Goa Pindul, Goa Unik Yang Terdapat Sebuah Sungai Di Dalamnya

IsJogjaGoa Pindul Jogja ialah sebuah goa yang sangat unik, dimana di dalam goa ini terdapat sebuah sungai yang melintas disepanjang goa tersebut. Aktivitas yang umumnya dilakukan di wisata ini ialah cave tubing. Cave tubing adalah aktifitas menyusuri sungai yang ada di dalam goa dengan memakai sebuah ban pelampung. cave tubing sebenarnya hampir menyerupai dengan rafting. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah, rafting biasanya dilakukan di fatwa air sungai yang deras. Sedangkan cave tubing dilakukan di fatwa sungai yang tenang.


Goa Pindul Jogja mempunyai panjang 350 meter dengan lebar 5 meter. Terdapat tiga zona yang harus dilalui saat melintas di Goa Pindul, yaitu zona terang, zona gelap, dan zona remang. Zona jelas terdapat di area start saat hendak memasuki goa. Zona remang berada di beberapa meter sehabis memasuki pintu goa. Dan Zona Gelap berada di tengah tengah dalam goa Pindul.


 Jogja ialah sebuah goa yang sangat unik Goa Pindul, Goa Unik yang Terdapat Sebuah Sungai Di Dalamnya

Goa Pindul



Ornamen ornamen di dinding goa ditambah dengan ricuhnya kekelawar menciptakan goa Pindul bak lukisan yang ternilai harganya.



Tepat di tengah tengah goa terdapat ruang yang cukup besar, dan uniknya diatas ruang tersebut terdapat sebuah lobang, yang biasanya dipakai sebagai jalur pintu masuk vertikal oleh TIM SAR . Dari lobang ini sinar matahari sanggup masuk menyinari ke dalam goa. Sehingga menyebabkan pemandangan di dalam Goa menjadi sangat luar biasa indah.


 Jogja ialah sebuah goa yang sangat unik Goa Pindul, Goa Unik yang Terdapat Sebuah Sungai Di Dalamnya

Lobang Goa Pindul


Setiap pengunjung yang menyusuri Goa Pindul dengan memakai pelampung, akan menjumpai stalagtit yang sangat besar. Ukuran dari stalagtit tersebut mencapai 5 rentangan tangan orang dewasa. Konon katanya, air yang menetes dari staglagtit ini sanggup menyebabkan anggun dan abadi muda. Sedangkan untuk pria, air yang menetes tersebut sanggup meningkatakan vitalitas pria.


 Jogja ialah sebuah goa yang sangat unik Goa Pindul, Goa Unik yang Terdapat Sebuah Sungai Di Dalamnya

Stalagmit dan Stalagtit



Sejarah Goa Pindul


Kisah ini di awali orang orang pada zaman dahulu yang berjulukan Ki Ageng Pemanahan dan Ki juru Mertani. Keduanya mendapat kiprah untuk membunuh bayi yang diperintahkan oleh Panembahan Senopati Mataram. bayi tersebut ialah anak dari Puteri Penembahan Senopati.


Ki Ageng dan Juru Mertani tetapkan untuk melanggar perintah Panembahan Senopati, yaitu enggan untuk membunuh sang bayi. Kedua orang tersebut tetapkan untuk mengembara ke arah timur sambil membawa sang bayi, tepatnya di sebuah puncak bukit. Karena kedua orang tersebut mempunyai kesaktian yang sangat luar biasa, bukit yang di daki nya pun runtuh hingga menyisakan lubang yang cukup besar yang di bawahnya terdapat air sungai yang mengalir.


Sang bayi mungil yang diperintahkan untuk dibunuh oleh Panembahan Senopati dimandikan oleh Ki Ageng dan Ki Juru Mertani di fatwa sungai di bawah Lobang bukit tersebut.


Ketika proses memandikan sang bayi, pipi sang bayi terbentur dinding goa hingga benjol. Dalam bahasa Jawa, Benjol berarti “Pindul”. Hal itulah yang melatar belakangi asal mula nama Goa Pindul.


Lokasi Goa Pindul


Goa Pindul terletak di Jogja , tepatnya desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul.


Rute menuju lokasi Goa Pindul Jogja


Ada dua alternatif transportasi yang sanggup dipakai semoga sanggup hingga ke Goa Pindul Jogja, yaitu dengan memakai angkutan umum dan kendaraan pribadi. (Di asumsikan berangkat dari Jogja).


Apabila memakai angkutan umum maka rute yang di tempuh adalah;

Malioboro => Terminal Giwangan => Kota Wonosari => Goa Pindul


Apabila memakai kendaraan langsung pun juga kurang lebih rute nya sama.



Tiket Masuk Goa Pindul Jogja



































PaketHarga
Caving Goa PindulRp. 35.000
Rafting/River Tubing Sungai OyaRp. 45.000
Susur Goa SritiRp. 30.000
Susur Goa GelatikRp. 30.000
Susur Goa AsriRp. 20.000
Susur Goa EmasRp. 25.000

Catatan:

*Untuk Tiket masuk wisatawan absurd : Rp.50.000


*Biaya retribusi setiap pengunjung Rp.10.000


Note: Harga diatas sanggup berubah sewaktu waktu


Jasa tersebut sudah meliputi Jasa pemandu, Asuransi, serta perlengkapan susur goa menyerupai baju pelampung, sepatu karet, head lamp, dll). Petugas pemandu akan mengantarkan dan menjemput penerima dari rest area ke lokasi goa.


Lihat Lokasi Goa Pindul Jogja di Google Map















Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Goa Pindul, Goa Unik Yang Terdapat Sebuah Sungai Di Dalamnya"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel