Pesona Pantai-Pantai Gunung Kidul Dari Puncak Kosakora

Kabupaten Gunung Kidul memang populer mempunyai segudang wisata alam yang mempesona mulai dari goa hingga pantainya. Terdapat aneka macam nirwana tersembunyi di kabupaten yang letaknya di sebelah timur Jogja ini. Tidak diragukan lagi, pantai-pantai dan wisata lain yang ada di Gunung Kidul masing-masing mempunyai keeksotisan tersendiri. Salah satu yang menjadi andalan wisatanya yakni Puncak Kosakora, bukit di atas pantai.


Penasaran dengan keindahan Puncak Kosakora? Langsung saja pesan paket tour Jogja di Widyalokawisata.



Overview Puncak Kosakora


Kabupaten Gunung Kidul memang populer mempunyai segudang wisata alam yang mempesona mulai  Pesona Pantai-Pantai Gunung Kidul dari Puncak Kosakora
Keindahan Pantai dari Puncak Kosakora

Puncak Kosakora dulunya dikenal masyarakat setempat dengan nama bukit Ngrumput. Puncak Kosakora sendiri merupakan destinasi wisata alam hasil dari fenomena eksokarst lain di Gunung Kidul. Hamparan rumput luas digabungkan dengan pemandangan maritim lepas dan langit biru yang membentang menjadi spot ngehits yang diincar kalangan anak muda untuk ber-selfie. Anda juga akan mendapat pemandangan istimewa Pantai Ngrumput dari Puncak Kosakora.


Puncak Kosakora berlokasi di desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di jajaran garis pantai Gunung Kidul, Puncak Kosakora diapit oleh beberapa pantai ibarat Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang dan Pantai Ngrumput yang berada sempurna di bawahnya. Puncak ini mempunyai ketinggian sekitar 50 mdpl.


Rute menuju Puncak Kosakora



Berjarak sekitar 61 km dari sentra kota Jogja, perjalanan menuju ke Puncak Kosakora sanggup memakan waktu tempuh selama 1 jam 45 menit (jika tidak ada kendala). Akses menuju ke Puncak Kosakora sanggup memakai kendaraan umum dan langsung hingga ke tempat Pantai Drini. Jika kau memakai kendaraan umum kau sanggup memulainya dengan naik bus jurusan Wonosari dari Terminal Giwangan dan lalu turun di terminal Wonosari. Kemudian Anda sanggup melanjutkan perjalanan dengan ojek menuju Pantai Drini.


Untuk hingga ke puncaknya sendiri, anda harus siap berjalan kaki sekitar 30 menit dari area parkir dengan melewati Pantai Ngerumput terlebih dahulu. Pemandangan awal yang akan dijumpai diawal perjalanan yakni padang rumput yang luas. Anda juga akan melewati ladang-ladang milik masyarakat setempat.


Perjalanan ini membutuhkan stamina yang besar lengan berkuasa dan pastikan membawa makanan dan minuman alasannya yakni perjalanan ini akan sangat menguras tenaga. Jalan yang disusuri menuju ke Puncak Kosakora masih berupa jalan setapak dan masih sangat alami dengan medan menanjak serta bebatuan karang tajam sehingga harus ekstra hati-hati ketika turun hujan. Namun rasa lelah anda akan terbayar lunas dengan pemandangan pantai-pantai yang luar biasa indah dari atas Puncak Kosakora.


Ingin menuju Puncak Kosakora dengan lebih cepat? Pesan saja, paket tour Jogja di Widyalokawisata. 


Harga Tiket Masuk dan Fasilitas


Kabupaten Gunung Kidul memang populer mempunyai segudang wisata alam yang mempesona mulai  Pesona Pantai-Pantai Gunung Kidul dari Puncak Kosakora
Puncak Kosakora Gunungkidul

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 dan biaya parkir. Seperti yang telah disebutkan di atas, kendaraan yang Anda bawa hanya sanggup hingga di parkiran Pantai Drini dengan biaya parkir Rp. 3000/motor dan kendaraan beroda empat Rp. 5.000/mobil.


Sedangkan untuk kemudahan umumnya sendiri tidak ada, seluruhnya berada di Pantai Drini. Puncak Kosakora buka selama 24 jam setiap hari.


Bagi yang suka nge-camp, Anda sanggup memasukan Puncak Kosakora ke dalam list. Di Puncak Kosakora sendiri sudah ada pengelola yang menyewakan peralatan camping dengan tarif harga bervariasi mulai dari Rp. 60.000 – Rp. 100.000 sesuai dengan ukuran tenda. Kaprikornus tidak perlu repot membawa peralatan dari rumah.


Disarankan mengunjungi Puncak Kosakora pada waktu pagi atau sore hari alasannya yakni anda sanggup menyaksikan detik-detik terbit dan tenggelamnya matahari dari puncak bukit. Karena menghadapi medan yang sulit dengan banyaknya bebatuan tajam, maka gunakanlah ganjal kaki yang nyaman dan kondusif untuk berjaga-jaga biar kaki anda tidak terluka. Dan lebih disarankan memakai kendaraan pribadi.


 




Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pesona Pantai-Pantai Gunung Kidul Dari Puncak Kosakora"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel