Pantai Kerikil Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis

IsJogjaPantai Watu Ulo yakni salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember. Pantai ini selalu dipenuhi wisatawan ketika hari libur. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berasal dari luar daerah.


Terdapat sebuah watu yang memanjang sempurna dibibir pantai ini. Bentuk dari watu tersebut ibarat ular, seakan-akan bersisik layaknya replika sebuah ular raksasa. Sosok watu inilah yang menciptakan Pantai Watu Ulo memiliki eksotisme tersendiri.



“Deretan pulau pulai kecil ditengah maritim dan gunung gunung yang berbaris disepanjang pantai mengakibatkan pemandangan di Pantai Watu Ulo semakin indah.



 yakni salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember Pantai Watu Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis


Pantai Watu Ulo tidak hanya ramai pada siang hari saja, akan tetapi pada malam hari pun pantai ini selalu dipenuhi dengan acara para wisatawan yang bermalam. Karena selain dilengkapi dengan tempat bermain juga disediakan area untuk berkemah. Sehingga para wisatawan yang ingin berlama -lama bersantai dan menikmati suasana pantai Watu Ulo sanggup bermalam dengan berbekal sebuah tenda.


Es Kelapa Mudah, Minuman Segar Khas Pantai Watu Ulo


Setelah dirasa lelah menghabiskan waktu bermain dan menikmati keindahan pantai, para pengunjung sanggup beristarahat sambil menikmati Es Kelapa Muda Segar yang sanggup didapatkan di Rest Area.


 yakni salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember Pantai Watu Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis


Penyajian Es Kelapa ini sangat unik, alasannya yakni dalam penyajiannya tidak dengan memakai gelas ataupun mangkuk, melainkan pribadi meminumnya dari dalam kelapa. Sebuah kelapa utuh di iris ujungnya dan menambahkan sedikit gula kedalam kelapa tersebut. Sehingga kesejukan dan aroma air kelapa nya sangat kental.


Asal Usul Nama Pantai Watu Ulo


Nama Pantai Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa, yaitu “Watu” yang berarti Batu dan “Ulo” yang berarti Ular. Makara Pantai Watu Ulo sanggup diartikan sebagai Pantai Batu Ular. Dan yang melatar -belakangi penyebutan nama Watu Ulo sendiri tidak lain alasannya yakni Batu panjang ibarat bentuk ular di sisi pantai yang menjorok ke laut.


Banyak sekali kisah kisah gaib wacana pantai yang berada di selatan pulau Jawa ini. Cerita ini beredar luas sehingga banyak orang yang meyakini dari kisah mistis tersebut. Sayangnya dongeng tersebut terbagi kedalam beberapa versi.


 yakni salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember Pantai Watu Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis


Ada yang menyampaikan bahwa pantai ini dulunya di kuasai oleh Sesosok Ular raksasa yang berjulukan Nogo Rojo. Nogo Rojo dalam bahasa Indonesia berarti “Raja Naga”. Dan Nogo Rojo tersebut bertarung dengan penduduk setempat alasannya yakni perebutan wilayah. Nogo rojo pun balasannya berhasil dikalahkan dan tubuhnya dibelah menjadi tiga. Batu bersisik yang ibarat ular inilah yang balasannya dipercaya sebagai penggalan dari tubuh Nogo Rojo Yang terbelah.


Di sisi lain ada yang mengkisahkan versi yang berbeda, dimana sosok Nogo Rojo yakni utusan Ajisaka yang hingga dikala ini masih ada di pantai tersebut untuk bertapa dengan tubuh yang sudah tidak lengkap, dimana kepala dari Nogo Rojo berada di Banyuwangi sedangkan yang berada di Pantai Watu Ulo yakni bab tubuh dan ekornya.



Ritual Larung Sesaji Pantai Watu Ulo


Di Pantai Watu Ulo selalu diadakan kegiatan rutin pada dikala hari raya Idul Fitri. Tepatnya Pada tanggal 7 bulan syawal selalu digelar sebuah ritual “Larung Sesaji”. Larung sesaji yakni sebuah ritual melemparkan sesaji ke dalam maritim dengan memakai sebuah perahu. Larung sesaji ini yakni bentuk dari rasa syukur masyarakat setempat.


 yakni salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember Pantai Watu Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis


Menjadi keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung pada dikala perayaan tersebut. Selain melihat pribadi ritual yang dilakukan, mereka juga akan disuguhi banyak sekali macam hiburan yang menarik dan “hunting” kerajinan tangan khas masyarakat setempat pada keesokan harinya.


Berkeliling di Sekitar Pantai Watu Ulo


Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga sanggup sekedar berjalan jalan santai untuk melihat suatu tempat yang unik, yaitu sebuah goa Jepang. Goa ini berada tidak jauh dari pantai, sehingga para wisatawan sanggup berjalan kaki dari pantai menuju goa ini. Goa ini yakni peninggalan jepang  yang dibangun pada dikala penjajahan puluhan tahun silam.


 yakni salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember Pantai Watu Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis


Selain Goa Jepang juga terdapat sebuah goa yang berjulukan Goa Kelelawar. Letak Goa Kelelawar juga masih se -area dengan pantai Watu Ulo. Di dalam goa ini banyak sekali kelelawar, dan hal tersebutlah yang melatarbelakangi nama goa ini.



Lokasi Pantai Watu Ulo Jember


Watu ulo berada di ujung selatan Kabupaten Jember Jawa Timur, tepatnya di desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu. Jarak Pantai dari sentra kota Jember yakni 40 km. Untuk hingga ke lokasi wisata, sanggup ditempuh dari 2 arah, yaitu dari timur (Banyuwangi) dan dari Barat (Lumajang).


Apabila berangkat dari arah timur, rute yang harus ditempuh adalah;

Banyuwangi => Jember => Kec. Ambulu => Desa Sumber rejo => Pantai Watu Ulo


Apabila berangkat dari arah barat, rute yang harus ditempuh adalah;

Lumajang => Kec. Ambulu (Jember) => Desa Sumber rejo => Pantai Watu Ulo


Transportasi Menuju Pantai Watu Ulo


Tidak ada angkutan umum yang menuju pribadi ke Lokasi. Satu satunya alternatif untuk sanggup hingga ke Pantai ini yakni dengan memakai jasa Travel atau kendaraan pribadi.


Lihat Lokasi Pantai Watu Ulo di Google Map



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Kerikil Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel