Pantai Sukamade Banyuwangi, Melihat Penangkaran Penyu

IsJogjaPantai Sukamade merupakan sebuah pantai yang populer sebagai tempat penangkaran Penyu. Di pantai ini, wisatawan sanggup menyaksikan secara eksklusif proses penyu penyu yang lucu bertelur. Selain melihat proses berterlur nya penyu, wisatawan juga berkesempatan melihat proses pelepasan tuktik ke maritim (Tuktik: anak penyu). Pantai ini pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda, yaitu sekitar tahun 1927.


 merupakan sebuah pantai yang populer sebagai tempat penangkaran Penyu Pantai Sukamade Banyuwangi, Melihat Penangkaran Penyu

Pantai Sukamade


Penangkaran Penyu di Pantai Sukamade Banyuwangi


Kurang lebih terdapat 4 spesies penyu yang terdapat di sini, antara lain Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys Olivacea), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan Penyu Blimbing (Demochelys Coriaceae). Namun jenis yang paling gampang ditemukan di Pantai Sukamade yaitu Penyu Hijau.


Sudah ribuan tahun Pantai Sukamade menjadi tempat berkembang biaknya penyu. Bahkan penyu yang berasal dari samudera pasifik dan Samudera Hinda pun sanggup dijumpai di pantai ini. Namun agak disayangkan, jumlah penyu yang hidup di Sukamade kian menurun. Hal ini diakibatkan banyaknya lampu nelayan di pinggiran pantai.



Penyu sangat tidak menyukai cahaya, oleh alasannya yaitu itu setiap pengunjung yang berkunjung kesini selalu di himbau untuk tidak menyalakan cahaya pada malam hari, terutama saat berada di tempat pantai.


 merupakan sebuah pantai yang populer sebagai tempat penangkaran Penyu Pantai Sukamade Banyuwangi, Melihat Penangkaran Penyu


Selain dikenal sebagai tempat penangkaran penyu, Pantai Banyuwangi selatan juga dikenal sebagai tempat hutan lindung, yang masih menjadi bab dari Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini merupakan tempat hijau yang di dalamnya terdapat beberapa macam perkebunan menyerupai perkebunan kopi, perkebunan karet dan perkebunan cokelat.


Pantai Sukamade merupakan bab dari “Triangle Diamond ”, Triangle Diamond yaitu sekumpulan tempat wisata favorit di Banyuwangi. Dimana Triangle Diamond terdiri dari Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade.



Lokasi Pantai Sukamade


Pantai Sukamade terletak di Desa Rajegwesi, Kec. Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju pantai ini, wisatawan sanggup memakai mobil, sepeda motor maupun dengan jalan kaki. Mobil yang mendukung untuk mengarungi pantai ini yaitu yang jenis kendaraan beroda empat dengan double gardan.


Rute yang harus dilalui:


Kec. Jajag => Kec. Pesanggaran => Desa Rajegwesi => Pantai Sukamade.


Sudah pernah ke pantai ini? Jika belum ayo ajak keluarga atau kerabat untuk berseru usul di pantai sambil menyaksikan Penyu penyu lucu yang sedang bertelur.



Lihat Pantai Sukamade di Google Map



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Sukamade Banyuwangi, Melihat Penangkaran Penyu"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel