Wisata Gunung Merapi Kaliurang

Gunung Merapi Kaliurang merupakan salah satu gunung yang paling aktif di dunia. Gunung yang sering mengeluarkan awan panas atau “wedus gembel” ini sangat lekat dengan legenda “Eyang Merapi” yang disebut sebagai sang penunggu gunung. Namun terlepas dari sejumlah dongeng mistis mengenai Gunung Merapi, ternyata di lereng Merapi terdapat spot wisata menarik yang perlu Anda kunjungi saat  berada di Yogyakarta, yaitu Kaliurang.

Tempat wisata alam tersebut berlokasi di Desa Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta. Saat gres datang di Yogyakarta, Anda tentu sempat gundah bagaimana harus mencari kendaraan sewa untuk menuju wista Kaliurang. Jika memakai jasa taksi atau rental mobil tentu akan sangat menguras isi kantong. Yang paling pas yakni dengan jasa sewa rental motor, alasannya yakni harga tentu lebih murah.


merupakan salah satu gunung yang paling aktif di dunia Wisata Gunung Merapi Kaliurang


Gunung Merapi Kaliurang


Dari sentra kota Yogyakarta menuju Kaliurang, Anda perlu menempuh jarak sekitar 25 km, dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Lokasinya berada pada ketinggian 900 mdpl,persisinya di lereng selatan Gunung Merapi. Dengan mengendarai motor perjalanan Anda akan sangat lancar meski harus menaiki tanjakan demi tanjakan. Perjalanan pun terasa makin menyenangkan alasannya yakni Anda akan disuguhi panorama alam yang masih hijau dan asri wisata jogja


kini dikala nya Anda di Kaliurang. Hawa hirau taacuh pun mulai terasa menusuk tulang, dan saatnya untuk berkeliling. Tempat pertama yang perlu Anda kunjungi yakni Tlogo Putri yang merupakan wahana wisata air. Di kawasan tersebut Anda sanggup bermain kano, becak air, atau beberapa permainan lainnya. Tempat kedua yang harus Anda kunjungi yakni Gardu Pandang, yang merupakan pos pengamatan Gunung Merapi. Dari gardu pandang, Anda sanggup menyaksikan Gunung Merapi dengan lebih jelas.


Museum Vulkanik Merapi


Selanjutnya itu Anda sanggup menuju ke lokasi Museum Vulkanik Merapi, yang merupakan kawasan dimana Anda sanggup mendapat banyak sekali informasi mengenai Gunung Merapi kaliurang, antara lain mengenai letusan Gunung Merapi, mitos yang bekerjasama dengan Gunung Merapi, dan lain sebagainya.


Setelah  berada di museum, sekarang Anda sanggup menuju ke Goa Jepang, yang merupakan sebuah goa bekas peninggalan tentara Jepang. Pada masa lalu, goa tersebut merupakan kawasan persembunyian tentara Jepang dari kejaran tentara Sekutu. Keunikan dari goa ini yakni alasannya yakni adanya 25 pintu goa yang saling terhubung satu sama lain. Untuk menuju goa ini  perlu berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit.


Tempat selanjutnya yang direkomendasikan yaitu Taman Wisata Plawangan Turgo. Anda sanggup menuju ke lokasi tersebut dengan cara berjalan kaki menyusuri hutan tropis yang indah dan asri. Suatu kegiatan yang menyenangkan alasannya yakni banyak juga wisatawan yang akan berjalan kaki bersama Anda sambil menyaksikan kelompok kera yang hidup di lokasi ini. Dari lokasi ini juga Anda sanggup menyaksikan area bekas terjangan awan panas yang terjadi pada tahun 1994 silam.


kini saatnya anda untuk berburu kuliner khas gunung merapi Kaliurang berupa jadah,  tempe bacem, dan sate kelinci. Beberapa kuliner tersebut sanggup  dinikmati di lokasi, dan jangan lupa sebagian dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Nah, selamat berlibur! di kutip dari www.wsrentaljogja.com

class="kk-star-ratings kksr-valign-bottom kksr-align-left "
data-id="298"
data-slug="">





































1
/
5
(
1

vote

)




Sumber: garasijogja.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Gunung Merapi Kaliurang"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel