Mengunjungi Keindahan Wisata Alam Waduk Sermo

Waduk Sermo Kulonprogo merupakan sebuah bendungan irigasi yang dipakai untuk membendung kali Ngrancah yang sudah diresmikan secara pribadi oleh Presiden Soeharta dikala itu pada tahun 1996 tepatnya tanggal 20 November. Membangun Waduk menelan biaya sebesar 22 miliar rupiah. Pembangunannya pun menghabiskan waktu sekitar dua tahun delapan bulan.


Waduk Sermo selain menjadi sumber air higienis untuk PDAM serta keperluan irigasi air untuk persawahan wilayah wates, Waduk Sermo juga menjadi lokasi latihan serta lomba dayung yang biasa diselenggarakan oleh pemda setempat atau bahkan warga setempat. Berikut ini Widyalokawisata hadirkan review lengkap mengenai daerah wisata Waduk Sermo Kulonprogo.


 Hal Menarik di Wisata Alam Waduk Sermo Kulonprogo


 merupakan sebuah bendungan irigasi yang dipakai untuk membendung kali Ngrancah yang sud Mengunjungi Keindahan Wisata Alam Waduk Sermo
Keindahan Waduk Sermo

1. Bendungan dengan Memiliki Kualitas Air Terbaik di Indonesia


Waduk Sermo dianggap sebagai sebuah bendungan terbaik yang ada di Indonesia apabila diukur dari kualitas air yang tersedia untuk menjadi sumber air higienis ataupun sebagai irigasi air untuk sawah. Selain dari itu, Waduk Sermo juga dikelilingi hutan yang begitu terawat di wilayah Kulonprogo.


Luas dari Waduk Sermo sekitar 21 kilometer persegi. Dengan mempunyai luas menyerupai itu, Waduk Sermo sanggup menyimpan sekitar 22 juta meter kubik air. Bila dibandingkan dengan Waduk Jatiluhur akan terlihat lebih kecil lantaran Waduk Jatiluhur sanggup menampung hingga 3 miliar meter kubik air.


Walaupun demikian, adanya wisata alam Waduk Sermo ini menjadi sangat baik untuk warga Kulonprogo dan juga Wates lantaran sanggup dijadikan sebagai sumber air utama baik untuk keperluan sehari-hari atau menjadi keperluan irigasi persawahan.


2. Bumi Perkemahan Waduk Sermo


Karena tempatnya yang asri dan dikelilingi hutan-hutan, tidak menyebabkan Waduk Sermo sebagai lokasi wisata saja akan tetapi Waduk Sermo sering dijadikan daerah berkemahnya para pramuka dan tidak jarang beberapa sekolahan yang membawa anak didiknya untuk berkemah di Bumi Perkemahan Waduk Sermo Kulonprogo.


3. Gardu Pandang Bukit Pethu


Ketika Anda berfoto di Kalibiru, ada hal yang tidak sanggup terelakkan yakni latarbelakangnya yang merupakan hamparan Waduk Sermo dan dikala ini pengunjung sanggup berfoto dari Bukit Pethu yang dimana Waduk Sermo juga sebagai latarbelakang foto.


4. Gardu Pandang Taman Munggur


Tidak hanya dari Bukit Pethu saja Anda sanggup berfoto dengan latarbelakang Waduk Sermo. Anda juga sanggup mengambil spot dari Taman Munggur. Lokasinya tidak jauh, yakni di Dusun Klepu, Desa Kargowils, kokap Kab. Kulonprogo. Untuk sanggup ke lokasi taman sangat mudah, Anda hanya tinggal mengikuti plang petunjuk di persimpangan sebelum bertemu dengan pos retribusi Waduk Sermo.


5. Akar Liar


Terdapat Spot gres lainnya, dan spot satu ini mempunyai kesan foto dengan suasana menyerupai di atas kano serta lengkap oleh dayungnya ditambah adanya panggung kayu kecil yang juga lengkap dengan akar pohon kelapa yang sanggup di pindah-pindahkan tempatnya dengan bertuliskan akar liar di pinggir waduk.


6. Taman Bambu Air


Lokasi taman yang berada di tengah Waduk Sermo tersebut dibentuk dari bagian bambu dan juga tong plastik dengan rangkaian berupa besi sehingga sanggup menampung bobot para pengunjung yang biasanya berkumpul untuk berfoto ria.


7. Gumuk Sri Tinon


Di lokasi ini tersebut, Anda tidak hanya memperlihatkan Anda dengan sebuah spot foto dari sisi atas gardu pandang dan lengkap oleh jembatan bambunya, akan tetapi hamparan taman dengan pohon serta rumput hijau yang disana juga terdapat saung-saung, bumi perkemahan hingga aula.


8. Taman Pring Kuning


Taman Pring Kuning mempunyai tiga spot terbaik untuk para penyuka fotografi. Diantaranya menyerupai rumah bamboo, spot love dan juga tampir. Biaya masuk dikenakan hanya 5 ribu rupiah saja untuk Anda yang akan berfoto sebanyak-banyak mungkin.


9. Jangkang Hill


Tempat tersebut juga merupakan rekomendasi spot foto terbaik, yang juga mempunyai konsep menyerupai gardu pandang lainnya, tapi juga mempunyai kelebihan tersendiri ialah letaknya sempurna di bukit sermo yang sekaligus daerah pohon jangkang ini tumbuh dan nama daerah tersebut juga diambil dari nama pohon ini sendiri.


Fasilitas Wisata Alam Waduk Sermo Kulonprogo


Sebagai daerah wisata, sudah niscaya dilengkapi dengan banyak sekali kemudahan menunjang. Berikut ini beberapa kemudahan di Waduk Sermo:



  1. Villa

  2. Toilet umum

  3. Warung makan

  4. Area Parkir

  5. Rumah Panggung

  6. Rumah Jamur

  7. Bengkel

  8. Penyewaan Perahu


Harga Sewa atau Tarif Menggunakan kemudahan Wisata


Untuk sekedar mencicipi Wisata Keliling Waduk Sermo Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp6.000/orang.


Apabila Anda ingin menyewa Perahu Wisata Waduk Sermo, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000/perahu.


Kemudian juga tersedia spot foto terbaik, yakni berfoto di gardu pandang yang ada di lokasi waduk dengan biaya sebesar Rp 10.000 untuk satu orang.


 Harga Tiket Masuk Waduk Sermo


Agar sanggup masuk ke area Waduk Sermo, Anda hanya perlu membayar uang sebsar Rp 5.000 dan untuk penggunaan kemudahan yang ada di dalam Waduk Sermo cukup beragam, tak perlu khawatir lantaran semuanya terjangkau. Selain dari itu para pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir motor sebsar Rp. 2.000 dan kendaraan beroda empat Rp 5.000 serta Rp 10.000 untuk Bus besar.


Alamat dan Rute Menuju Waduk Sermo Kulonprogo



Lokasi Waduk Sermo letaknya di Desa Hargowilis, tepatnya di Kecamatan Kokap, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Keberadaan Waduk Sermo ini justru sangat gampang untuk Anda temui lantaran letaknya di sekitaran jalan utama antara Jogja dan Wates.


Cara biar sanggup hingga ke Waduk Sermo, Anda sanggup menempuh dari sentra kota Yogyakarta dengan durasi sekitar 90 menit yang mempunyai jarak kurang lebih 40 kilometer. Letaknya sempurna disebelah barat Kota Yogyakarta dan begitu dengan dengan jalan utama yang juga merupakan jalur selatan Pulau Jawa.


Selain itu Anda juga sanggup memakai jalur lain, yakni melalui jalur Godean kearah Naggulan. Akan tetapi sangat disarankan untuk memakai jalur Wates lantaran jalannya yang lebih gampang dan lebih manis untuk kendaraan pribadi.


Tips Berwisata di Waduk Sermo Kulonprogo


 merupakan sebuah bendungan irigasi yang dipakai untuk membendung kali Ngrancah yang sud Mengunjungi Keindahan Wisata Alam Waduk Sermo
Waduk Sermo Kulon Progo

Tips biar berwisata dengan nyaman ke Waduk Sermo yang mungkin sanggup menjadi contoh bagi Anda ketika ingin mengunjunginya.



  1. Berada dalam kondisi fit

  2. Menyiapkan uang yang cukup

  3. Membawa tenda sendiri dari rumah apabila ingin berkemah

  4. Membawa bekal dari rumah untuk dinikmati ketika bersantai dipinggir waduk

  5. Menyiapkan baterai kamera untuk berfoto

  6. Menjaga kebersihan lingkungan


Bagaimana, sudah siap untuk menikmati keindahan dari wisata alam Waduk Sermo Kulonprogo? Segera agendakan liburan Anda kini juga.



Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengunjungi Keindahan Wisata Alam Waduk Sermo"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel