Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland Di Kota Banyuwangi

IsJogjaJawatan Benculuk Banyuwangi merupakan sebuah bangunan renta yang dulunya dipakai untuk pengelolaan Transportasi Kereta Api. Namun, dikala ini wisata Jawatan sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata. Jawatan Benculuk selain difungsikan sebagai tempat wisata juga difungsikan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang berkualitas yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.


 Banyuwangi merupakan sebuah bangunan renta yang dulunya dipakai untuk pengelolaan Transpo Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi

Wisata Jawatan


Wisata Jawatan Hutan Rembesi


Tempat ini menunjukkan pesona pemandangan yang bagus, sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto maupun background pre-wedding dengan tema “Nature”. Saat yang sempurna apabila ingin menikmati semilir angin yang sejuk dan panorama alam Jawatan ialah pada sore hari. Karena pada sore hari sinar matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan mengakibatkan tempat ini tampak menakjubkan. Tak heran jikalau pada sore hari selalu dipenuhi pengunjung, baik hanya sekedar duduk duduk santai, bersepeda, dan berolahraga.


 Banyuwangi merupakan sebuah bangunan renta yang dulunya dipakai untuk pengelolaan Transpo Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi

Jawatan Sore Hari


Selain menunjukkan panorama alam, wisata Jawatan juga menunjukkan banyak sekali wahana seperti, memancing, bakar ikan, dan agresi menantang arum jeram. Apabila ingin menikmati wahana ini wisatawan harus membayar biaya tambahan, dan biaya tersebut sangat terjangkau.


 Banyuwangi merupakan sebuah bangunan renta yang dulunya dipakai untuk pengelolaan Transpo Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi

Arum Jeram


Beberapa Jenis Tanaman yang sanggup dijumpai di Jawatan Benculuk


Ada banyak sekali varian jenis tumbuhan yang tumbuh di tempat ini, namun ada beberapa jenis tumbuhan yang populasi nya sudah mulai berkurang. Tanaman tumbuhan yang sanggup di temukan di Jawatan Benculuk antara lain;



  1. Pohon Jati, Pohon jati yang ditanam di Area Jawatan Benculuk ialah saksi sekaligus bukti dari usia tempat wisata ini. Di lokasi wisata, terdapat beberapa jenis pohon jati dengan ukuran yang sangat besar. Dan usia dari pohon pohon ini mencapai puluhan tahun.

  2. Tumbuhan Wesah, Rasa dari buah tumbuhan Wesah ibarat dengan Lengkuas. Tanaman ini juga mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit lambung.

  3. Jamur Kepong, Jamur jenis ini juga tumbuh di area Jawatan Benculuk. Namun sayang populasi dari tumbuhan ini sudah mulai jarang alasannya ialah sudah banyak di cabut oleh beberapa pegawai perhutani. Namun, jikalau beruntung, Jamur ini masih sanggup ditemukan di beberapa tempat di Jawatan.

  4. Tumbuhan Santinet, ialah tumbuhan yang banyak ditemukan di hutan hutan. Tanaman ini menghasilkan buah berwarna kemerahan.

  5. Salak liar/Salak alas, Buah ini tidak ibarat tumbuhan atau buah salak pada umumnya, melainkan buah yang dihasilkannya sangat masam dan tidak lezat untuk dimakan.

  6. Kelengkeng, Selain diambil buahnya, pohon kelengkeng di Jawatan juga berfungsi sebagai penangkal banjir. Pohon kelengkeng sanggup menyerap air dengan volume yang sangat besar.


Untuk jenis fauna yang paling banyak di jumpai di Jawatan Benculuk ialah Kalong/Lowo. Kalong merupakan jenis kelelawar dengan masakan utamanya ialah biji-bijiian dan juga serangga. Hewan ini lebih menyukai hidup ditempat tempat sepi yang jauh dari jangkauan tangan manusia. Persinggahan utamanya ialah Goa-goa, dan bahkan tidak sedikit dari binatang ini yang membangun sarang di bangunan bangunan renta di daerah Jawatan Benculuk.



Fasilitas kemudahan di Wisata Jawatan Benculuk


Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata Jawatan Benculuk sangatlah memadai, hal ini dimaksudkan untuk menciptakan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan nyaman. Fasilitas yang tersedia antara lain;



  • Musholla

  • Toilet

  • Wifi gratis

  • Lapangan Bola

  • Lapangan Tenis

  • Lapangan Voli

  • Lapangan Karate

  • Sejumlah Minimarket

  • Warung kopi

  • Kantin

  • Dan Sungai yang bebas untuk di pancing



Sejarah Wisata Jawatan Benculuk


Wisata Jawatan Benculuk mulai didirikan pada tahun 1951 hingga tahun 1962. Berdasarkan data arsip Perhutani pemerintahan Banyuwangi, luas tempat wisata ini dulunya 5,2 hektar. Dan hingga dikala ini luas lahan yang tersisa tinggal 3,8 hektar.


Uniknya, Jawatan Benculuk Banyuwangi ialah satu satu nya tempat yang mempunyai sumber tenaga listrik mandiri. Kaprikornus untuk memenuhi kebutuhan energi listrik tempat wisata ini tidak bergantung pada daerah lainnya. Selain itu Jawatan juga masih menyimpan sebuah kereta renta (Sepur Klutuk) yang dilengkapi dengan teknisi dan juga bengkel nya. Dan kereta renta ini dulunya beroperasi antar kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, mulai dari Kalibaru, Genteng, Purwoharjo, Alas Purwo, Srono, Rogojampi, dan Banyuwangi Kota. Di beberapa kecamatan tersebut, rel Sepur Klutuk ini masih sanggup dijumpai, namun kebanyakan rel sudah banyak yang hilang, baik tertimbun tanah maupun dikarenakan ulah tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.



Tiket Masuk Wisata Jawatan Benculuk


Kabar bangga buat sahabat sahabat Tabloid Wisata, alasannya ialah hingga artikel ini ditulis, tiket masuk ke Jawatan Benculuk GRATIS.


Lokasi Wisata Jawatan Benculuk


Jawatan terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Cluring, Desa Benculuk. Lokasi Jawatan juga tidak terlalu jauh dari sentra Kota Banyuwangi. Perjalanan dari Banyuwangi Kota menuju tempat ini memakan waktu kurang lebih 30 menit.


Akses menuju lokasi wisata juga tidak sulit, alasannya ialah tempat ini berada tidak jauh dari jalan raya, tepatnya 50 km dari jalan raya.


Bagaimana? Tertarik dengan Wisata Jawatan Hutan Rembesi di Banyuwangi ini? Yuk rame rame ajak keluarga dan kerabat untuk seru ajakan di sana. Gratis loh!


Lihat Wisata Jawatan di Google Map



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland Di Kota Banyuwangi"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel