Gunung Kelud, Menyidik Bekas Letusan Dan Lahar Kubah Lava

IsJogjaWisata Gunung Kelud Kediri yaitu salah satu dari sekian gunung berapi di Jawa Timur yang mempunyai panorama keindahan yang sangat menakjubkan. Dan di Jawa Timur, gunung ini menjadi gunung favorit ketiga sesudah Bromo dan Semeru. Di sepanjang jalan ketika hendak menuju area puncak juga penuh dengan pemandangan yang menciptakan wisatawan berhenti sejenak untuk mengambil beberapa gambar. Dengan adanya panorama yang ibarat tiada henti hentinya, menciptakan perjalanan terasa tidak membosankan. Bukit bukit yang berjajar serta tanaman buah nanas sanggup di jumpai di kanan kiri jalan.


Selain gunung, setiap wisatawan yang tiba juga akan dimanjakan oleh keindahan air terjun, ladang, lembah, kehijauan hutan dan panorama menarik lainnya. Semua objek wisata yang ada masih sangat natural, tidak ada bangunan bangunan yang bersifat merusak dan menghilangkan “nyawa” dari objek wisata tersebut.


Di pinggir pinggir jalan terdapat banyak sekali warung warung kecil yang menjual aneka masakan dan minuman. Untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati aneka macam hidangan masakan ringan maupun minuman hangat sanggup singgah di warung warung tersebut.


 yaitu salah satu dari sekian gunung berapi di Jawa Timur yang mempunyai panorama keindaha Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Gunung Kelud


Sejarah mencatat bahwa Gunung Kelud ini pernah meletus beberapa kali, dan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2014 silam. Letusan tersebut menjadikan hilangnya beberapa daerah menarik yang sebelumnya sering menjadi tujuan para wisatawan. Selain itu, di beberapa daerah ibarat kawah gunung juga tidak diperbolehkan lagi untuk disinggahi oleh pengunjung, alasannya yaitu area larangan tersebut termasuk dalam area yang sanggup membahayakan keselamatan pengunjung.



Kubah Lava Gunung Kelud


 yaitu salah satu dari sekian gunung berapi di Jawa Timur yang mempunyai panorama keindaha Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Kubah Lava


Setiap wisatawan yang berkunjung berkesempatan untuk melihat salah satu objek favorit, yaitu Kubah Lava. Kubah Lava yaitu sebuah fenomena alam yang terjadi di pegunungan dimana objek ini mempunyai bentuk layaknya sebuah kubah yang terdapat air di sekelilingnya. Namun pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihatnya dari kejauhan alasannya yaitu Kubah tersebut termasuk dalam area yang berbahaya.


Pemandian Air Hangat Gunung


 yaitu salah satu dari sekian gunung berapi di Jawa Timur yang mempunyai panorama keindaha Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Pemandian Air Hangat


Selain objek objek diatas, di Gunung Kelud Kediri juga terdapat sebuah pemandian air panas. Pemandian ini sanggup mempunyai kegunaan untuk melepas lelah sesudah mendaki gunung atau berjalan jalan menelusuri objek wisata. Tubuh perlahan lahan akan kembali segar sesudah direndam beberapa ketika di air panas ini.



Jalan Misteri Gunung Kelud 


Terdapat fenomena yang sangat gila ketika berada di sebuah jalan menuju lokasi Gunung Kelud Kediri, dimana sebuah kendaraan (khususnya mobil) sanggup berjalan sendiri meskipun mesin dalam keadaan netral dan keadaan jalan datar (tidak menurun). Belum diketahui secara niscaya perihal kebenaran fenomena ini, namun menurut beberapa rumor yang beredar fenomena tersebut benar adanya.


 yaitu salah satu dari sekian gunung berapi di Jawa Timur yang mempunyai panorama keindaha Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Jalan misteri


Lokasi Gunung Kelud


Gunung kelud terletak tidak terlalu jauh dari sentra Kota Kediri, jarak lokasi gunung ke sentra kota Kediri kurang lebih 30 km.Ketika hingga di kaki gunung, para pengendara sanggup membawanya naik keatas. Sedangkan untuk pengendara kendaraan beroda empat harus memparkirkan kendaraannya sempurna di kaki gunung tersebut dan memang sudah disedikan area khusus parkir untuk pengendara mobil.Para pengendara sanggup melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan berjalan kaki maupun memakai jasa ojek. Tukang Ojek yang mangkal di daerah tersebut bersedia mengantarkan baik ketika naik maupun ketika hendak turun.


Rute menuju Lokasi Gunung Kelud Kediri juga tergolong mudah, alasannya yaitu susukan jalan sudah memakai aspal hitam (hot mixed) yang cukup lebar untuk ukuran sebuah kendaraan beroda empat bahkan bus. Selain itu juga terdapat papan penunjuk jalan yang mengarahkan pada lokasi wisata Gunung Kelud. Ketika hingga di gerbang masuk utama menuju lokasi wisata, jalanan sedikit meliak-liuk dan terdapat beberapa tanjakan yang cukup tajam.



Rute Menuju Gunung Kelud


Untuk memudahkan perjalan menuju lokasi Gunung Kelud Kediri, berikut aku uraikan rute yang sanggup ditempuh atau di lalui.

Kota Kediri => Wates => Ngancar => Desa Sugihwaras => Lokasi Gunung Kelud


Harga Tiket Masuk Gunung Kelud Kediri


Tiket sanggup dibeli di gapura (gerbang Pintu Masuk).

*Harga tiket Hari Senin – Jumat : Rp.5000,

*Harga tiket pada hari Sabtu, Minggu, hari libur : Rp.10.000


Lihat Lokasi Gunung Kelud Kediri di Google Map















Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gunung Kelud, Menyidik Bekas Letusan Dan Lahar Kubah Lava"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel