Teluk Biru, Nirwana Tersembunyi Di Banyuwangi

IsJogjaTeluk Biru Banyuwangi merupakan sebuah taman wisata maritim yang mempunyai keindahan air dan panorama dasar maritim yang memukau. Suasana di teluk ini masih sangat alami, baik air maritim maupun lokasi nya. Tak heran kalau warna air maritim nya sangat jernih, dan nama Teluk Biru sendiri dilatar-belakangi oleh kejernihan airnya yang nampak kebiru biruan.


merupakan sebuah taman wisata maritim yang mempunyai keindahan air dan panorama dasar maritim yan Teluk Biru, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Teluk Biru


Eksotisme Teluk Biru Banyuwangi


Belum banyak kalangan Traveller yang tahu akan keberadaan Surga tersembunyi di Banyuwangi ini. Padahal, apabila boleh dikata, Keeksotisan Teluk Biru sangat layak untuk disejajarkan dengan tempat tempat wisata terkenal lain nya menyerupai Teluk Ijo, Pulau Merah, maupun Kawah Ijen.


Wisata ini sangat pas untuk mereka yang suka dengan hobi menyelam, alasannya dengan menyelam ke dasar laut, para snorkeler sanggup melihat manis nya ekosistem maritim dengan sangat jelas.


merupakan sebuah taman wisata maritim yang mempunyai keindahan air dan panorama dasar maritim yan Teluk Biru, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Kejernihan Air Teluk Biru


Ombak yang hening dan terumbu karang yang manis menciptakan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan ingin berlama lama.


Aktivitas yang sanggup dilakukan dikala berkunjung ke Teluk Biru antara lain;



  • Snorkeling

  • Diving

  • Berenang

  • Berlayar memakai bahtera Kano (Berkano)

  • Ski Air


Jika anda suka berburu ikan, anda sanggup membawa perlengkapan pancing maupun jaring dari rumah. Karena selain sebagai tempat wisata, Teluk Biru juga tempat berkumpulnya ikan ikan. Tidak sedikit para Nelayan yang berhasil membawa pulang banyak ikan dari Laut ini setiap harinya.


Selain menikmati panorama di sekeliling teluk, setiap wisatawan yang berkunjung juga berkesempatan melihat indahnya Sunrise di kala fajar menjelang. Mengingat lokasi Teluk Biru yang sedikit jauh dan waktu tempuh yang cukup lama, wisatawan harus berangkat pukul 02.00 pagi supaya sanggup melihat sunrise ini. Jika berangkat siang hari, maka sesampainya di lokasi sudah tidak sanggup melihat sunrise lagi alasannya matahari sudah beranjak ke atas.


merupakan sebuah taman wisata maritim yang mempunyai keindahan air dan panorama dasar maritim yan Teluk Biru, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Sunrise di Teluk Biru


Dulunya, wilayah Banyuwangi selatan kerap kali terjadi pengrusakan ekosistem laut, yaitu acara para pencari ikan dengan memakai bom buatan. Hal ini sangat disayangkan oleh masyarakat Banyuwangi. Kabar baiknya, kini telah dibuat sebuah komunitas berjulukan Gemuruh. Gemuruh abreviasi dari “Gerakan Muncar Rumahku”, dimana anggota dari komunitas ini yaitu cowok pemudi yang sadar akan kelestarian alam.


Komunitas Gemuruh mempunyai banyak sekali acara yang patut untuk di apresiasi. Aktivitas yang umumnya dilakukan oleh komunitas ini antara lain;



  • Transplatasi Terumbu Karang

  • Penanaman Pohon Mangrove

  • Penambahan “Fish Apartment”.

  • Dan acara sosial lain nya.


Aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, dan hal tersebut di maksudkan untuk melestarikan lingkungan dan menyelamatkan alam.



Lokasi Teluk Biru Banyuwangi


Teluk Biru Banyuwangi masih dalam daerah Taman Nasional Alas Purwo, terletak di balik semenanjung Sembulungan, tepatnya berada di Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.


Tips: Teluk Biru lebih dikenal dengan nama “Senggrong” oleh penduduk setempat. Jadi, apabila anda ingin bertanya kepada penduduk setempat jalan menuju lokasi, sebaiknya anda bertanya lokasi “Senggrong”, alasannya kalau anda menyampaikan Teluk Biru, tidak banyak penduduk setempat yang mengerti dengan nama tersebut.


Rute / Akses Menuju Teluk Biru


Saat ini belum terdapat transportasi umum yang beroperasi ke lokasi wisata. Satu satunya alternatif yang sanggup dilakukan yaitu membawa kendaraan langsung atau memakai Jasa Travel, dengan rute sebagai berikut:


Kab. Banyuwangi => Kec. Muncar => Teluk Biru


Selain itu, setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini harus menyewa sebuah perahu, mengingat belum adanya transportasi darat menuju Teluk Biru.


Biaya sewa bahtera : Rp. 300.000 s/d Rp. 500.000


Note: Harga diatas sanggup berubah sewaktu waktu


Tips: Jika ingin berkunjung ke wisata ini, sebaiknya pada pagi/siang hari. Pada sore hari, ombak di pantai cukup besar, sehingga menciptakan para Nelayan tidak sanggup mengantar ke lokasi teluk.


Bagaimana? tertarik dengan eksotisme Teluk Biru di Banyuwangi? Tunggu apa lagi, Ayo berkunjung sekarang..




Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teluk Biru, Nirwana Tersembunyi Di Banyuwangi"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel