Air Terjun Kakek Bodo, Legenda Seorang Kakek Pertapa

IsJogjaAir Terjun Kakek Bodo Pasuruan merupakan sebuah penderasan setinggi 40 meter yang berada di lereng Gunung Arjuno, dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pasuruan. Karena lokasinya yang berada di daerah pegunungan, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan sanggup menyaksikan pemandangan alam dengan hamparan pepohonan yang sangat memukau.


 Pasuruan merupakan sebuah penderasan setinggi  Air Terjun Kakek Bodo, Legenda Seorang Kakek Pertapa


Air Terjun Kakek Bodo Tretes, Prigen, Pasuruan


Selama ini orang orang mengenal Jawa Timur sebagai daerah yang kaya akan wisata Pantai. Padahal, apabila di explore lebih mendalam, Jawa Timur tidak hanya mempunyai banyak pantai saja, melainkan banyak wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, menyerupai theme park, gunung, Air terjun dan salah satunya yaitu Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Tretes, Prigen, Pasuruan ini.


Sumber penderasan ini berasal dari Sungai Kaligetik. Tepat dibawah curahan penderasan terdapat sebuah bak alami dengan kedalaman 1 sampai 5 meter. Ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, bak yang berada sempurna dibawah deburan penderasan ini menjadi tempat yang tak terlewatkan, baik sebagai tempat untuk mandi maupun berfoto.


Fasilitas akomodasi yang tersedia di wisata Air Terjun Kakek Bodo ini juga cukup memadai, antara lain;



  • Musholla

  • Kolam Renang

  • Taman bermain anak

  • Kios

  • Shelter

  • Toilet


Dengan adanya akomodasi pendukung tersebut, wisatawan sanggup lebih leluasa dalam menikmati liburan nya.


Sebelum menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo, wisatawan harus memarkirkan kendaraan nya sempurna di pintu gerbang menuju lokasi, alasannya yaitu terusan jalan tidak memungkinkan. Setelah memarkirkan kendaraan nya, wisatawan sanggup melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi air terjun. Perjalanan tersebut kurang lebih memakan waktu 1 jam. Meskipun harus berjalan kaki sejauh 1 km, wisatawan tidak perlu khawatir alasannya yaitu terusan jalan cukup bagus. Dan ditengah perjalanan, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang yang mempesona.



Legenda /  Asal Usul Air Terjun Kakek Bodo


Dibalik keindahan dan eksotisme yang dimilikinya, penderasan ini juga mempunyai dongeng yang cukup melegenda. Dikisahkan, pada jaman dulu kala, ada seorang lelaki renta yang mengabdikan hidupnya kepada sebuah keluarga belanda yang kaya raya. Pada suatu hari, sang kakek tersebut memutuskan untuk bertapa di hutan belantara, tepatnya di sebuah air terjun. Sang kakek bertapa alasannya yaitu ingin melupakan semua hal yang bersifat duniawi.


 Pasuruan merupakan sebuah penderasan setinggi  Air Terjun Kakek Bodo, Legenda Seorang Kakek Pertapa


Karena keputusan nya tersebut, orang belanda yang selaku mantan majikan nya menyebut sang kakek sebagai “Kakek Bodoh”. Sudah diberi fasilitas, honor yang cukup, dan tinggal di tempat yang enak, tetapi sang kakek malah menentukan bertapa di tengah hutan belantara. Namun tidak disangka, dengan bertapa di penderasan tersebut, sang kakek mendapat sebuah kesaktian. Dengan kesaktian yang didapatkan nya, sang kakek menggunakannya untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan.


Itulah sekelumit dongeng yang menjadi latar belakang asal permintaan nama Air Terjun Kakek Bodo ini.



Makam Kakek Bodo


 Pasuruan merupakan sebuah penderasan setinggi  Air Terjun Kakek Bodo, Legenda Seorang Kakek Pertapa


Selain menyaksikan deburan penderasan dan panorama disekelilingnya, wisatawan juga berkesempatan menyaksikan secara eksklusif Makam tempat Jasad Kakek Bodo dikebumikan, dan tidak sembarang orang sanggup masuk ke tempat tersebut.


Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan


Salah satu hal yang menyenangkan dikala berkunjung ke tempat ini yaitu biaya nya yang sangat ramah. Biaya yang harus dikeluarkan dikala berkunjung ke wisata ini antara lain;



  • Tiket Masuk orang sampaumur (diatas 10 thn) : Rp. 10.000

  • Anak anak dibawah 10 thn: gratis

  • Biaya parkir kendaraan : Rp. 5.000


Dengan harga yang begitu murah, wisatawan sanggup berlibur bersama rombongan tanpa dipusingkan dengan harga tiket masuk.


Lokasi Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan


Air Terjun Kakek Bodo terletak kurang lebih 60 km dari sentra Kota Surabaya, dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan apabila berangkat dari Bandara Juanda. Namun apabila berangkat dari Pusat Kota Pasuruan, tentu perjalanan yang di tempuh akan lebih dekat. Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Kakek Bodo ini berada di Jln. Taman Wisata, No 541, Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan.



Lihat Peta Air Terjun Kakek Bodo di Google Map.



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Air Terjun Kakek Bodo, Legenda Seorang Kakek Pertapa"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel