Candi Prambanan “Roro Jonggrang” Sebagai Wisata Candi Di Jogja Terpopuler

Candi Prambanan yaitu salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan yaitu sebuah kompleks candi Hindu.


Wisata Candi di Jogja Terpopuler


Wisata Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang


Meskipun demikian, Lokasi keduanya yang berada di Jawa Tengah juga menunjukan bahwa dahulu umat Buddha dan Hindu hidup berdampingan dengan rukun. Kedua candi besar ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban insan pada ketika itu alasannya yaitu bisa membangun candi-candi dengan seni arsitektur yang luar biasa tanpa pertolongan teknologi canggih.



 yaitu salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan oleh UNESCO se Candi Prambanan “Roro Jonggrang” Sebagai Wisata Candi di Jogja Terpopuler
Wisata Candi Prambanan

Baca juga : Paket Wisata Candi Prambanan


Kompleks Candi Prambanan juga disebut mempunyai seribu buah candi alasannya yaitu adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebetulnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks kawasan wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini yaitu yang berada di sebelah timur.


Candi ini merupakan persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam pemikiran Hindu dikenal sebagai Dewa Penghancur. Menurut prasasti Siwaghra yang ketika ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, nama orisinil kompleks candi ini yaitu Siwaghra yang berasal dari bahasa Sansekerta, yang mempunyai arti Rumah Siwa.


Karena statusnya sebagai candi persembahan untuk Dewa Siwa, maka candi induk di kompleks ini yaitu candi Dewa Siwa yang mempunyai tinggi 47 meter. Candi induk ini diapit dua candi yaitu candi Dewa Wishnu dan candi Dewa Brahma yang masing-masing setinggi 33 meter. Candi ketiga tuhan ini disebut dengan Candi Trimurti. Di dalam Candi Trimurti terdapat arca masing-masing dewa. Di depan ketiga candi tuhan terdapat tiga Candi Wahana yang mewakili kendaraan masing-masing dewa. Wahana Nandi untuk Dewa Siwa, Angsa untuk Dewa Wishnu dan Garuda untuk Dewa Brahma.


Selain aneka macam tipe candi tersebut, di kawasan wisata ini juga terdapat relief yang menceritakan wacana dua kisah fenomenal dalam Hindu yaitu Ramayana dan Krishnayana. Relief ini berada di dinding bab dalam dari pagar yang mengelilingi Candi Trimurti. Relief Ramayana menceritakan wacana usaha Rama yang dibantu oleh Hanoman untuk merebut Shinta, istrinya yang diculik oleh Rahwana. Untuk Krishnayana, relief ini menceritakan wacana perjalanan hidup Krishna sebagai awatara atau reinkarnasi dari Dewa Wishnu.


Di komplek Candi Prambanan terdapat sebuah museum berbentuk rumah joglo. Museum ini berisi koleksi benda-benda yang berhasil ditemukan di sekitar candi dahulu ibarat arca dan bebatuan purbakala.


Sejarah Berdirinya Candi Prambanan


Awal berdirinya kompleks Candi Prambanan mempunyai dua kisah yaitu dongeng rakyat mengenai Roro Jonggrang dan sejarah dibangunnya candi ini pada masa kerajaan Hindu di Jawa yang diperoleh dari hasil penelitian para ahli.


Candi Prambanan dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang. Cerita rakyat ini bermula dari Roro Jonggrang, putri kerajaana yang kecantikannya tak diragukan lagi. Banyak cowok yang tiba dengan maksud melamar sang putri, termasuk Bandung Bondowoso. Meskipun Bandung Bondowoso terkenal sakti dan kuat, namun Roro Jonggrang tidak menyukainya. Setelah berpikir lama, balasannya Roro Jonggrang menyampaikan bersedia menjadi istrinya, namun Bandung Bondowoso harus bisa membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Karena sangat yakin dengan kekuatan yang dimilikinya, cowok itu menyanggupinya.


Baca juga: Wisata Candi Bodobudur Monumen Buddha Terbesar di Dunia


Dengan pertolongan jin Bandung Bondowoso telah berhasil membangun 999 candi. Roro Jonggrang merasa takut, sehingga muncul wangsit untuk menumbuk padi yang akan menciptakan ayam berkokok. Ketika mendengar ayam telah berkokok sementara jumlah candi yang dibangun belum mencapai target, Bandung Bondowoso menjadi resah dan murka ketika tahu itu semua hanya tipuan Roro Jonggrang yang bertujuan untuk menggagalkan usahanya. Akhirnya, Bandung Bondowoso pun mengutuk sang putri menjadi sebuah candi untuk melengkapi jumlah candi yang dimintanya. Candi Dewa Siwa yang merupakan candi induk itulah yang dipercaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang sehabis dikutuk.


 yaitu salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan oleh UNESCO se Candi Prambanan “Roro Jonggrang” Sebagai Wisata Candi di Jogja Terpopuler
Candi Roro Jonggrang

Diluar dongeng rakyat yang beredar, Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada periode ke-9 atau pada masa Dinasti Sanjaya. Para peneliti mengatakan, tak usang sehabis dibangun, Candi Prambanan tidak terurus dengan baik sehingga banyak kerusakan yang terjadi di bangunan ini.


Candi Prambanan ditemukan kembali pada tahun 1733 oleh CA Lons, seorang warga Belanda. Penemuan ini lebih awal jikalau dibandingkan dengan inovasi Candi Borobudur oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Setelah ditemukan, kompleks Candi Prambanan mulai diperbaiki dan dilakukan aneka macam upaya rekonstruksi. Saat ini, Candi Prambanan menjadi kompleks candi Hindu termegah di Indonesia


Apa yang bisa dilakukan di Candi Prambanan?


Di kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini, Anda sanggup melaksanakan aneka macam hal menyenangkan:


Mengenal seni sastra dan dongeng Hindu


Sama ibarat Candi Borobudur, di kawasan wisata ini juga terdapat relief bercerita. Cara membaca relief ini pun sama, Anda harus masuk dari pintu sebelah timur kemudian berjalan mengitari Candi Trimurti searah putaran jarum jam. Relief di bab dalam pagar ini mempunyai dua kisah yaitu mengenai Ramayana dan Krishnayana.


Tak perlu resah jikalau kesulitan membaca relief tersebut. Anda bisa memakai jasa pemandu di kompleks Candi Prambanan. Anda juga sanggup pergi ke museum yang berada di bab utara kompleks candi untuk mendapat warta seputar kawasan wisata ini. Menariknya, untuk masuk ke museum ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi alasannya yaitu sudah termasuk dalam harga tiket masuk kompleks kawasan wisata.


Hunting foto


Tempat wisata ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk para pecinta fotografi. Anda bisa mengambil foto dari aneka macam sudut dan Candi Prambanan akan selalu tampak bagus kokoh berdiri. Pada malam hari, kawasan wisata ini semakin bagus dengan lampu-lampu yang menyala dan mengarah ke Candi Trimurti. Candi ketiga tuhan tersebut tampak berdiri megah dengan cahaya keemasan.


Berkeliling kompleks candi


Anda bisa berkeliling kawasan wisata seluas 39,8 hektar ini dengan berjalan kaki. Pelataran kompleks ini ditanami banyak flora sehingga tampak ibarat taman yang luas. Berjalan sambil mengamati gesekan pada setiap candi tentu akan menciptakan Anda lebih kagum pada hasil karya besar ini. Ukiran di candi-candi ini tampak tidak mungkin dikerjakan oleh insan pada ketika teknologi belum berkembang di zaman dahulu.


Berburu suvenir


Di kompleks kawasan wisata ini telah dibangun banyak kios yang menjual suvenir khas Candi Prambanan ibarat kaos, gantungan kunci, kalung, gelang hingga miniatur candi. Tak hanya suvenir Candi Prambanan, di sini Anda juga bisa menemukan miniatur dan kaos Candi Borobudur.


Apalagi yang menarik di Candi Prambanan?


Jika ingin menikmati Candi Prambanan dengan cara yang berbeda, datanglah pada malam purnama setiap bulannya pada pukul 20.00 – 22.00. Pada ketika itu, digelar pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi tuhan yang disoroti lampu. Pertunjukan di panggung terbuka ini hanya dilakukan pada ketika demam isu kemarau, sedangkan pada demam isu hujan, lokasi pertunjukan dipindahkan ke panggung tertutup.


 yaitu salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan oleh UNESCO se Candi Prambanan “Roro Jonggrang” Sebagai Wisata Candi di Jogja Terpopuler
Sendratari Ramayana di Candi Prambanan

Jam buka Candi Prambanan


Setiap hari: 06:00 – 17:00


(Pada ketika digelar pertujunkan sendratari Ramayana, Anda masih bisa masuk ke Candi Prambanan pada malam hari sehabis membeli tiket)


Harga tiket masuk Candi Prambanan


Dewasa: 30.000 Rupiah untuk WNI dan 18 USD untuk WNA


Anak-anak: 12.500 Rupiah untuk WNI dan 9 USD untuk WNA


Alamat dan transportasi


Candi Prambanan terletak di dua kabupaten dan dua provinsi sekaligus yaitu Sleman, Yogyakarta, dan Klaten, Jawa Tengah.


Jika ingin memakai kendaraan umum, Anda bisa naik bus Trans Jogja 1A dari Jalan Malioboro, Yogyakarta. Waktu tempuh untuk menuju ke Candi Prambanan yaitu sekitar satu jam. Apabila ingin memakai jasa paket wisata jogja dari widyalokawisata bisa pribadi kontak kami dan dapatkan harga promo serta harga terbaiknya.


 



Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Candi Prambanan “Roro Jonggrang” Sebagai Wisata Candi Di Jogja Terpopuler"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel