Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

IsJogjaWisata Ujung Kulon Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten. Taman ini diresmikan sebagai Warisan Dunia (World Heritage) oleh Badan Kebudayaan Dunia, UNESCO semenjak tahun 1992. Wisata Ujung Kulon berada di tempat yang jauh dari keramaian, sehingga tempat ini sangat cocok untuk memecahkan penat dan sebagai tempat untuk refreshing otak. Wisata Ujung Kulon tidak hanya menunjukkan aneka satwa saja, melainkan juga wahana wisata yang menarik lainnya menyerupai Taman Laut, Sumber Air Panas, Air Terjun, dll.


 Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

Taman Nasional Ujung Kulon


Wisata Ujung Kulon National Park


Karena tempat wisata ini cukup terisolir dari keramaian, tenaga listrik pun sangat sulit untuk di dapatkan di tempat ini. Makara apabila anda berkunjung kesini jangan heran kalau sulit ditemukannya signal komunikasi telfon seluler.


Fenomena unik yang sanggup di jumpai di tempat wisata ini yaitu Ikan Glodok dan Sumpit. Ikan Glodok ialah jenis ikan yang sanggup memanjat sebuah pohon, sedangkan ikan Sumpit ialah jenis ikan yang sanggup mengeluarkan sembuaran air dari tubuhnya.


Larangan Larangan yang harus dipatuhi dikala berkunjung ke Wisata Ujung Kulon :



  • Dilarang membawa senjata api

  • Dilarang membawa benih tanaman

  • Dilarang membawa binatang peliharaan

  • Dilarang berburu binatang

  • Dilarang Menebang pohon maupun merusak tumbuhan apapun


Wisata Ujung Kulon Badak Bercula Satu


Di Taman nasional ini terdapat Badak Bercula Satu yang disebut juga dengan Badak Jawa, satwa langka yang dilindungi oleh negara. Hal yang sangat disayangkan dari satwa ini yaitu populasi nya yang terus berkurang. Badak yang ada di Wisata Ujung Kulon oleh peneliti dibedakan kedalam aneka macam kategori, menyerupai warna kulit, Kerutan wajah, Kerutan mata, Telinga, Lipatan leher, dan ekor.


 Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

Badak Bercula Satu


Badak Bercula Satu ini hidup di Taman Nasional Ujung Kulon dengan lahan yang menghampar seluas 38 hektar.


Sangat memprihatinkan, Badan Bercula Satu hampir punah. Kini jumlah yang tersisa hanya 57 ekor (Data: Juli, 2015)



Wisata Ujung Kulon National Park


Wisata ini memang menunjukkan sejuta keindahan alam yang seakan tidak pernah ada habis habisnya. Adapun tempat tempat menarik lain nya yang sanggup dikunjungi yaitu;



  1. Pulau Peucang


 Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

Pulau Peucang


Di pulau ini wisatawan sanggup menikmati keindahan pantai serta sanggup melaksanakan diving dan snorkeling. Di Pulau Peucang terdapat taman di bawah bahari yang sangat menakjubkan, dan itu sanggup dijumpai dikala diving maupun snorkeling.  Fasilitas serta sarana dan prasana di Pulai ini sangat memadai




  1. Kepulauan Handeuleum


 Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

Kepulauan Handeuleum


Kepulauan Handeuleum ialah kumpulan beberapa pulau yang berada dalam satu kawasan. Di kepulauan ini terdapat pulau dengan aneka macam bentuk serta ukuran, sebagian hanya pulau pulau kecil dan sebagian pulau pulau besar.


Di salah satu pulau di Handeuleum terdapat sebuah sungai dengan aneka macam spesies satwa. Di sungai ini wisatawan sanggup melaksanakan acara susur sungai dengan menyewa “perahu cano” yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.



  1. Pulau Panaitan


 Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

Pulau Panaitan


Tidak jauh dari Pulau Peucang, tepatnya di sebelah barat pulau Peucang, terdapat sebuah pulau yang berjulukan Pulau Panaitan. Di Pulai ini sangat banyak peselancar yang bermain main dengan ombak. Ombak di pantai ini memang sangat bagus, tak heran juga kalau pantai ini lebih dikenal sebab ombak nya, khususnya oleh penggila Surfing.




  1. Sumber Air Panas Cibiduk


Wahana wisata ini terletak tidak jauh dari Taman Tanjung Wisata Ujung Kulon. Jarak Sumber Air Panas dari Taman Tanjung hanya beberapa kilometer saja. Ada sebuah fenomena unik di Sumber Air Panas Ini, dimana air yang berasal dari sumber tersebut dipercaya oleh masyarakat setempat sanggup dijadikan sebagai materi obat penyakit. Tak heran kalau banyak orang yang selalu berdatangan setiap harinya bahkan tidak sedikit yang tiba dari luar daerah hanya untuk memperoleh manfaat dari Air yang berasal dari Sumber Air Panas ini.



  1. Curug Cikacang


Tempat ini bekerjsama khusus dipakai sebagai tempat penelitian ilmiah, sebab di tempat ini terdapat aneka macam macam tumbuhan dan fauna yang sangat beragam. Beberapa tumbuhan yang ada di lokasi  fokus dikembangkan untuk dijadikan obat.



  1. Padang Rumput Cidaon


 Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

Padang Rumput Cidaon


Ini ialah salah satu tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Wisata Ujung Kulon. Di tempat ini dipenuhi dengan banteng banteng yang memakan rumput di lahan yang terhampar luas. Dengan alasan faktor keamanan, wisatawan tidak diperbolehkan masuk kedalam lahan dimana banteng banteng tersebut berada. Makara untuk menyaksikan acara banteng banteng tersebut, wisatawan sanggup menaiki sebuah menara yang telah disediakan oleh pihak pengelola.



  1. Tanjung Layar


 Banten ialah sebutan lain dari Taman Nasional Banten Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten

Tanjung Layar


Di tempat ini wisatawan sanggup melihat secara eksklusif sensasi kealamian hutan. Dimana di tempat ini sanggup di jumpai pepohonan yang sangat besar dengan usia puluhan bahkan ratusan tahun. Kicauan burung burung yang menghuni tempat ini mengakibatkan suasana semakin tenang dan damai.



Tiket Masuk Wisata Ujung Kulon


Tiket masuk wisata ini dibedakan kedalam aneka macam kategori, menyerupai jenis turis (WNI atau WNA), Hari biasa/ Hari Libur, Kunjungan ke tempat tempat tertentu dll. Untuk daftar selengkapnya sanggup dilihat pada tabel berikut ini;















































SubjekHarga
Wisatawan domestic/Hari biasaRp. 5.000
Wisatawan asing/Hari biasaRp. 150.000
Wisatawan domestik/Hari LiburRp. 7.500
Wisatawan asing/Hari LiburRp. 225.000
Sewa Kapal Motor 40s/d 100 PKRp. 100.000
Sewa Kapal Motor 100s/d 500 PKRp. 150.000
Penelitian < 1 bulanRp. 100.000
Penelitian 1 bulan s/d 6 bulanRp. 150.000
Penelitian 7 bulan s/d 12 bulanRp. 250.000

Lokasi Wisata Ujung Kulon


Wisata Ujung Kulon secara administratif terletak di dua kecamatan, yaitu kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu, Kab. Pandeglang, Provinsi Banten. Sedangkan Rute yang sanggup ditempuh untuk hingga di wisata ini yaitu;


Kampung Rambutan => Serang => Labuan => Sumur => Taman Jaya => Wisata Ujung Kulon


Contact Person yang sanggup dihubungi dikala ingin berkunjung ke Wisata Ujung Kulon => Telp. (0253) 801731


Lihat Lokasi Wisata Ujung Kulon di Google Map.



Sumber: tabloidwisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Ujung Kulon, Taman Nasional Banten"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel