Menikmati Sunset Di Candi Ratu Boko

Kota Yogyakarta tidak hanya mempunyai alam yang indah, namun kota tersebut kaya akan sejarah dan budaya yang tentunya sangat menarik untuk dibahas. Tidak heran kalau Yogyakarta digadang-gadang sebagai sentra pwriwisata sehabis Pulau Bali. Kombinasi alam serta budaya di kota yang biasa dikenal dengan Kota Gudeg ini memang sangat luar biasa dan istimewa.



Candi Bersejarah di Indonesia


Kota Yogyakarta tidak hanya mempunyai alam yang indah Menikmati Sunset di Candi Ratu bokoSalah satu dari destinasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta yaitu Candi Ratu Boko yang juga merupakan peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Candi ini juga disebut dengan Situs Ratu Boko lantaran Ratu Boko merupakan reruntuhan dari sebuah istana serta pada bangunannya tidak ada yang berbentuk ibarat candi, justru dikenal dengan Keraton Ratu Boko.


Sejarah Candi


Sama ibarat candi lainnya, terdapat seorang legenda dibalik berdiri candi tersebut. Menurut sejarah, ia merupakan Raja yang berjulukan Prabu Dewatasari atau biasa dikenal dengan sebutan Prabu Boko yang selama hidupnya di Keraton Prambanan.


Berbicara wacana sejarah terbentuknya candi ini, situs yang termasuk peninggalan Kerajaan Mataram Kuno tersebut berawal dari orang berdarah Belanda dan orang tersebut berjulukan H.J De Graff di kala ke-7 ia mencatat bahwasannya orang-orang Benua Eropa yang berada di Jawa memberitahu bahwa terdapat peninggalan sejarah purbakala.


Mereka memberikan bahwa sudah ditemukannya sebuah reruntuhan bangunan istana di daerah Bokoharjo. Sesuai sejarah yang ada, Kerajaan Mataram Kuna di kala ke-8 sudah di kuasai oleh Dinasti Syailendra yakni Rakai Panangkaran. Ia sudah ada jauh sebelum masa Raja Samaratungga sang pendiri Candi Borobudur serta Rakai Pikatan sebagai pendiri Candi Prambanan.


Daya tarik Candi


Kota Yogyakarta tidak hanya mempunyai alam yang indah Menikmati Sunset di Candi Ratu boko


Situs tersebut terletak di atas bukit dengan tinggi 200 mdpl. Kawasan ini juga termasuk daerah keraton yang cukup lengkap dibanding keraton Jawa lainnya. Dengan bangunan yang begitu lengkap mulai dari pintu gerbang masuk, tempat tinggal, pendopo, kolam pemandian, serta pagar pelindung.


Terbentang hamparan sawah milik warga, dan sewaktu-waktu terdapat kerata api yang sedang melintas seakan menambah pesona pemandangan di candi ini semakin menarik. Ditambah, udaranya yang sangat sejuk lantaran berada di ketinggian dan dikelilingin tumbuhan hijau ibarat rumput serta pepohonan.


Cara sederhana menikmati tempat tersebut sanggup dengan hanya duduk di kursi-kursi yang telah disediakan. Dari spot inilah Anda sanggup menikmati suguhan keindahan pemandangan alam dari ketinggian dan biasanya di bangku ini sering dijadikan spot foto para wisatawan kalau waktunya pas, Anda akan menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat ini di tempat ini.


Fasilitas


Fasilitas di daerah Candi Ratu Boko sudah semakin lengkap, segala kemudahan yang disediakan untuk menunjang kenyaman para wisatawan selama berkunjung. Berikut beberapa kemudahan yang sudah tersedia :



  1. Mushola/tempat ibadah

  2. Papan informasi untuk para wisatawan

  3. Toko Sovenir

  4. Warung makan atau restoran

  5. Area parkir yang luas

  6. Ruang tunggu sopir

  7. Toilet Umum

  8. Spot foto

  9. Gazebo


Selain para pengelola melengkapi kemudahan umum yang diberlakukan untuk para wisatawan, di moment tertentu biasanya diadakan sebuah pentas atau program untuk melengkapi liburan para pengunjung. Event yang biasa di buat berupa pertunjukan wayang, orgen tunggal atau kesenian tradisional.


Tiket masuk


Harga tiket masuk Candi Ratu Boko tergolong murah. Sesuai dengan suguhan yang diberikan oleh candi tersebut. Jika Anda tiba mengunjungi candi tersebut, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 40.000 per orang


Sedangkan untuk harga tiket masuk bagi wisatawan absurd atau mencanegara yakni sebesar Rp 350.000 per orang. Biaya yang dibebankan ke para wisatawan akan terbayar dengan suguhan yang ditawarkan didalam candi, mulai dari sejarah hingga pemandangan alam yang luar biasa.


Alamat lengkap lokasi Candi



Alamat lengkap Candi berada di Dusun Dawung, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada di Jalan Raya Piyungan – Prambanan KM 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Rute


Apabila Anda memakai kendaraan pribadi, Anda sanggup memulai perjalanan ke Jalan Jogja-Solo atau sanggup juga melewati Jalan Wonosari. Namun untuk pilihan rute tercepat Anda sanggup melewati Jalan Wonosari.


Jika dari Stasiun Tugu Yogyakarta, eksklusif saja untuk melewati jalan Malioboro lurus hingga perempatan 0 kilometer belok kiri kemudian lurus hingga perempatan Gondomanan. Dari perempatan masih lurus terus hingga Jalan Sultan Agung, Jalan Kusumanegara dan bertemu perempatan Gedongkuning, Belok kanan hingga bertemu perempatan PLN Gedongkuning.


Setelah itu belok ke kiri menuju Jalan Wonosari masih lurus sekitar 9 kilometer mengikuti jalan hingga tiba di pertigaan Piyungan belok ke kiri menuju Jalan Prambanan-Piyungan sekitar 9 kilometer kemudian lihat papan petunjuk jalan dan ikuti kanal ke Jalan Sambirejo tidak usang berselang Anda akan menumakan lokasi candi yang berada di atas bukit.


Tips Berwisata


Kota Yogyakarta tidak hanya mempunyai alam yang indah Menikmati Sunset di Candi Ratu bokoDibawah ini ada beberapa tips berwisata sebelum Anda mengunjungi daerah wisata Candi Ratu Boko, supaya perjalanan wisata Anda tetap nyaman dan menyenangkan.



  • Membawa kendaraan pribadi

  • Membawa uang yang cukup

  • Membawa kamera kalau diperlukan

  • Membawa air mineral

  • Menggunakan pakaian yang nyaman

  • Menggunakan bantalan kaki yang cocok dan nyaman

  • Menjaga kebersihan

  • Mentaati hukum yang ada

  • Selalu jaga belum dewasa bagi Anda yang membawanya

  • Jika ingin berlibur dengan lebih praktis, sanggup memakai paket tour Jogja


Beberapa Pilihan Paket Wisata Jogja Lebih Detail Disini


Banyak sekali pilihan paket tour Jogja yang tersedia. Seperti paket wisata di Jogja adventure, Paket Culture, Vacation, Wonderfull dan aneka macam paket perjalanan lain yang sanggup Anda jadikan pilihan ketika berkunjung ke Jogja.


Untuk Anda yang ingin tau dengan menariknya tempat wisata candi di Jogja, Anda sanggup melihat beberapa daftar Candi di Jogja ini. Tidak ada salahnya juga kalau Anda mencoba mengisi weekend dengan berlibur ke aneka macam tempat menarik yang ada di Jogja. Ajak orang tersayang untuk menikmati indahnya tempat wisata di Jogja. Segera lakukan reservasi di widyalokawisata.



Sumber: widyalokawisata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menikmati Sunset Di Candi Ratu Boko"

Posting Komentar

Featured Post

Benteng Vredeburg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel