kebanyakan wisatawan akan menentukan untuk berfoto di pohon foto dengan background waduk sermo ini. Di pohon foto juga disediakan properti biar foto yang Anda ambil lebih ciamik.


High Ropes Games


Permainan pemacu adrenalin ini sedang banyak digandrungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Kalibiru. Dalam permainan ini terdapat 5 permainan yang digabung menjadi satu. Namun wisatawan hanya boleh menentukan satu jenis permainan saja. Seperti berjalan di atas jembatan kayu yang digantung di ketinggian.


Adapun urutan game tersebut pertama dimulai panjat batu, dilanjut berjalan di atas jaring, kemudian berjalan di atas tali tunggal, disambung dengan permainan berjalan di atas jembatan kayu yang disusun sambung menyambung dengan tali, kemudian permainan akan diakhiri dengan permainan flyingfox, yakni bergelantung di seutas tali yang meluncur dan mendarat pada papan di atas pohon.


Jalur Trekking Kalibiru


Bagi wisatawan yang suka menjelajah terdapat pula jalur trekking yang disediakan di tempat ini. Terdapat beberapa pilihan jalur trekking bagi Anda yang berniat menjelajahi tempat ini dengan rute dan panjang jalur yang sanggup disesuaikan. Mulai dari jarak bersahabat sekitar 2 – 3 km, hingga jarak tempuh 4 – 5 km.


Rute Menuju Kalibiru



Medan jalan menuju wisata Kalibiru cukup menanjak dan berliku, alasannya yakni itu disarankan untuk menggunakan kendaraan yang berpengaruh dan tangguh untuk hingga di kalibiru. Untuk menuju kalibiru ada beberapa opsi rute perjalanan yang sanggup dipilih antara lain:


Rute Sermo


Rute ini merupakan rute favorit wisatawan alasannya yakni dalam perjalanannya akan dijumpai pemandangan waduk sermo, yang menciptakan perjalanan akan lebih menyenangkan. Untuk menuju ke Kalibiru dengan rute ini, Anda sanggup melewati kawasan Sentolo, kemudian ke Pengasih. Dari sana, lanjut kearah alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo. Setelah dari Sermo, Anda sanggup menuju Kalibiru.


Rute Clereng


Rute ini mempunyai waktu tempuh lebih cepat dari rute pertama. Karena pada rute ini tidak didapati tanjakan atau likuan yang parah menyerupai pada rute pertama. Untuk menggunakan rute ini, Anda sanggup menuju Sentolo, kemudian Pengasih. Setelah mendapati perempatan Pengasih, belok kea rah kanan (menuju Clereng). Kemudian ikuti saja rute tersebut untuk menuju Kalibiru. Jangan takut tersesat alasannya yakni sepanjang jalan terdapat petunjuk jalan yang sanggup memudahkan liburan Anda.


Rute Kota


Merupakan rute yang paling jarang digunakan, alasannya yakni jarang ada wisatawan dari arah Malioboro yang menuju Kulon Progo. Namun jikalau Anda sedang berada di Malioboro dan ingin ke Kulon Progo, Anda sanggup mengambil jalur Purworejo. Cukup ikuti jalan hingga di terminal Wates. Setelah hingga di terminal, ikuti petunjuk jalan guna menuju ke waduk Sermo. Kalau sudah di Sermo, ikuti terus rute ke Kalibiru.


Tarif Wisata Kalibiru


Untuk sanggup menikmati keindahan wisata alam Kalibiru Anda hanya perlu merogoh kocek 5000 rupiah saja ditambah ongkos parkir 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Jika Anda menggunakan paket wisata Jogja dari widyalokawisata, maka Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Mengingat harga paketnya sudah termasuk tiket masuk lokasi juga.


Tips Wisata di Kalibiru


Selain dikenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga semenjak usang dikenal dengan kota pariwis Wisata Alam Kalibiru Jogja
Spot foto menarik di Kalibiru Jogja

Transportasi


Karena medan jalan menuju tempat ini menanjak dan berliku sebaiknya menentukan motor atau kendaraan beroda empat yang akselerasinya baik untuk perjalanan naik-turun gunung. Karena itu, pastikan pula rem kendaraan berfungsi dengan baik, mengingat medan cukup berkelok-kelok. Karena itu pula terdapat pengaturan naik-turun kendaraan beroda empat untuk melalui jalan menuju Wisata Alam Kalibiru, sehingga kendaraan tidak saling berpapasan.


Waktu Terbaik Berkunjung


pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Kalibiru alasannya yakni pagi hari kabut akan berkurang dan pemandangan terperinci terlihat. Selain itu, jangan tiba terlalu sore, alasannya yakni objek wisata ini akan ditutup sebelum pukul 18.00 WIB. Selain itu, animo hujan yakni waktu terbaik melancong ke Wisata Alam Kalibiru, alasannya yakni pemandangannya sedang hijau, namun tiba ketika cuaca cerah.


Gunakan pakaian nyaman


Saat berlibur ke Kalibiru disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman menyerupai celana yang tidak terlalu ketat. Dan bagi wanita, sebaiknya tidak menggunakan rok atau dress biar nyaman ketika naik ke spot foto.


Sudah merencakan liburan ke Kalibiru? Jangan lupa untuk menentukan paket wisata Jogja di widyaloka.




Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Alam Kalibiru Jogja"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel