Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

IsJogja – Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Pantai “Kuta” bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara , Saat ini Pantai Pulau Merah Banyuwangi menjadi sasaran destinasi wisata favorit kedua bagi para wisatawan domestik maupun asing. Hal ini tidak lain dikarenakan kebersihan dan keindahan pesona pantai yang disuguhkan dan juga ombak yang sanggup dipakai untuk surfing.


Banyuwangi memang sangat kaya akan pantai, dan hal inilah yang mengakibatkan Banyuwangi lebih dikenal di dunia. Hampir setengah wilayah Banyuwangi dikelilingi Pantai, dan salah satu pantai yang kian di lirik oleh para wisatawan yaitu Pantai Pulau Merah, sebuah Pantai yang berlokasi di ujung selatan Banyuwangi.


 bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”


Pantai pulau merah ini mempunyai pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 KM. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut Terdapat bukit kecil yang sangat elok setinggi 200 M. Di belahan timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di belahan barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.


Selain pemandangan menawan yang dimiliki nya, pantai Pulau Merah mempunyai ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove.


Keamanan berwisata di Pantai pulau merah sangat diutamakan. Terdapat petugas yang menjaga sekaligus mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan, terutama kepada mereka yang melaksanakan renang di Pantai. Terdapat tower setinggi 5 meter yang dipakai oleh petugas ini untuk memantau dan memastikan keamanan keadaan di sekitarnya.


Aktifitas Menarik di Pantai Pulau Merah


Surfing


 bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”


Daya tarik Pantai Pulau Merah adalah lantaran ombak yang dimiliki nya. Dan hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi mereka yang hobi berselancar. Pantai ini selalu dipenuhi oleh Surfer Mancanegara setiap harinya. Bahkan banyak dari mereka menentukan untuk menginap selama berhari-hari dan beberapa ada yang hingga berminggu-minggu.


Hingga dikala ini, pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mengadakan event surfing rutin setiap tahunnya. Dan event tersebut melibatkan penerima dari 20 negara diseluruh dunia.


 bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”


SEWA PAPAN SELANCAR SANGAT MURAH LHO, HANYA DENGAN 50rb ANDA SUDAH DAPAT BERSELANCAR RIA



Memancing


Untuk mereka yang mempunyai hobi memancing, sanggup memanfaatkan jasa bahtera tradisional untuk memancing di tengah laut. Hal ini tentu sangat menyenangkan, lantaran selain mendapat ikan, wisatawan juga akan sanggup menikmati hembusan sejuk air laut.


Snorkeling


Aktivitas langsung lainnya yaitu snorkeling. Di lokasi pantai Pulau Merah terdapat pihak yang menyewakan perlengkapan untuk snorkeling. Dan satu hal yang menarik adalah, harga sewa nya tidak semahal tempat sewa pada umumnya.


Mendaki Bukit


Ketika maritim sedang surut, anda sanggup berjalan ke tengah maritim untuk menaiki Bukit yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Melalui bukit tersebut anda sanggup menyaksikan keindahan maritim lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi pantai Pulau Merah.


Mandi di laut


Selain hanya sekedar “cuci mata”, hal lain yang juga menarik untuk dilakukan yaitu bermain main dengan gulungan ombak. Melalui ombak setinggi 2 meter ini anda sanggup ber-historia bersama kerabat atau keluarga anda. Pada dikala saat tertentu memang tidak diperbolehkan untuk mandi di Pantai. Hal ini dilakukan ketika kondisi Pantai tidak memungkinkan atau ketika cuaca sedang buruk.


Bermain Pasir


Hal yang hampir selalu dilakukan ketika berkunjung ke sebuah pantai yaitu bermain pasir. Pulau Merah mempunyai pasir yang sangat lembut, hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi mereka yang ingin bermain main dengan Pasir.


Menikmati jajanan Khas Setempat


Setelah lelah bermain main atau berselancar, penjaja kuliner dan minuman akan siap melayani kuliner dan minuman. Di dalam lokasi pantai terdapat banyak kios yang menjual banyak sekali macam konsumsi. Mulai dari kuliner ringan, minuman, hingga masakan berjenis kuliner.


Asal Usul Nama “Pulau Merah”


 bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”


Pantai Pulau Merah sebelumnya dikenal dengan Pantai Ringin Pintu oleh masyarakat setempat. Nama Pulau Merah sendiri merujuk pada bukit kecil ditengah maritim (tidak jauh dari pantai) yang mempunyai tanah berwarna merah. Namun pulau tersebut tidak terlihat merah lantaran adanya pohon yang menyelimuti nya. Selain warna merah tanah bukit kecil tersebut, pantai ini memang terlihat sangat merah ketika sore hari, dan warna kemerah-merahan tersebut disebabkan oleh pasir berair yang terkena sinar matahari yang hendak tenggelam, terutama pada dikala kemarau.



Kisah Mistis Pantai Pulau Merah


Banyak sekali dongeng mistis yang beredar terkait dengan Pantai Pulau Merah ini. Berikut ini dongeng kisah mistis yang konon pernah dialami oleh penduduk setempat;



  • Adanya kilatan cahaya merah yang melintas di pantai tersebut, sehingga ada yang menyampaikan hal tersebutlah yang menjadi latarbelakang nama Pantai ini sehingga berjulukan Pulau Merah.

  • Ada sebuah Pura yang tidak tidak hancur ketika dilanda peristiwa Tsunami setinggi 13 meter pada tahun 1990.


Pantai Pulau Merah atau Pantai Plengkung “G-Land”?


Sebelum Pantai Pulau Merah Terkenal, Pantai Pelengkung atau yang lebih dikenal dengan “G Land” lah yang dijadikan prioritas wisata bagi masyarakat Banyuwangi. Tidak ibarat Pelengkung, Pantai Pulau Merah tidak terdapat banyak watu karang, sebaliknya pantai ini mempunyai pasir yang lembut yang menciptakan wisatawan betah untuk bermain main. Ditambah lagi, terdapat bukit kecil yang elok setinggi 200 meter yang berada ditengah tengah laut.


Bagaimana dengan kondisi ombak untuk Berselancar?


Memang ombak yang dihasilkan oleh pantai Pulau Merah tidak setinggi G-Land. Akan tetapi hal ini menjadi laba tersendiri bagi mereka yang masih pemula dan tahap berguru berselancar. Dengan ketinggian rata rata ombak 2M, lebih tidak membahayakan untuk mereka yang belum professional. Namun apabila sudah professional, memang G-Land sangat direkomendasikan.


Melihat lihat disekeliling Pantai Pulau Merah


 bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”


Tidak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat sebuah Pura, yaitu Pura Tawang Alun. Pura ini dibangun pada tahun 1980-an. Selain dipakai untuk tempat sembahyang oleh warga setempat, Pura ini juga sering mendapat kunjungan dari umat hindu dari seluruh Indonesia, khususnya pengunjung yang berasal dari Bali dan Bromo.


Ketika anda berwisata di Pantai Pulau Merah, anda sanggup memanfaatkan kesempatan untuk sekedar berkeliling santai dan melihat lihat tempat yang sakral ini.


Kuliner Pantai Pulau Merah

 bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”


Ketika wisatawan memasuki kawasan Pantai Pulau Merah, mereka akan disuguhkan dengan bermacam-macam masakan masakan khas Banyuwangi ibarat rujak soto, rujak bakso, rawon, dan sajian khas lainnya. Hal ini lantaran lokasi pantai ini erat dengan pemukiman warga. Kebersihan tempat dan kuliner yang disajikan tidak perlu dikhawatirkan lagi.



Penginapan di Pantai Pulau Merah


Ketika anda berencana ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, anda sanggup menyewa homestay disekitar pantai yang disediakan oleh warga setempat. Harga sewa nya relatif murah jikalau dibandingkan dengan penginapan tempat wisata lain, yaitu mulai dari Rp.100.000 per malam.


Anda sanggup menentukan homestay sesusai dengan akomodasi yang anda inginkan. Fasilitas homestay yang diberikan, ibarat kamar tidur, bed, TV, AC dsb tergantung dari harga yang anda inginkan. Selain sanggup menikmati keindahan panorama Sunset, anda juga akan bertemu dengan banyak sekali bule yang juga menginap di area Homestay tersebut.


Lokasi Pantai Pulau Merah


Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini merupakan belahan dari pantai selatan dan masih satu rangkaian dengan Pantai Teluk Ijo, Pantai Sukamade, dan juga Pantai Pancer. Jarak tempuh dari Banyuwangi kota ke lokasi yaitu 60KM, atau kurang lebih memakan waktu 3 Jam perjalanan.


Infrastruktur ibarat jalan, transportasi umum sangat mendukung. Kondisi jalan sangatlah bagus, yang mana sudah memakai aspal hitam.


Rute menuju Pantai Pulau Merah


Transportasi Umum


Apabila anda memakai transportasi umum, berikut ini tahap-tahap nya;



  1. Menuju terminal Jajag, Banyuwangi.

  2. Dari terminal Jajag naik bus mini menuju Terminal Pesanggaran (Kec. Pesanggaran)

  3. Dari Terminal Pesanggaran naik Ojek langsung menuju Lokasi Pantai Pulau Merah.


Kendaraan Pribadi


Apabila anda memakai kendaraan pribadi, ada dua alternatif jalan yang sanggup anda tempuh. Jika anda berangkat dari arah Barat Banyuwangi , maka inilah rutenya.

Kec. Genteng => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah


Jika anda berangkat dari arah Timur Banyuwangi atau berangkat dari Situbondo, inilah rutenya.

Kec. Jajag => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah


Lihat Lokasi Pantai Pulau Merah di Google Map



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel