Tirta Gangga, Air Suci Di Sebuah Taman “Khas” Kerajaan

IsJogjaTirta Gangga ialah sebuah taman wisata yang terletak di Karangasem, Bali. Sebelum menjadi tempat wisata di bali mirip kini ini, dulunya tempat ini ialah tempat persinggahan seorang Raja Karangasem. Tirta Gangga di dominasi oleh 3 bangunan utama yang menjadi karakternya, yaitu Kolam, Patung, dan Kebun. Kesemua bangunan tersebut mempunyai makna yang tersirat. Taman yang mempunyai luas 1,2 hektar ini dibangun memanjang dari barat ke timur di area persawahan.


 ialah sebuah taman wisata yang terletak di Karangasem Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman “Khas” Kerajaan

Taman Tirta Gangga


Taman Wisata Tirta Gangga Karangasem


Kondisi di daerah wisata Tirta Gangga sangatlah sejuk, hal ini disebabkan lantaran letaknya yang berada sempurna di bawah kaki Gunung Agung, sebuah gunung tertinggi di Bali. Kesejukan dan keasriannya inilah yang menciptakan wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah. Suasana di Tirta Gangga sangatlah pas untuk melepas lelah, baik lelah fisik maupun lelah pikiran yang diakibatkan acara sehari hari yang melelahkan.


Wisata ini tidak hanya dipenuhi oleh masyarakat Bali saja, akan tetapi wisatawan yang berasal dari luar daerah, bahkan tidak sedikit wisatawan absurd yang turut andil dalam meramaikan tempat ini.


Dari pertama kali memasuki pintu gerbang utama, wisatawan akan disambut oleh beberapa patung yang seolah olah berbaris layaknya prajurit. Wisatawan sanggup berjalan jalan di atas bak melalui jalan setapak yang terbuat dari watu batu yang disusun berderet mirip jembatan. Batu watu yang disusun ini berbentuk segi enam. Selain sanggup berjalan mengitari kolam, wisatawan juga sanggup berfoto foto baik selfie maupun pre-wedding. Bagian bak ini memang paling pas untuk berfoto, lantaran selain view bak yang natural, patung patung yang ada di dalam bak juga akan mempercantik background foto dan nampak lebih mempunyai berkarakter.


 ialah sebuah taman wisata yang terletak di Karangasem Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman “Khas” Kerajaan

Kolam



Tidak jauh dari bak Tirta Gangga, terdapat sebuah taman kecil dimana di tempat tersebut ada sebuah menara air setinggi 10 meter. Menara ini berbentuk mirip atap di pura pura, bentuknya berlapis lapis.


Air di Kolam Tirta Gangga berasal dari dalam tanah, bukan air isi ulang mirip pada bak renang pada umumnya. Menurut penduduk setempat, air ini ialah air suci yang biasa mereka gunakan dikala melaksanakan upacara adat.


Selain Kolam renang yang berisikan patung patung, wisata Tirta Gangga juga mempunyai bak renang yang memperbolehkan wisatawan untuk berenang disana. Kolam yang sanggup dipakai untuk berenang ialah Kolam Air Sanih. Air di bak Sanih sangat lah jernih, lantaran juga berasal dari sumber langsung. Area renang untuk anak anak dan orang cendekia balig cukup akal sengaja dibedakan, lantaran kedalaman dari bak renang ini berbeda beda.


 ialah sebuah taman wisata yang terletak di Karangasem Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman “Khas” Kerajaan

Mandi


Tips: Bawalah handuk dan pakaian ganti apabila berencana ingin berenang di bak renang Tirta Gangga


Desain desain bangunan di wisata ini masih kental dengan huruf bangunan kerajaan. Material yang dipakai umumnya terbuat dari watu padas.


Ketika sudah puas berkeliling taman dan berenang wisatawan sanggup bersantai di restoran yang terletak di sebelah atas. Disana juga terdapat sentra oleh oleh yang menjual banyak sekali souvenir unik khas Bali.


Sejarah Tirta Gangga Karangasem Bali


Tirta Gangga pada awalnya di bangkit oleh Seorang Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Nama “Tirta Gangga” berasal dari dua suku kata, yaitu Tirta dan Gangga. Tirta berarti air suci, dan Gangga ialah sebuah nama sungai di India. Sesuai dengan namanya, di taman wisata ini memang terdapat sebuah bak yang berisi air suci di dalamnya.


 ialah sebuah taman wisata yang terletak di Karangasem Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman “Khas” Kerajaan

Air Suci


Taman ini sudah mengalami renovasi yang di lakukan oleh pemerintah setempat. Renovasi dilakukan lantaran sebelumnya taman ini pernah rusak yang disebabkan oleh letusan Gunung Agung. Meskipun sudah mengalami renovasi, Taman ini tidak kehilangan huruf khas nya sebagai bangunan bau tanah peninggalan masa Kerajaan.



Tiket Masuk Tirta Gangga Bali


Tiket Masuk Wisata ini relatif sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 / orang. Jika anda ingin berenang di bak renang Tirta Gangga, anda harus membayar lagi Rp. 6.000 /  orang.


Note: Harga diatas sanggup berubah sewaktu waktu


Lokasi / Alamat Tirta Gangga Bali


Tirta Gangga terletak di ujung timur Pulau Bali, tepatnya di Desa Ababi, Kec. Abang, Kab. Karangasem. Jarak wisata Tirta Gangga dari Bandara Internasional Ngurah Rai kurang lebih 75 km dan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Jika anda berangkat dari Bandara, anda sanggup eksklusif menuju wisata ini.


Lihat Tirta Gangga di Google Map



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tirta Gangga, Air Suci Di Sebuah Taman “Khas” Kerajaan"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel