Masjid Wapauwe Kaitetu, Masjid Tertua Di Indonesia Yang Dibangun Dengan Pelepah Sagu

IsJogjaMasjid Wapauwe Kaitetu merupakan masjid tertua di Maluku dan berusia lebih dari 7 abad. Uniknya, Masjid ini tidak dibangun memakai kerikil bata atau genteng dari tanah liat ibarat pada bangunan pada umumnya, melainkan dibangun dengan memakai pelepah sagu dan tanpa memakai paku satu pun. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.


 merupakan masjid tertua di Maluku dan berusia lebih dari  Masjid Wapauwe Kaitetu, Masjid Tertua di Indonesia yang dibangun dengan Pelepah Sagu

Masjid Wapauwe


Sejarah / Asal Usul Masjid Wapauwe Kaitetu, Maluku


Masjid Wapauwe Kaitetu pertama kali didirikan pada tahun 1414. Pada awalnya, Masjid unik ini tidak berada di desa Kaitetu ibarat ketika ini, melainkan berada di Tahala, yang dibangun diatas sebuah bukit. Kemudian, masyarakat yang tinggal di Tahala bertahap pindah ke desa Kaitetu. Karena banyaknya warga yang berpindah, masjid ini pun semakin jarang digunakan.


Pada suatu pagi, kejadian absurd terjadi, dimana masyarakat yang ketika itu sudah tinggal ditempat barunya, yaitu di desa Kaitetu terkejut melihat sebuah Masjid yang datang tiba ada di tengah tengah perkampungan mereka. Dan masjid itu yaitu masjid Wakapue yang dibangun di Tahala.


 merupakan masjid tertua di Maluku dan berusia lebih dari  Masjid Wapauwe Kaitetu, Masjid Tertua di Indonesia yang dibangun dengan Pelepah Sagu

Interior


Kisah ini merupakan kisah versi masyarakat setempat. Sahabat Tabloid Wisata boleh percaya boleh tidak ihwal kisah diatas, sebab memang tidak ada bukti niscaya mengenai kebenaran kisah tersebut.


“Meskipun usia Masjid Wapauwe Kaitetu sudah mencapai ratusan tahun, namun kondisi masjid ini masih sangat baik sebab selalu dirawat. Dan, masjid ini sampai sekarang masih dipakai sebagai acara Ibadah.



Lokasi Masjid Wapauwe Kaitetu


Masjid ini terletak di sebelah utara Kota Ambon, tepatnya di desa Keitetu, Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah. Rute untuk mencapai Masjid juga tidaklah sulit. Dengan memakai transportasi darat, maka rute yang harus ditempuh adalah;


Kota Ambon => Negeri Passo => Negeri Hitu => Kaitetu


Sepanjang perjalanan menuju lokasi, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang sangat indah.


Bagaimana, tertarik dengan keunikan Masjid Wapauwe Kaitetu? Jika anda sedang berwisata di Ambon, jangan lupa mampir kesini ya. Gak rugi deh.




Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Masjid Wapauwe Kaitetu, Masjid Tertua Di Indonesia Yang Dibangun Dengan Pelepah Sagu"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel